in

Perbedaan Boss dan Leader yang Wajib Anda Ketahui

Perbedaan Boss dan Leader

Perbedaan Boss dan Leader – Setiap dari kita yang notabene berstatus karyawan pastinya memiliki atasan, dan bisa jadi juga setiap dari kita merupakan atasan itu sendiri.

Dan setiap atasan memiliki cara tersendiri baik dalam memimpin team, mengambil keputusan dan hal lain yang berkorelasi dengan tanggung jawab jabatannya.

Dalam moment tertentu, mungkin pernah sebagian dari kita membicarakan perilaku atasan kita, seperti misalnya “ih itu orang gitu amat ke anak buahnya”, “parah ya padahal ga perlu marah sebegitunya”, “kok gitu, yang kerja siapa, yang ngaku – ngaku siapa”.

Namun pada moment tertentu pula tidak sedikit dari kita yang melakukan hal sebaliknya, yaitu mengagumi kinerja dan perilaku atasan sebagai sosok pimpinan.

Dari perumpamaan kasus di atas adalah bentuk penilaian dari pengamatan kita terhadap kinerja pimpinan. Satu sisi ada pimpinan yang betul-betul memberikan arahan dan contoh yang baik demi mencapai target kerja.

Namun ada pula pimpinan atau atasan yang tampil mendominasi dalam segala hal tanpa memberikan arahan dan contoh yang baik kepada teamnya.

Dari kedua type kepemimpinan seperti contoh di atas dikenal dengan istilah Boss dan Leader. Dimana kedua istilah tersebut memiliki arti dan gaya memimpin yang berbeda.

Nah di kesempatan kali ini buatanda.com akan berbagi informasi tentang perbedaan antara boss dan leader. Dengan tujuan untuk memberikan pemahaman arti dari kedua istilah tersebut. Sehingga jika kelak kita menjadi seorang pemimpin, kita sudah paham bagaimana menjadi seorang atasan yang baik.

Perbedaan Boss dan Leader

Mengutip situs thebusinesstimes.com, diketahui bahwa perbedaan boss dan leader cukup signifikan dalam beberapa hal. Dimana perbedaan terlihat dari cara bersikap, bekerja, serta dalam mengambil keputusan.

Namun sebelum masuk pada pembahasan tentang perbedaan dari kedua istilah tersebut. Ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dari kata tersebut.

Boss dalam pengertian kata sifat adalah sebutan bagi seseorang yang memiliki posisi atau kekuasan tertentu dalam sebuah organisasi. Sedangkan menurut pengertian kata kerja boss adalah orang dengan jabatan tinggi yang memberi perintah dengan cara mendominasi.

Leader dalam pengertian kata sifat adalah sebutan bagi seseorang pemimpin yang memiliki kedudukan tertentu dalam sebuah oraganisasi.

Sedangkan menurut pengertian kata kerja leader adalah seorang pemimpin yang menginspirasi orang lain untuk bekerjasama demi pencapaian tujuan tertentu.

Nah, dari definisi saja sudah jelas perbedaan antara boss dan leader. Namun contoh perbedaan diatas belum cukup untuk deskripsikan perbedaan antara boss dan leader. Mengingat masih banyak perbedaan lainnya yang cukup mencolok, seperti diantaranya:

1. Leader lebih open minded, sedangkan Boss unreceptive

Sosok leader memiliki pola pikir yang berkembang, sehingga tidak jarang dari mereka bersikap open minded terhadap hal-hal atau ide-ide yang baru. Bagi mereka, ide atau gagasan baru yang relevan cukup memberikan efek yang baik bagi pencapaian tujuan.

Sedangkan seorang Boss cederung merasa tahu semuanya dan kurang begitu suka dengan ide atau gagasan baru yang muncul dari orang lain. Sehingga kebanyakan dari mereka biasanya bersifat unreceptive, yaitu tidak mau terbuka terhadap ide atau gagasan lain.

2. Leader senang bekerjasama, sedangkan Boss suka mendikte

Sikap open minded yang dimiliki oleh seorang leader membuat mereka lebih senang untuk bekerjasama dalam menyelesaikan atau mencapai suatu tujuan tertentu. Mereka memiliki ketertarian untuk bertukar pikiran dengan orang lain dengan tujuan mendapatkan solusi yang inovatif.

Sedangkan seorang Boss lebih suka mendikte dengan cara memerintah orang lain bekerja sesuai dengan ide atau gagasannya sendiri. Tanpa mempertimbangkan ide lain yang lebih solutif dan inovatif.

3. Leader mengedepankan kerjasama team, sedangkan Boss hanya mengawasi

Perbedaan lain antara Boss dan Leader yang cukup signifikan adalah dari cara kerjanya. Sosok Leader selalu mengedepankan kerjasama team untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Sedangkan Boss cenderung memilih untuk sekedar mengawasi kerja orang lain sesuai dengan arahan yang ia berikan, tanpa harus turun tangan dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut.

4. Leader bisa salah, sedangkan Boss selalu benar

Dalam upaya menyelesaikan tugas, seorang leader lebih memilih untuk menyelesaikannya secara team.. Namun jika adalah kesalahan dalam proses pengerjaan, dia lebih memilih untuk menyalahkan dirinya sendiri dari pada menyalahkan teamnya.

Beda hal dengan Boss. Boss memiliki sifat yang selalu merasa tahu akan semua hal. Sehingga cenderung memerintah orang lain menyelesaikan tugas pekerjaannya. Dan jika ada kesalahan, cenderung mudah menyalahkan orang lain.

5. Leader memberi contoh, sedangkan Boss membuat contoh dari orang lain

Perbedaan terakhir antara leader dan Boss adalah dalam hal memberikan contoh. Leader lebih sering memberikan contoh kepada orang lain demi mencapai penyelesaian tugas bersama-sama.

Sedangkan Boss cenderung memerintah orang lain untuk memberikan contoh, meskipun contoh tersebut belum tentu benar. Parahnya, Boss akan memerintahkan teamnya bekerja sesuai dengan contoh tersebut.

Penutup

Itulah beberapa perbedaan Boss dan Leader dalam menjalankan fungsi dan tugasnya sebagai seorang pemimpin. Persamaan dari keduanya hanya terletak pada posisi jabatan saja, yaitu sama-sama memiliki level paling tingi dalam struktur organisasi. 

So, dari beberapa informasi di atas, kira-kira Anda termasuk yang mana? jika Anda merasa seperti tipe Boss yang kurang memiliki tanggung jawab. Maka mulailah untuk merubah menjadi sosok Leader demi pencapaian kerja yang lebih baik.

Semoga informasi di atas dapat membantu Anda dalam memahami perbedaan antara boss dan leader baik secara fungsi atau pun tugas dalam sebuah organisasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Franchise Minuman Modal 1 Juta yang Menguntungkan

Job Vacancies PT. King Jim Indonesia