in

Sumber Rekrutmen Internal dan Eksternal Berikut Contohny

Sumber Rekrutmen Internal dan Eksternal

Sumber Rekrutmen Internal dan Eksternal Pada tulisan sebelumnya kita sudah membahas tentang pengertian, kelebihan dan kekurangan, berikut contoh rekrutmen internal dan eksternal itu sendiri.

Pada tulisan sebelumnya diketahui bahwa rekrutmen internal dan eksternal merupakan metode rekrutmen yang sering digunakan oleh perusahaan dalam rangka menjaring dan mendapatkan kandidat yang diinginkan.

Keduanya memiliki tujuan yang sama namun berbeda dari sisi pelaksanaan dan sumber kandidatnya. Dan pada kesempatan kali ini kami akan fokus pada penjelasan tentang sumber dari rekrutmen internal dan eksternal yang mana tujuannya adalah untuk melengkapi tulisan sebelumnya.

Sumber Rekrutmen Internal dan Eksternal

Secara pelaksanaan kedua metode rekrutmen ini memiliki perbedaan. Sehingga sumber rekrutmen internal dan eksternal ini pun juga berbeda. Dimana sumber dari kedua metode tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Sumber Rekrutmen Internal

Dalam pelaksanaannya dimana rekrutmen ini melibatkan karyawan internal atau existing dalam upaya mengisi kekosongan posisi atau jabatan dalam perusahaan. Sehingga sumber dari rekrutmen internal melalui beberapa program yang diantaranya meliputi:

– Program mutasi, yaitu perusahaan melakukan reposisi kepada karyawan tertentu dengan tujuan mengisi dan pengembangan skill karyawan.

– Program promosi, yaitu perusahaan melakukan pemindahan jabatan seorang karyawan ke jabatan lebih tinggi di atasnya.

– Program demosi, yaitu perusahaan melakukan upaya reposisi jabatan karyawan secara horizontal, agar mengisi kekosongan posisi atau jabatan tertentu.

2. Sumber Rekrutmen Eksternal

Jika dibandingkan dengan rekrutmen internal, rekrutmen eksternal ini memiliki lebih banyak sumber. Mengingat upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengisi jabatan yang kosong adalah dengan menjaring kandidat dari luar. Adapun sumber rekrutmen eksternal diantaranya adalah sebagai berikut:

– Sosial media atau media massa dari aktivitas pemostingan lowongan kerja

– Lembaga pelatihan kerja

– Lembaga pendidikan

– Rekomendasi rekanan atau karyawan

– Pencangkokan dari perusahaan lain

– Dan dari beberapa sumber lainnya.

Contoh Sumber Internal dan eksternal

Untuk lebih jelasnya, maka dibawah ini kami berikan beberapa contoh dari sumber internal dan eksternal yang umum terlihat di beberapa perusahaan. Namun disini kami hanya akan mengambil masing-masing satu sumber dari kedua sistem rekrutmen ini. Contohnya sebagai berikut:

1. Contoh sumber rekutmen internal

Bagi perusahaan yang menggunakan metode rekrutmen internal biasanya akan menunjuk salah satu karyawan aktif yang dipercaya mampu menjalankan tugas dan fungsi pada jabatan atau posisi yang kosong dengan cara melakukan promosi jabatan.

Misalnya, pada devisi sales marketing terdapat posisi atau jabatan yang kosong, yaitu jabatan Asst. manager. Maka pimpinan devisi akan mengajukan kenaikan jabatan atau promosi untuk salah satu staffnya yang dianggap mampu menempati posisi tersebut.

Nah proses promosi seperti yang tersebut di atas itu lah yang dimaksud dengan salah satu sumber rekrutmen internal yang bersifat vertical.

2. Contoh sumber rekrutmen eksternal

Sedangkan bagi perusahaan yang menggunakan metode rekrutmen eksternal, umumnya memanfaatkan anime masyarakat terhadap kebutuhan informasi lowongan kerja dengan cara memposting lowongan kerja di media sosial atau media massa.

Misal, devisi keuangan mengalami kekosongan satu jabatan yaitu supervisor keuangan. Maka untuk mengisi kekosongan tersebut, manager keuangan akan meminta bantuan ke pihak HRD agar dilakukan penjaringan kandidat dengan cara memposting lowongan kerja ke media sosial atau media massa.

Nah upaya penjaringan yang dilakukan HRD melalui media sosial atau media massa itulah yang dimaksud dengan salah satu sumber rekrutmen ekternal.

Penutup

Dari pemaparan tentang sumber rekrutmen internal dan eksternal di atas bisa kita simpulkan bahwa antara kedua metode rekrutmen tersebut terdapat beberapa perbedaan, yaitu diantaranya berbeda dalam segi pelaksanaan, dan juga berbeda dari sisi sumbernya.

Sumber dari rekrutmen internal terbagi ke dalam tiga kategori, yaitu mutasi, promosi, dan demosi. Sedangkan sumber rekrutmen eksternal bisa datang dari banyak hal seperti aktivitas pemostingan lowongan kerja, Lembaga pelatihan, Lembaga pendidikan, dan masih banyak lagi lainnya sebagaimana yang tersebut di atas.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama. Jangan lupa bantu share artikel ini agar yang lain juga dapat merasakan manfaatnya. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contoh Rekrutmen Internal dan Eksternal Pada Perusahaan

Kursus Komputer Bisa Kerja Apa Setelah Selesai??