in

Usaha Kecil Menguntungkan Di Desa Yang Bisa Anda Coba

Usaha Kecil Menguntungkan Di Desa

Usaha kecil menguntungkan di desa – Dewasa ini untuk mendapatkan informasi perihal ide usaha tidaklah sulit. Pun untuk memulainya juga tidak rumit sehingga bisa Anda lakukan dimana saja, termasuk juga di desa.

Hanya saja tidak semua informasi tentang ide usaha yang Anda peroleh bisa berjalan dengan lancar, jika sebelumnya tidak dilakukan survey kebutuhan pasar di lingkungan sekitar Anda terlebih dahulu.

Artinya, sebelum Anda memutuskan untuk memulai usaha, ada baiknya Anda melakukan survey terlebih dahulu mengenai produk apa yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat di desa Anda.

Dan setalah Anda mengetahui jenis produk apa yang banyak dibutuhkan dan laris di pasaran, maka langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah memilih beberapa jenis usaha kecil menguntungkan di desa.

Adapun beberapa jenis usaha yang telah kami rangkum dari berbagai informasi dan bisa Anda jalankan di desa adalah seperti di bawah ini.

Usaha Kecil Menguntungkan Di Desa

Salah satu usaha ekonomi produktif adalah usaha kecil menguntungkan di desa. Yang mana pemilik dari usaha tersebut merupakan pemilik tunggal atau perseorangan.

Anda pun bisa menjadi salah satu penggiat usaha ekonomi produktif di desa Anda. Dengan cara memilih satu dari sekian jenis usaha yang sudah kami siapkan hasil dari survey kebutuhan pasar, dan kami rangkum sebagaimana yang tersebut di bawah ini:

1. Usaha toko kelontong

Toko kelontong merupakan salah satu jenis usaha yang bisa Anda jalankan di desa. Pasalnya untuk memulai usaha yang satu ini Anda bisa memulainya sedikit demi sedikit, sehingga modal yang dibutuhkannya pun tidak terlalu besar.

Misal, Anda memulai usaha kelontong dengan berjualan kebutuhan sehari-hari seperti sabun, sampo, minyak goreng, dan beberapa kebutuhan pokok lainnya.

Seiring dengan berjalannya waktu Anda bisa mulai menambah jenis dan volume barang yang akan Anda jual. Hal itu guna untuk menaikkan keuntungan yang akan Anda peroleh dari usaha kelontong ini.

2. Jasa potong rambut

Bagi Anda yang memiliki kemampuan potong rambut. Anda bisa memanfaatkan kemampuan Anda tersebut dengan membuka usaha jasa potong rambut di desa Anda.

Kebutuhan modal untuk usaha yang satu ini tidak terlalu besar. Dengan memanfaatkan lahan kosong di depan rumah dan beberapa alat operasional lainnya seperti gunting, sisir, dan cermin Anda sudah memulai usaha modal kecil mengungtungkan di desa.

3. Usaha jual sayuran organik

Sayur organik adalah sayuran yang dihasilkan melalui proses penanaman secara organik. Dari beberapa hasil penilitian yakini bahwa sayuran organik memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak jika dibandingkan dengan sayuran biasa.

Umumnya, sayuran lebih banyak diminati oleh masysarakat saat ini. Selain karena kandungan nutrisinya yang banya, sayuran jenis ini juga memiliki tampilan dan rasa yang lebih segar sehingga prospeknya cukup bagus.

Bagi Anda yang ingin menjalankan usaha modal kecil menguntungkan di desa, jual sayuran organik ini bisa menjadi alternatif usaha yang bisa Anda jalankan.

Anda bisa memanfaatkan lahan kosong di rumah Anda untuk ditanami sayuran organik, yang mana nantinya bisa Anda jual dan meraup untung dari jualan tersebut.

4. Usaha peternakan

Kalau usaha yang satu ini mungkin sudah banyak yang menjalankannya di desa. Namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa usaha peternakan ini masih memiliki prospek yang bagus di desa.

Beberapa peternakan yang umum dan sering kita temuia adalah peternakan sapi, kambing, ikan lele, ikan gurame, dan ayam.

Namun bagi Anda yang ingin memulai usaha modal kecil menguntungkan di desa. Anda bisa mencoba usaha peternakan ikan gurame, lele, atau ayam.

Pasalnya, modal awal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini tidaklah banyak. Pun biaya operasioanlnya tidak tinggi. Karena untuk pakan bisa dengan mudah Anda temukan di lingkungan sekitar Anda.

5. Usaha jasa pembayaran listrik

Jenis usaha jasa pembayaran listrik sebenarnya sudah pernah kami bahas pada artikel sebelumnya tentang usaha modal 1 juta di kampung. Usaha yang satu ini juga memiliki prospek yang cukup bagus jika dijalankan di desa.

