in

Mengenal Tugas dan Tanggung Jawab HRD Di Perusahaan

Tugas dan Tanggung Jawab HRD

Tugas dan tanggung jawab HRD – Human resource development atau yang lebih dikenal dengan sebutan HRD merupakan posisi yang cukup penting dalam suatu perusahaa. Hal tersebut karena tugas HRD menjadi penentu baik dan tidaknya suatu perusahaan di masa yang akan datang.

Salah satu tugas HRD yang cukup penting adalah mencari dan menemukan karyawan yang tepat dan memastikan karyawan tersebut mampu berkontribusi penuh terhadap perusahaan.

Artinya, selain melakukan rekrutmen, HRD juga bertugas untuk melakukan control, perbaikan, dan pengembangan kepada karyawan dalam suatu perusahaan.

Dan untuk lebih lengkapnya, buatanda.com akan memberikan penjelasan lebih detail lagi tentang tugas dan tanggung jawab HRD dalam suatu perusahaan, sebagaimana yang kami tulis di bawah ini.

Tugas dan Tanggung Jawab HRD

Hampir sama dengan beberapa divisi lainnya, dimana divisi HR juga memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab yang cukup besar. Hal itu dikarenakan, kelancaran suatu produksi tergantung pada produktivitas sumber daya manusianya. Dan itu menjadi salah satu fokus tugas dan tanggung jawab HRD. Dan Adapun tugas dan tanggung jawab lainnya adalah sebagai berikut:

Tugas HRD

1. Tugas HRD membuat perencanaan manpower / tenaga kerja

Perencanaan manpower perlu untuk dibuat guna menyeimbangkan antara kebutuhan tenaga kerja dengan cost perusahaan (manufacturing cost). Dan pembuatan anggaran manpower tersebut menjadi salah satu tugas dari HRD untuk dijadikan dasar dilakukannya proses rekrutmen dalam suatu perusahaan.

2. Proses rekrutmen dan seleksi

Seperti yang telah disebutkan di awal bahwa salah satu tugas HRD adalah melakukan proses rekrutmen untuk mencari dan mendapatkan kandidiat atau karyawan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Proses rekrutmen sendiri diawali dangan membuat lowongan kerja sampai dengan diputuskannya karyawan tersebut lolos atau tidak.

[Baca Juga: Contoh Rekrutmen dan Seleksi Karyawan]

3. Pengembangan karyawan dan training

Pengembangan karyawan dalam suatu perusahaan adalah penting untuk dilakukan. Hal ini dilakukan guna mengembangkan profesionalitas dan skill karyawan sehingga mampu memberikan kontribusi yang signifikan kepada perusahaan.

Dan pengembangan karyawan ini juga menjadi salah satu tugas HRD dengan cara melakukan pelatihan-pelatihan baik itu soft skill atau pun hard skill. Karena mengembangkan kemampuan karyawan dengan metode yang tepat akan memberikan impact positif bagi perusahaan.

4. Pemutusan hubungan kerja (PHK)

Pemutusan hubungan kerja (PHK) merupakan bentuk final dari proses pembinaan yang dilakukan oleh HRD. Namun jika segala upaya dari pembinaan tersebut tidak mendapatkan hasil yang diinginkan, maka tindakan PHK akan dilakukan. Dimana hal tersebut masih menjadi tugas HRD.

5. Manajemen penggajian

Salah satu tugas penting yang juga dilakukan oleh divisi HRD adalah merancang program penggajian, mulai dari gaji karyawan, asuransi kesehatan dan ketenagakerjaan, pajak pendapatan, kompensasi atau bonus.

Kompensasi atau bonus sendiri menjadi bentuk perhatian perusahaan kepada karyawannya. Oleh karenanya hal ini tidak bisa dianggap sepele.

Pasalnya, karyawan yang merasa diperhatikan oleh perusahaan akan memompa semangat kerja mereka. Itu artinya, perusahaan akan diuntungkan oleh meningkatnya produktivitas karyawan.

6. Personnel Administration

Hal-hal yang bersifat administrasi juga menjadi salah satu tugas HRD. Mengingat kepersonaliaan juga menjadi bagian dari HRD itu sendiri.

