in

Pengertian Rekrutmen dan Seleksi Karyawan Menurut Ahli

Buat Anda - Pengertian Rekrutmen dan Seleksi

Pengertian Rekrutmen dan Seleksi – Fungsi manajemen SDM dalam suatu perusahaan cukup krusial, karena bisa menjadi mesin penggerak roda perusahaan atau organisasi. Hal tersebut tidak telepas dari tugas dan tanggung jawab manajemen SDM yang memiliki tujuan untuk menjaga keberlangsungan perusahaan agar terus berkembang sesuai dengan visi dan misinya.

Salah satu lingkup kerja manajemen HRD adalah melakukan perencanaan tenaga kerja. Yang mana perencanaan tenaga kerja tersebut juga meliputi proses rekrutmen dan seleksi karyawan.

Rekrutmen dan seleksi penting sekali buat dilakukan guna memperoleh karyawan yang kompeten sebagaimana yang dibutuhkan oleh perusahaan. Nah oleh karena itu, pada kesempatan kali buatanda.com akan berbagi informasi tentang pengertian rekrutmen dan seleksi untuk menjawab pertanyaan tentang apa dan seperti apa rekrutmen dan seleksi dalam perusahaan.

 

Pengertian Rekrutmen dan Seleksi

Rekrutmen dan seleksi merupakan serangkaian kegiatan dalam aktivitas mencari dan mendapatkan kandidat karyawan yang diinginkan. Secara pelaksanaannya, antara rekrutmen dan seleksi dilakukan terpisah namun keduanya tidak bisa dihilangkan. Berikut ini pengertian tentang rekrutmen dan seleksi karyawan:

Pengertian Rekrutmen

Sebelum kita masuk pada pembahasan tentang pengertian rekrutmen. Pertama-tama yang perlu Anda pahami terlebih dahulu bahwa proses rekrutmen ini dilaksanakan setelah ada hasil dari analisa pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan perusahaan.

Menurut Malthis (2001), rekrutmen merupakan proses atau aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mendapatkan tambahan karyawan melalui berbagai tahapan yang mencakup identifikasi dan evaluasi, menentukan kebutuhan tenaga kerja, proses seleksi, penempatan, dan orientasi tenaga kerja.

Menurut Hasibuan (2008) rekrutmen merupakan usaha mencari dan mempengaruhi tenaga kerja, agar mau melamar lowongan pekerjaan yang ada dalam organisasi. Sedangkan pengertian rekrutmen menurut Simamora (2004) merupakan serangkaian aktivitas mencari dan menjaring pelamar kerja dengan motivasi, kemampuan, keahlian, dan pengetahuan untuk menutupi kekurangan yang diidentifikasi dalam perencanaan kepegawaian. Aktifitas rekrutmen dimulai pada saat calon mulai dicari, dan berakhir pada saat lamaran mereka diserahkan.

Handoko (2008) menjelaskan bahwa rekrutmen merupakan proses pencarian dan pemikatan para calon karyawan (pelamar) yang mampu untuk melamar sebagai karyawan. Lebih jauh lagi, Rivai (2009) menjelaskan rekrutmen sebagai suatu rangkaian kegiatan yang dimulai ketika sebuah perusahaan memerlukan tenaga kerja dan membuka lowongan pekerjaan sampai mendapatkan calon yang diinginkan atau memenuhi kualifikasi sesuai dengan jabatan atau lowongan yang ada.

Dari sekumpulan pengertian yang tersebut di atas, bisa disimpulkan bahwa rekrutmen adalah kegiatan menjaring dan mendapatkan kadidat yang dilaksanakan oleh menajemen SDM dalam upaya memperoleh tenaga kerja yang dibutuhkan. Kegiatan rekrutmen ini dilaksanakan setelah sebelumnya diidentifikasi adanya kebutuhan tambahan tenaga kerja. Umumnya, dalam proses rekrutmen perusahaan akan memposting lowongan kerja dengan memanfaatkan sosial media atau menggunakan jasa penyedia lowongan.

Rekrutmen ini bisa menjadi hal yang cukup krusial bagi sebuah organisasi atau perusahaan dalam kegiatan pengadaan tenaga kerja. Mengingat keberhasilan proses rekrutmen akan membantu perusahaan untuk mendapatkan lebih banyak kandidat yang dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Dalam prakteknya, rekrutmen yang efektif biasanya membutuhkan informasi yang tepat dan sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Sehingga kegiatan tersebut terfokus kepada pelamar yang dianggap sesuai dengan kualifikasi yang telah ditentukan.

Pengertian Seleksi

Setelah kegiatan menjaring kandidat telah dilakukan, dan telah didapatkan beberapa jumlah kandidat. Maka tahapan selanjutnya dalam proses rekrutmen adalah seleksi karyawan. Tahapan awal dari proses seleksi ini adalah seleksi administrasi, dimana HRD akan melakukan penyeleksian terhadap berkas atau dokumen yang dikirimkan oleh pelamar sebelum lanjut ke tahapan berikutnya.

Pengertian seleksi menurut Rivai (2011:159), seleksi adalah kegiatan dalam manajemen SDM yang dilakukan setelah proses rekrutmen selesai dilaksanakan. Itu artinya, setelah terkumpul beberapa kandidat yang melamar dan memenuhi syarat, lalu kemudian akan dipilih mana yang akan diterima menjadi karyawan. Nah proses pemilihan inilah yang disebut dengan seleksi.

Simamora (2004) juga menyebutkan bahwa seleksi merupakan proses pemilihan dari sekelompok pelamar yang paling memenuhi kriteria seleksi untuk posisi yang tersedia dalam sebuah perusahaan. Sedangkan menurut Teguh (2009) seleksi karyawan merupakan proses yang terdiri dari beberapa langkah yang spesifik dari beberapa kelompok pelamar yang paling cocok dan memenuhi syarat untuk jabatan tertentu.

Dari kumpulan beberapa pengertian sebagaimana yang tersebut di atas tentang seleksi karyawan, bisa kita simpulkan bahwa seleksi karyawan merupakan aktivitas pemilihan dari beberapa kandidat yang dianggap memiliki kesesuaian dengan kebutuhan perusahaan. Itu artinya, proses seleksi menjadi sarana penyeleksian kandidat mana yang akan dinyatakan lolos dan bisa memberikan kontribusi penuh bagi perusahaan.

Dan seleksi karyawan sendiri terbagi ke dalam beberapa jenis, dimana diataranya seperti:

  • Seleksi administrasi
  • Seleksi tertulis
  • Seleksi tidak tertulis (interview), dan
  • Seleksi kesehatan

Itulah informasi tentang pengertian rekrutmen dan seleksi karyawan dari beberapa ahli. Dari pengertian tersebut bisa kita tarik kesimpulann bahwa rekrutmen dan seleksi merupakan satu kesatuan dalam kegiatan manajemen SDM yang dilakukan untuk menjaring dan mendapatkan kandidat yang diinginkan.

Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan kita bersama khususnya tentang definisi dari rekrutmen dan seleksi dalam perusahaan. Jangan lupa untuk membagikan informasi ini agar orang lain juga dapat menerima manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tahapan Seleksi Karyawan Yang Wajib Anda Ketahui

Kursus Komputer Berapa Lama Agar Bisa Mahir???