in

Tips Membeli Rumah Bekas Yang Perlu Anda Perhatikan

Tips Membeli Rumah Bekas

Tips Membeli Rumah Bekas – Rumah menjadi salah satu kebutuhan primer yang harus dipenuhi bagi setiap orang. Karena tempat istirahat yang paling nyaman setelah beraktivitas sehari-hari adalah rumah. Sehingga kebutuhan untuk memiliki rumah ini harus kita penuhi.

Terdapat beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memiliki rumah idaman. Dimana cara tersebut diantaranya seperti membeli rumah baru atau membeli rumah bekas dengan cara KPR atau cash.

Namun dalam membeli rumah bekas hal yang perlu Anda perhatikan adalah selektifitas. Jangan sampai Anda membeli rumah untuk kenyaman Anda dan keluarga malah justru rugi. Jadi agar tidak tertipu, Anda perlu selektif dan ikuti tips memilih rumah bekas di bawah ini.

Tips Membeli Rumah Bekas

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli rumah sebaiknya perhatikan beberapa tips membeli rumah bekas di bawah ini, agar tidak tertipu yang berdampak pada kerugian. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda implementasikan pada saat ingin membeli rumah yang Anda inginkan.

1. Survey lokasi

Tips pertama yang perlu Anda perhatikan adalah survey lokasi. Kenapa survey lokasi ini penting? Karena dengan melakukan survey Anda akan tahu tentang situasi dan kondisi rumah atau pun lingkungan rumah itu sendiri.

Kondisi dan situasi yang perlu Anda ketahui pada saat membeli rumah diantaranya seperti tekstur tanah, akses jalan, luas tanah dan bangunan, ketersedian air, kelistrikan dan yang terpenting konsidi rumah masih laiak huni atau tidak.

2. Menggunakan jasa agen properti

Alasan kenapa Anda perlu menggunakan jasa agen adalah karena banyak keuntungan yang bisa Anda diterima, diantaranya seperti harga sesuai dengan harga di pasaran, lebih dari satu pilihan opsi properti, menghemat waktu dan biaya, dan legalitasnya jelas.

3. Check kelengkapan surat rumah

Jika Anda membeli rumah tanpa menggunakan jasa agen properti, maka hal utama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengecheck kelengkapan surat-surat rumah yang akan Anda beli. Jangan sampai setelah selesai pembayaran, ternyata rumah yang kita beli bermasalah.

4. Ketahui usia bangunan

Tujuan utama Anda membeli rumah adalah untuk tempat berteduh dan beristirahat dengan nyaman. Jadi hal lain yang Anda perhatikan saat membeli rumah bekas adalah cari tahu terlebih dahulu usia bangunan rumah yang akan Anda beli. Pasalnya, bangunan yang sudah berusia di atas 30 tahun tingkat ketahanannya cenderung menurun. Sehingga dapat membahayakan penghuninya.

5. Budget renovasi

Tips yang satu ini juga penting Anda perhatikan. Bagi Anda yang memilih untuk membeli rumah bekas yang notabene merupakan bangunan usia tua, maka Anda harus mempersiapkan anggaran renovasi untuk mengembalikan ketahanan bangunan rumah tersebut.

Selain itu, tak jarang juga rumah second yang kita beli tidak sesuai dengan keinginan kita, baik dari segi bentuk atau bahan yang digunakan. Sehingga perlu dilakukan renovasi sesuai dengan keinginan Anda.

6. Mengukur kemampuan finansial

Agar tidak bingung di kemudian hari, maka hal krusial yang juga perlu Anda perhatikan sebelum membeli rumah adalah melihat kemampuan finansial. Membeli rumah di atas kemampuan finansial justru hanya akan berdampak buruk pada keuangan Anda di kemudian hari.

