in

Mengenal Perbedaan Antara Domain dan Hosting

Perbedaan Antara Domain dan Hosting

BuatAnda.com – Dalam dunia blogging istilah domain dan hosting tentu sudah tidak asing lagi. Hanya saja, bagi blogger pemula istilah tersebut tentu sangat membingungkan. Umumnya, domain ini dibutuhkan untuk mengupgrate domain blogspot yang notabene domain gratisan ke Top Level Domain (TLD).

Pasalnya yang bikin bingung blogger pemula bingung adalah setelah selesai melakukan upgrate domain ke TLD, mereka juga harus berlangganan hosting yang harganya tidak murah tentunya. Nah untuk membantu menjawab kebingungan mereka, buatanda.com pada kesempatan kali ini akan berbagi informasi tentang perbedaan antara domain dan hosting.

Langsung saja kita bahas perbedaannya seperti di bawah ini:

Perbedaan Doman dan Hosting

Apa itu domain?

Domain merupakan nama unik yang kita beli pada penyedia layanan hosting sebagai identitas web, situs, atau blog kita. Ekstensinya pun beragam mulai dari .com, .org, .net, .edu, .info, dan lain sebagainya.

Sistem pembayaran domain ini adalah satu kali pembayaran dengan masa aktif 1 (satu) tahun. Melewati masa aktif tersebut domain milik kita harus dilakukan perpanjangan agar domain tersebut masih bisa digunakan.

Jadi jelas disini bahwa domain adalah nama unik yang kita pilih untuk menjadi identitas pengenal situs/web/blog kita.

Jika Anda pengguna word press, domain yang sudah Anda beli tidak bisa langsung digunakan sebelum Anda menyewa hosting di penyelia layanan tersebut. Oleh karena itu, untuk bisa menggunakan domain dan menulis artikel di dalamnya Anda harus berlapang dada untuk merogoh saku Anda kembali.

Saat ini banyak sekali bermunculan penyelia layanan domain dan hosting dengan promo terbaiknya. Namun demikian, sebelum Anda memutuskan untuk membeli domain dan menyewa hosting ke salah satu penyelia layanan, terlebih dahulu yang perlu Anda ketahui adalah kualitas pelayanannya. Jangan sampai karena tergiur harga yang murah, Anda harus kerepotan karena kualitas layanannya kurang baik.

Dari sini sudah paham kan apa itu domain serta kegunaannya? Jika sudah paham, bisa kita lanjutkan pada pembahasan tentang hosting itu sendiri seperti di bawah ini. 

Apa itu hosting?

Hosting atau yang biasa disebut juga dengan hostingan merupakan wadah penyimpanan data situs berupa kode CSS, Script PHP, dan halam web. Jadi, hosting disini bisa diartikan sebagai ruang penyimpanan data di web yang Anda buat. File yang dimaksud dapat berupa gambar, aplikasi, video dan lain sebagainya.

Sebenarnya Anda pun bisa membuat server sendiri, hanya saja untuk membuatnya membutuhkan dana yang tidak sedikit tentunya, sehingga ada jasa layanan yang menawarkan jasanya dengan system pembayaran pertahun.

Penganalogiannya seperti ini, hosting adalah mall dan domain adalah stand atau ruko yang ada di dalamnya, dan ruko tersebut digunakan sebagai tempat untuk menyimpan barang dagangan Anda, dan jika Anda menyewa hosting itu artinya Anda sama dengan menyewa ruko tersebut.

Nah dari pemaparan di atas sudah cukup jelas bukan mengenai perbedaan antara domain dan hosting? Bagi para mastah atau seseorang yang sudah lama main di dunia blogging mungkin perbedaan ini tidak menjadi masalah, akan tetapi untuk blogger pemula tentu perbedaan ini sangat membingungkan.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat buat anda dan membuka wawasan kita bersama tentang perbedaan antara domain dan hosting, sehingga dapat membantu para pemula dalam memahaminya keuanya.

Jika dirasa ada informasi yang kurang jelas, atau mungkin ada tambahan informasi untuk melengkapi artikel ini. Silahkan tambahkan pada kolom comment di bawah ini, karena berbagi itu indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cara Menolak Mutasi Kerja yang Baik dan Benar Agar Tidak Kena Sanksi

Lowongan Kerja PT. King Jim Indonesia Jawa Timur