in

Usaha Modal 1 Juta untuk Mahasiswa yang Patut Dicoba

Usaha Modal 1 Juta untuk Mahasiswa

Usaha modal 1 juta untuk mahasiswa – Di era digitalisasi seperti sekarang ini, banyak sekali peluang usaha yang bisa dijalankan oleh semua kalangan. Tidak terkecuali juga oleh mahasiswa yang notabene merupakan generasi muda yang inovatif dan kreatif.

Saat ini, kegiatan mahasiswa bukan hanya berkutat pada dunia pendidikan akademis saja. Melainkan juga mencakup pembelajaran tentang bagaimana menjalankan bisnis secara langsung dengan hasil yang memuaskan. Namun sebagian dari bisnis tersebut masih ada korelasinya dengan bidang keilmuan yang mereka miliki.

Mungkin bagi sebagian orang untuk menjalankan bisnis diperlukan modal yang tidak sedikit agar bisa menghasilkan. Namun tidak begitu bagi mahasiswa, karena dengan inovasi dan kreatifitas dapat membuat beberapa usaha modal 1 juta untuk mahasiswa, bisa menghasilkan keuntungan lumayan besar.

Lantas apa saja bisnis dengan keuntungan besar yang bisa dijalankan oleh mahasiswa? Untuk menjawab hal tersebut, maka pada kesempatan kali ini buatanda.com akan berbagi informasi tentang beberapa usaha dengan modal kecil yang bisa dijalankan oleh mahasiswa, seperti di bawah ini.

Usaha Modal 1 Juta untuk Mahasiswa

Bicara tentang peluang usaha sebenarnya banyak sekali jenis usaha yang bisa dijalankan oleh mahasiswa. Termasuk juga usaha modal 1 juta untuk mahasiswa yang berpotensi memberikan keuntungan lumayan besar.

Pun sebagian dari jenis usaha tersebut masih ada korelasinya dengan bidang keilmuan yang mereka miliki. Sehinga akan sangat mudah bagi mereka untuk menjalankan dan mengembangkannya. Adapun peluang usaha tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Usaha jasa penerjemah

Usaha dengan modal kecil pertama yang bisa dijalankan oleh mahasiswa adalah jasa penerjemah. Seperti yang kita ketahui bahwa kebutuhan akan jasa penerjemah ini masih terbilang tinggi. Sehingga memungkin mahasiswa untuk mengambil peluang dari kondisi tersebut.

Baik dari instansi pemerintah, swasta, bahkan dari kalangan mahasiswa sendiri juga banyak yang membutuhkan jasa penerjemah untuk keperluan pekerjaan atau tugas kulyah. Nah bagi mahasiswa yang menguasai lebih dari satu bahasa, bisa mengambil peluang dari kondisi tersebut.

Cara memulainya pun cukup mudah, yaitu mengawali dengan menawarkan jasa kepada mahasiswa di lingkungan kampus terlebih dahulu. Setelah jasa tersebut banyak dikenal orang, maka Anda bisa mengembangkannya dengan menawarkan ke instansi pemerintas atau swasta.

Kebutuhan modal usaha untuk mahasiswa yang satu ini cukup sedikit, yaitu sekitar Rp. 900 ribu sampai Rp. 1 juta. Dengan rincian sebagai berikut:

Modal Usaha Jasa
Penerjemah

Biaya kertas dan tinta

Rp. 400.000

Biaya listrik

Rp. 200.000

Transportasi

Rp. 200.000

Biaya lain-lain

Rp. 200.000

Total Biaya

Rp. 1.000.000

Rincian modal di atas tidak termasuk dengan sarana pendukung lainnya seperti komputer, printer, dan sewa lokasi. Karena tentunya semua mahasiswa sudah memiliki sarana-sarana tersebut. Sehingga bisa memanfaatkannya untuk menekan kebutuhan modal awal.

2. Usaha jasa pengetikan

Dilansir dari Kampustua.com, usaha modal 1 juta untuk mahasiswa lainnya yang bisa dijalankan adalah jasa pengetikan. Padatnya tugas perkuliahan mengharuskan sebagian mahasiswa memilih untuk menggunakan jasa pengetikan agar tugas-tugas tersebut bisa selesai tepat waktu.

Nah kondisi sebagaimana yang tersebut di atas bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa yang memiliki keahlian di bidang pengetikan dengan cara menawarkan secara langsung kepada mahasiswa lain di lingkungan kampus atau dengan menyebarkan kartu nama.

Adapun kebutuhan modal untuk memulai usaha yang satu ini hampir sama dengan peluang usaha sebelumnya, yaitu tidak membutuhkan modal terlalu banyak. Karena sarana pendukungnya sudah ada. Berikut ini rincian kebutuhan modalnya:

Rincian Modal
Usaha Jasa Pengetikan

Cetak kartu nama

Rp. 300.000

Transportasi

Rp. 200.000

Listrik

Rp. 200.000

Biaya lain-lain

Rp. 200.000

Total Biaya

Rp. 900.000

Total kebutuhan modal di atas dengan asumsi sarana pendukung seperti komputer dan tempat sudah dimiliki sebelumnya.

3. Usaha design grafis

Peluang usaha lainnya dengan hanya modal 1 juta yang bisa dijalankan oleh mahasiswa adalah design grafis. Biasanya, usaha yang satu ini cocok sekali bagi mereka yang menempuh bidang studi desain grafis. Tapi tidak menutup kemungkinan mahasiswa dari jurusan lainpun juga bisa.

Cara memulainya cukup mudah, yaitu dengan cara memposting karya design ke beberapa platform atau sosial media atau dengan menawarkan langsung ke beberapa perusaha besar.

