in

Peluang Bisnis Minuman Kemasan Cup Yang Menguntungkan

Bisnis Minuman Kemasan Cup

Bisnis minuman kemasan cup merupakan salah satu usaha di sektor kuliner yang cukup menjanjikan dewasa ini. Hal tersebut tidak terlepas dari animo masyarakat yang tertarik untuk mencoba minuman kemesan tersebut.

Selain itu, harga yang relatif murah dengan kemasan yang simpel dan bisa dibawa kemana-mana juga menjadi daya tarik minat banyak orang untuk mengkonsumsinya. Makanya tidak heran jika bisnis yang satu ini cukup potensial untuk dijalankan.

Bagi Anda yang tertarik menjalankan usaha minuman kemasan cup ini ada baiknya terlebih dahulu mengenal lebih dalam lagi tentang usaha tersebut. Baik dari sisi pengertian, kelebihan dan kekurangan, termasuk juga dengan strategi pemasarannya.

Bisnis Minuman Kemasan Cup

Bisnis minuman kemasan cup yang biasa disebut juga usaha cup drink atau minuman kekinian merupakan salah satu usaha di sektor kuliner yang mulai dilirik oleh kalangan pelaku usaha karena potensi keuntungannya lumayan besar.

Umumnya, produk yang dipasarkan oleh usaha ini berupa minuman berflavor seperti kopi, teh, minuman bersoda, jus, dan beberapa minuman cup kekinian seperti bubble drink, thai tea dan beberapa minuman lainnya dengan menggunakan kemasan cup yang terbuat dari plastik ataupun kerta.

Adapun fungsi dari penggunaan kemasan cup itu sendiri tidak hanya sebagai wadah minuman saja, melainkan juga agar lebih praktis dan bisa dibawa kemana-kamana.

Selain itu juga bisa menjadi instrument promosi, mengingat kemasan yang praktis juga menjadi salah satu daya tarik masyarakat untuk membeli minuman kemasan cup dari pada minuman dengan kemasan lainnya di tengah mobilitas kerja yang padat.

Fungsi sebagaimana yang tersebut di atas adalah satu dari sekian kelebihan dari usaha minuman kemasan cup yang banyak digandrungi oleh kalangan muda ini. Namun masih ada kelebihan lainnya sebagaimana pemaparan di bawah ini:

Kelebihan Bisnis Minuman Kemasan Cup

Menjalankan usaha di sektor kuliner, khususnya minuman dengan kemasan cup memiliki kelebihan yang dapat memberikan keuntungan kepada pelaku usaha tersebut. Dimana kelebihan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Banyak peminatnya

Minumanan dengan kemasan cup adalah jenis minuman kekinian yang banyak degemari oleh semua kalangan. Bukan hanya karena rasanya menyegarkan, melainkan juga karena harganya yang kompetitif.

Makanya, tidak heran jika dari semua kalangan masyarakat menyukai jenis minuman yang satu ini. Nah tentunya kondisi demikian ini menjadi keuntungan besar bagi pelaku usaha minuman kemasan cup untuk menjaring peminat yang lebih banyak lagi.

2. Bisa melakukan branding sendiri

Seperti yang kita temui di luaran, banyak sekali merk minuman kemasan cup yang cukup unik sehingga menarik perhatian kita semua. Nah yang demikian itu merupakan satu dari sekian kelebihan dari bisnis minuman cup karena bisa melakukan branding produk yang akan dipasarkan.

3. Kemasan cup mudah didapatkan

Kelebihan yang ketiga dari bisnis minuman cup ini adalah kemasannya yang mudah didapatkan. Dengan begitu pelaku usaha yang satu ini tidak perlu repot atau bingung untuk mendapatkan kemasan cup yang mereka butuhkan.

Pasalnya, ada banyak jenis ukuran cup yang dijual di pasaran dan sesuai dengan kebutuhan usaha Anda. Selain itu, warna pun juga beragam sehingga memudahkan Anda untuk menyeragamkan antara kemasan dengan konsep usaha minuman cup Anda.

4. Modal lebih kecil

Sebagaimana yang telah kami informasikan di salah satu artikel kami sebelumnya, yaitu perhitungan usaha minuman bubble. Bahwa kebutuhan modal untuk usaha minuman kemasan cup tidak terlalu besar. Artinya dengan modal yang minimpun Anda sudah bisa menjalankan usaha yang satu ini.

5. Menjanjikan keuntungan yang besar

Seperti yang kami sampaikan pada pont pertama di atas bahwa minuman kemasan cup ini banyak sekali peminatnya. Mulai dari kalangan anak-anak, remaja sampai dengan orang dewasa pun juga tertarik mengkonsumsi minuman cup kemasan.

Nah, tingginya minat masyarakat untuk mengkonsumsi minuman kemasan cup. Tentunya akan berdampak pada peningkatan keuntungan dari usaha yang satu ini. Makanya tidak heran jika banyak yang tertarik untuk menjalankannya.