Pasalnya, listrik termasuk ke dalam salah satu kebutuhan primer manusia saat ini. Oleh karena itu, menjalankan usaha jasa pembayaran listrik di desa sangatlah menguntungkan. Dan modal yang dibutuhkannya pun tidak terlalu besar.

6. Usaha jualan pulsa

Anime masyarakat terhadap penggunaan HP atau smartphone saat ini terbilang cukup tinggi. Cakupannya pun bukan hanya di perkotaan saja, melainkan juga sudah merambah ke pedesaan.

Dengan kondisi seperti yang tersebut di atas, tentunya membuka usaha jualan pulsa di desa memiliki prospek yang cukup tinggi juga. Pasalnya untuk memangsimalkan fungsi smartphone, setiap orang membutuhkan pulsa. Sehingga akan sangat menguntungkan buat Anda.

7. Usaha jasa jahit

Mungkin jenis usaha yang satu ini sudah dari dulu dijalankan oleh orang-orang didesa. Namun demikian, tidak semua orang bisa menjalankan usaha ini. Karena hanya mereka yang memiliki keterampilan menjahit yang bisa menjalankannya.

Minimnya jasa jahit di desa tentu menjadi peluang besar bagi Anda untuk menjalankan usaha jahit di desa. Mengingat kompetitornya tidak terlalu banyak.

Dan untuk memulai usaha yang satu ini selain harus memiliki keterampilan,  Anda juga harus memiliki mesin jahit yang bagus sebagai alat operasionalnya.

8. Usaha Warung kopi

Usaha warung kopi juga menjadi salah satu usaha yang paling banyak diminati oleh masyarakat saat ini. Selain karena modal yang dibutuhkan sedikit, usaha warung kopi juga dapat memberikan keuntungan yang cukup besar.

Untuk memulai usaha ini, Anda cukup memanfaatkan lahan kosong depan rumah Anda dan beberapa peralatan dapur yang Anda butuhkan untuk membuat kopi.

Selain kopi Anda juga bisa menambahkan gorengan seperti pisang goreng dan sejenisnya untuk menambah keuntungan Anda dari membuka warung kopi ini di desa.

9. Usaha toko pertanian

Yang namanya desa, lahan pertanian tentu akan sangat mudah sekali kita temui. Karena sebagian besar mata pencarian masyarakatnya adalah sebagai petani. Sehingga kebutuhan akan obat-obat pertanian cukup tinggi dan Anda bisa memanfaat kondisi tersebut untuk memulai usaha toko pertanian di desa Anda.

Caranya cukup mudah, yaitu Anda tinggal mencari distributor obat pertanian. Dan belilah obat pertanian yang paling banyak dibutuhkan oleh petani di desa Anda dalam jumlah sedikit terlebih dahulu.

Setelah Anda mengevaluasi kebutuhan pasar dan promosi usaha toko Anda berjalan lancar, barulah Anda menambah kapasitas barang untuk mengisi toko pertanian Anda.

10. Jasa penggilingan padi

Usaha kecil menguntungkan di desa lainnya adalah jasa penggilingan padi. Seperti yang kami sebutkan di atas bahwa sebagian besar lahan pertanian lebih banyak ditemui di pedesaan. Sehingga produk kebutuhan pokok seperti beras banyak kita temui di desa.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa untuk mengkonsumsi produk pertanian seperti beras, tentu harus melalui beberapa proses yang mana salah satunya adalah dengan cara digiling.

Untuk itu, bagi Anda yang ingin memiliki usaha di desa. Anda bisa mulai dengan membuka usaha jasa penggilingan padi. Anda bisa menawarkan jasa Anda secara door to door terlebih dahulu agar lebih dikenal oleh masyarakat banyak. Selanjutnya Anda bisa membuka lokasi penggilingan sendiri seiring dengan berjalannya waktu.

Penutup

Jadi pada intinya, di jaman yang serba maju seperti sekarang ini untuk memulai usaha kecil menguntungkan di desa sangat mudah sekali. Mengingat sumber daya alam yang ada di desa bisa menjadi sumber usaha yang sangat menguntungkan jika ditekuni secara konsisten.

Itulah informasi mengenai kekayaan alam yang bisa dijadikan sumber usaha yang menguntungkan di desa. Semoga informasi di atas dapat menginspirasi kita semua untuk bisa memulai usaha dimana saja, termasuk juga di desa.

Jangan lupa bantu share artikel ini agar orang lain juga bisa termotivasi untuk memulai usaha yang diinginkan di desa. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cara Memulai Bisnis Coffee Shop Mini Berikut Rincian Biayanya

Faktor Penting Dalam Proses Seleksi Karyawan Yang Perlu Diperhatikan