7. Lakukan perbandingan harga

Agar tidak salah dalam memilih dan tidak merasa tertipu. Maka upaya mencari informasi harga rumah di pasaran juga penting sehingga Anda dapat membandingkan harga rumah yang akan Anda beli dengan harga di pasaran. Selain itu, perbandingan harga ini juga bisa Anda gunakan sebagai bahan negosiasi dengan penjual.

8. Hindari membeli rumah dalam kondisi emosional

Nah tips yang terakhir dan yang tak kalah penting dari beberapa tips lainnya di atas adalah jangan membeli rumah dalam keadaan emosi. Pasalnya, membeli rumah dalam keadaan emosi akan berdampak buruk.

Satu contoh misalnya Anda ingin membeli rumah bekas, kemudian Anda melakukan negosiasi harga dengan penjual dalam keadan emosi. Maka yang akan terjadi adalah negosiasi tidak akan berjalan dengan lancar dan kemungkinan besar penjual tidak jadi menjualnya rumahnya ke Anda.

Cara Pembayaran Rumah

Selain mengetahui tips membeli rumah bekas. hal lain yang perlu Anda ketahui adalah cara pembayaran rumah yang ingin Anda beli. mengingat terdapat dua cara dalam membeli rumah bekas, yaitu dengan cara kpr atau cash. Berikut penjelasan dari Portalcantik.com selengkapnya di bawah ini:

1. Cara pembayaran rumah dengan sistem KPR

Membeli rumah dengan kpr merupakan langkah tepat untuk mengukur kemampuan finansial. Mengingat membeli rumah dengan sistem kpr membutuhkan bantuan pihak ke tiga, yaitu Bank. 

Rumah yang akan Anda beli dijadikan sebagai jaminan kepada pihak Bank. Sehingga pihak Bank akan melunasi pembelian rumah tersebut. Dan selanjutnya Anda akan membayar dengan sistem kredit ke pihak Bank sampai dengan batas waktu yang telah disepakati.

Namun pembelian rumah dengan sistem kpr ini ada beberapa syarat yang harus dilengkapi dimana diantaranya adalah:

– Kartu keluarga atau kartu tanda penduduk

– Nomer pokok wajib pajak (NPWP)

– Surat keterangan kerja dan slip gaji jika Anda merupakan karyawan swasta atau BUMN

– Rekening korang 3 bulan terakhir

– Foto copy sertifikat rumah yang akan dibeli

– Foto copy dokumen perijinan pembangunan (IMB)

– Dan beberapa persyaratan lainnya.

2. Cara pembayaran rumah dengan sistem cash

Cara yang kedua dalam membeli rumah adalah dengan sistem cash. Umumnya orang yang membeli rumah dengan sistem ini adalah mereka yang memiliki kemampuan finansial menengah ke atas. Sehingga tidak perlu dengan cara membeli rumah dengan pembiayaan dari Bank.

Jadi, Anda tidak perlu bingung lagi untuk memiliki hunian idaman Anda. Namun yang pasti dalam membeli rumah bekas yang akan Anda beli, harus mengacu pada kemampuan finansial Anda. Jika kemampuan finansial belum memadai, Anda bisa menggunakan cara yang pertama yaitu dengan sistem kpr.

Penutup

Jadi pada intinya dalam membeli rumah, khususnya rumah second baik dengan sistem kpr ataupun cash kita harus lebih selektif dalam memilih. Dan sebaiknya ikuti tips membeli rumah bekas di atas agar terhindar dari tindakan penipuan yang dapat merugikan diri kita.

Beberapa tips di atas merupakan kumpulan pengalaman yang penulis rangkum guna membantu Anda untuk mendapatkan rumah idaman yang nyaman untuk Anda tempati dengan keluarga. 

Semoga informasi yang kami tulis ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua, khususnya bagi Anda yang saat ini akan membeli rumah pertama kali. Jangan lupa share artikel ini agar manfaatnya juga bisa dirasakan oleh banyak orang. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kursus Komputer Terdekat Di Jawa Timur Berikut Harganya

Cara Resign Lewat WA Ini Penting Untuk Anda Ketahui