Dari kesemua kelebihan seperti yang tersebut di atas. Tentunya ada pula kelemahan dari usaha minumana kemasan cup yang harus diperhatikan oleh pelaku usaha, terutama yang masih pemula.

Adapun kelemahan yang kami maksud sudah pernah kami jelaskan pada tulisan sebelumnya, yaitu kelemahan usaha bubble drink yang notabene merupakan satu dari sekian jenis usaha minuman kemasan cup

Dan bagi Anda yang ingin meminimalisir kelemahan yang dimaksud. Maka ada baiknya Anda mengetahui bagaimana cara tepat untuk memulai usaha minuman kemasan cup seperti di bawah ini.

Cara Memulai Bisnis Minuman Kemasan Cup

Dewasa ini bisnis minuman kemasan cup menjadi trend usaha yang mulai digandrungi oleh pelaku usaha. Hal tersebut karena usaha yang satu ini memiliki prospek yang cukup bagus.

Bagi Anda yang juga ingin menjalankan bisnis yang satu ini, sebaiknya kenali terlebih dahulu cara tepat untuk memulainya.

Pada dasarnya ada dua acara yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis minuman kemasan. Dimana diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Sitem franchise atau waralaba

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk membuka usaha minuman kemasan cup adalah dengan sistem franchise atau waralaba.

Sistem waralaba adalah hubungan kerjasama yang mana salah satu pihak memanfaatkan hak kekayaan intelektual (HAKI) pihak satunya untuk keperluan usaha.

Artinya, Anda bisa melakukan kerjasama usaha dengan sistem waralaba yang mana brand, bahan baku, dan kebutuhan lainnya disiapkan oleh franchisor atau penyedia sistem waralaba dengan kontrak modal yang sudah disepakati di awal.

Kelebihan dari sistem ini Anda tidak perlu lagi capek-capek melakukan promosi atau branding produk. Karena produk yang akan Anda jual sudah memiliki nama dan sudah dikenal oleh banyak orang.

Umumnya modal usaha dengan sistem franchise atau waralaba ini relatif tergantung jenis minuman yang akan Anda jual, yaitu rincian biayanya sebagai berikut:

Minuman boba kemasan cup

Rp. 9 juta – Rp. 15 juta

Minuman es kopi susu kemasan cup

RP. 5 juta – Rp. 11 jua

Minuman thai tea kemasan cup

Rp. 4.5 juta – Rp. 13.5 juta

Minuman cappuccino cincau

Rp. 2 juta – Rp. 4 juta

Minuman dalgona matcha

Rp. 5 juta – Rp. 6 juta

Minuman ice blend

Rp. 3 juta – Rp. 9.5 juta

Minuman cheese tea

Rp. 5 juta – Rp. 15 juta

Minuman coklat kress

Rp. 3 juta – Rp. 9 juta

Minuman es dawet kekinian

Rp. 3.5 juta – Rp. juta

2. Wirausaha mandiri

Cara yang kedua untuk memulai bisnis minuman kemasan cup adalah dengan wirausaha mandiri. Artinya, disini Anda bisa memulai usaha tersebut secara mandiri tanpa melibatkan pihak lain sebagaimana sistem waralaba di atas.

Hal yang harus Anda lakukan jika ingin memulai usaha secara mandiri adalah dengan memastikan terlebih dahulu jenis minumannya, konsep usaha, nama atau merek produk, rencana pemasaran, perhitungan modal dan keuntungannya.

Selain itu, Pastikan juga kelancaran produksi dengan memastikan supplier bahan baku. Jangan sampai memilih usaha yang bahannya terlalu sulit didapatkan. Dan jika bisa, carilah 2 sampai supplier bahan baku agar produksinya berjalan lancar.

Memang cukup ribet di awal karena harus memulainya dari nol. Tapi seiring dengan berjalannya waktu, usaha yang Anda jalankan tentu akan memberikan hasil yang memuaskan.

Lantas berapa modal yang harus dipersiapkan? Jawabannya relatif tergantung jenis minuman cup apa yang akan Anda jual. Umumnya berkisar diantara 2 juta sampai dengan 5 juta untuk skala kecil.

Penutup

Bisnis minuman kemasan cup saat ini memang sudah menjamur ke berbagai daerah di Indonesia. Selain karena memang modal yang dibutuhkan cukup minim, prospek kedepannya pun masih terbilang bagus.

Bagi Anda yang juga ingin menjalankan bisnis yang satu ini. Anda bisa menggunakan dua cara sebagaimana yang tersebut di atas untuk memulainya. Bisa dengan cara sistem franchise atau dengan wirausaha mandiri.

Semoga informasi yang tulis ini dapat memberikan manfaat serta dapat membuka jalan bagi Anda untuk memulai usaha di sektor kuliner, khususnya di minuman kemasan cup. Jangan lupa bantu share artikelnya agar orang lain juga merasakan manfaatnya. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kenali Tempat Usaha Yang Strategis Berikut Jenis Usahanya

Inspirasi Nama Merek Minuman Kekinian Yang Unik