Beberapa pekerjaan terkait administrasi seperti system absensi karyawan, data base karyawan, asuransi kesehatan, dan pembuatan kontrak kerja dan beberapa tugas administrasi lainnya menjadi tugas seorang HRD di perusahaan.

7. Perencanaan karir

Tugas lainnya yang tak kalah penting adalah melakukan perencanaan karir bagi semua karyawan. Perlu diketahui bahwa alasan karyawan resign salah satunya adalah ketidak pastina karir di perusahaan. 

Oleh karena itu, penting tentunya bagi HRD untuk membuat perencanaan karir bagi karyawan agar mereka memiliki motivasi yang tinggi dan berlomba-lomba memberikan kontribusi yang baik bagi perusahaan.

Tanggung Jawab HRD

Terlaksananya beberapa tugas yang tersebut di atas tentunya menjadi tanggung jawab penuh seorang HRD. Oleh karenanya, ada beberapa tanggung jawab yang harus dipenuhi oleh seorang HRD agar tugas-tugasnya dapat berjalan dengan maksimal.

Apa saja tanggung jawab tersebut? Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Evaluasi karyawan

Evaluasi karyawan menjadi tanggun jawab seorang HRD. Setelah dilakukannya proses rekrutmen dan juga telah diputuskannya kandidat yang dipilih, bukanlah akhir dari tugas HRD. Akan tetapi terus lanjut pada tanggung jawab untuk melakukan evaluasi kinerja karyawan.

Evaluasi kerja bisa dalam bentuk performance appraisal. Yang mana nantinya akan menjadi dasar bagi perusahaan dalam melakukan refleksi terhadap program pelatihan dan pengembangan yang disediakan bagi karyawan.

Jika dirasa belum ada perkembangan, maka HRD harus memikirkan cara memperbaiki kualitas pelatihan dan pengembangan karyawan.

2. Menciptakan lingkungan kerja yang kondusif

Tanggung jawab yang kedua dari seorang HRD adalah menciptakan lingkungan kerja yang kondusif. Seperti yang kita ketahui bahwa dalam satu perusahaan terdapa beberapa kepala dari berbagai latar belakang yang berbeda. Tentunya untuk menyatukan perbedaan tersebut merupakan tanggung jawab yang cukup berat.

Oleh karenanya, dalam upaya menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, HRD perlu memperhatikan 3 aspek penting, yaitu:

– Sebagai controller terhadap peraturan perusahaan / perjanjian kerja bersama

Tidak jarang tentunya dimana HRD dianggap sebagai pelindung internal perusahaan. Oleh karenanya penting bagi HRD untuk melakukan control pada karyawan agar tidak melakukan pelanggaran terhadap peraturan yang sudah ada. Namun tidak dengan cara yang kaku agar kondisi lingkungan kerja tetap kondusif.

– Memiliki komitmen terhadap nilai dan budaya perusahaan

Selain melakukan control terhadap peraturan, komitmen karyawan terhadap nilai dan budaya perusahaan juga perlu untuk dibangun oleh HRD demi terciptanya lingkungan kerja yang kondusif.

– Sebagai penengah antara manajemen dan karyawan

Upaya-upaya menjembatani antara karyawan dengan manajemen juga perlu dilakukan oleh HRD. Sehingga kemampuan komunikasi dan negosiasi penting untuk dikuasai oleh seorang HRD.

Kesimpulan

Divisi HRD memang menjadi bagian yang sangat penting dalam sebuah organisasi / perusahaan. Hal itu dikarenakan lingkup kerja HRD tidak hanya tentang administrasi dan rekrutmen saja, melainkan juga tentang semua orang yang menjadi bagian dari perusahaan itu sendiri.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa keberlangsungan suatu perusahaan tergantung dari keberhasilan HRD dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Nah itulah informasi tentang Tugas dan Tanggung Jawab HRD di Perusahaan. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat menambah wawasan kita semua tentang tugas dan tanggung jawab HRD di perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kumpulan Contoh Ide Bisnis Kreatif Mahasiswa

Mutasi Kerja, Syarat dan Alasannya Wajib Anda Ketahui