Karena diketahui bahwa sebagian perusaha ada yang siap membayar karyawa design grafis dengan harga yang cukup fantastis.

Adapun kebutuhan modal yang harus dipersiapkan dengan asumsi sarana pendukung seperti laptop/komputer sudah ada, adalah sebagai berikut:

Rincian Modal
Usaha Design Grafis

Alat promosi

Rp. 200.000

Listrik

Rp. 200.000

Jaringan internet

Rp. 200.000

Transportasi

RP. 200.000

Biaya lain-lain

Rp. 200.000

Total Biaya

Rp. 1000.000


4. Usaha bimbingan belajar

Nah bagi Anda yang memiliki keahlian dalam beberapa bidang keilmuan seperti Matematika, IPA, atau bidang keilmuan lainnya. Anda bisa membuka usaha bimbingan belajar dengan target konsumen adalah siswa di bangku sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA).

Untuk memulainya Anda cukup menyebarkan selebaran atau kartu nama di lingkungan tempat Anda tinggal. Dengan metode promosi jemput bola yang artinya Anda datang langsung ke rumah siswa untuk memberikan bimbingan belajar.

Modal yang dibutuhkan untuk usaha bimbingan belajar ini tentunya tidaklah besar. Karena Anda tidak perlu menyiapkan lokasi untuk proses belajar mengajar. Adapun rincian modal yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

Rincian Modal
Usaha Bimbingan Belajar

Pembuatan kartu nama

Rp. 200.000

Transportasi

Rp. 200.000

Perlengkapan buku

Rp. 300.000

Biaya lain-lain

Rp. 200.000

Total Biaya

Rp. 900.000


5. Usaha kursus komputer

Di era digitalisasi seperti sekarang ini, keahlian di bidang komputer banyak dibutuhkan oleh beberapa perusahaan besar. Sehingga tidak sedikit tentunya para siswa yang mencari tempat kursus terdekat.

Untuk itu, kondisi sebagaimana yang tersebut di atas tentunya bisa menjadi peluang usaha modal 1 juta untuk mahasiswa yang memiliki keahlian di bidang komputer. Dengan cara membuka kursus dalam skala kecil.

Kenapa skala kecil? Agar modal awal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Disini Anda bisa memanfaatkan keahlian dan sarana pendukung seperti laptop atau komputer yang Anda miliki untuk memulainya.

Adapun persiapan modal awal yang dibutuhkan adalah sebagai beriku:

Rincian Modal
Usaha Kursus Komputer

Keperluan promosi

Rp. 200.000

Listrik

Rp. 300.000

Transport

RP. 100.000

Biaya lain-lain

Rp. 200.000

Total Biaya

Rp. 800.000


6. Usaha kursus bahasa Inggris

Hampir sama dengan beberapa kursus lainnya di atas. Kursus bahasa Inggris sampai dengan saat ini masih banyak dibutuhkan oleh semua kalangan, khususnya oleh para siswa mulai dari SD sampai dengan SMA.

Nah usaha modal 1 juta untuk mahasiswa lainnya adalah usaha kursus bahasa Inggris. Disini mahasiswa bisa mengambil peluang dengan membuat materi kursus dengan kemampuan bahasa Inggris yang dimilikinya.

Cara memulainya pun cukup mudah. Mahasiswa tinggal menyiapkan materi pembelajaran dan mempromosikannya ke lingkungan sekitar rumah, kampus, dan atau membuat alat promosi seperti selebaran atau kartu nama.

Modal yang dibutuhkan untuk usaha ini tentunya tidak terlalu banyak. Dimana rinciannya kebutuhan modalnya adalah sebagai berikut:

Rincian Modal
Usaha Kursus Bahasa Inggris

Alat promosi

Rp. 200.000

Pembuatan materi

Rp. 200.000

Transportasi

Rp. 100.000

Biaya lain-lain

Rp. 300.000

Total Biaya

RP. 800.000


7. Usaha jasa service komputer

Dan yang terakhir, usaha modal 1 juta untuk mahasiswa adalah jasa service komputer. Mungkin tidak semua mahasiswa bisa menjalankan usaha yang satu ini. Karena hanya mereka yang paham tentang hardware dan software komputer saja yang bisa menjalankannya.

Nah bagi Anda yang memiliki keahlian tersebut bisa membuka usaha jasa service komputer di rumah. Kenapa di rumah? Agar modalnya tidak terlalu banyak, seperti rincian di bawah ini:

Rincian Modal
Usaha Jasa Service Komputer

Kebutuhan promosi

Rp. 200.000

Listrik

Rp. 300.000

Alat-alat

Rp. 400.000

Transportasi

Rp. 100.000

Biaya lain-lain

Rp. 200.000

Total Biaya

Rp. 1.200.000


Penutup

Dari semua jenis usaha modal 1 juta untuk mahasiswa seperti yang tersebut di atas, masih ada korelasinya dengan bidang keilmuan yang mereka pelajari. Sehingga selain memperoleh keuntungan materi, mahasiswa juga dapat mengasah kemampuan akademis lewat usaha yang mereka jalankan.

Diharapkan dengan adanya artikel ini dapat membantu mahasiswa untuk menemukan ide bisnis kreatif untuk mahasiswa yang bisa mereka jalankan. Semoga apa yang menjadi tujuan dari artikel ini dapat tersampaikan sesuai dengan kami harapkan. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ketahui Cara Menghitung Gaji Per Hari, Disini!

5 Cara Bisnis Baju Serba 35 Ribu Agar Untung Besar