in

Kursus Komputer Berapa Lama Agar Bisa Mahir???

Buat Anda - Kursus Komputer Berapa Lama

Perkembangan era digital semakin pesat dewasa ini. Dimana hal tersebut dibuktikan dengan tidak sedikitnya jasa kursus komputer yang bermunculan di beberapa wilayah di Indonesia. Namun tahukah Anda waktu yang dibutuhkan untuk kursus komputer berapa lama?.

Kursus komputer sendiri memiliki peran yang cukup penting, yaitu sebagai sarana penunjang skill komputerisasi guna menghadapi perkembangan era digital.

Jadi buat Anda yang tidak ingin mengalami ketertinggalan di era digital ini, maka sebaiknya segeralah mengikuti dan memilih kelas kursus sesuai kebutuhan Anda.

Namun sebelum memutuskan untuk mengikuti kelas komputer. Ada baiknya jika Anda terlebih dahulu mengetahui kebutuhan waktu pada program kursus komputer yang akan Anda ikuti.

Kursus Komputer Berapa lama?

Ada banyak versi yang menyebutkan perihal berapa lama waktu yang dibutuhkan. Namun yang pasti hal tersebut tergantung pada masing-masing individu peserta didik, sejauh mana daya tangkap mereka terhadap materi yang disampaikan dan modul yang digunakan oleh Lembaga kursus itu sendiri.

Setiap Lembaga kursus tentunya memiliki ketentuan waktu sendiri-sendiri. Ada yang mengacu pada jam belajar yang umum diterapkan oleh Lembaga pendidikan formal, yaitu antara 30 sampai dengan 45 menit untuk satu jam pelajaran. Dan ada pula yang menggunakan waktu penuh, yaitu 60 menit untuk satu jam pelajaran.

Namun disini kami akan mencoba menghitung alokasi waktu yang dibutuhkan guna menjawab pertanyaan tentang kursus komputer berapa lama? Mengingat ada 3 kategori dalam program kursus, dimana setiap kategorinya memiliki alokasi waktu sendiri-sendiri.

Kategori Kursus Komputer

Sebagaimana yang kami sampaikan di atas bahwa program kursus komputer terbagi ke dalam tiga kategori. Yang mana setiap kategorinya memiliki tingkat kesulitan dan alokasi waktu yang berbeda-beda sehingga dapat membantu kita menjawab pertanyaan tentang kursus komputer berapa lama? Adapun kategori yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

Kategori untuk pemula

Sesuai dengan namanya, kategori pemula umumnya diperuntukkan bagi mereka yang sebelumnya belum pernah mengenal salah satu produk digital, yaitu komputer. Sehingga implementasi sistem pembelajarannya lebih fokus pada pendahuluan dan pengenalan seperti menyalakan, mematikan, dan informasi sistem kerja komputer itu sendiri.

Adapun waktu yang dibutuhkan untuk satu kali pertemuan adalah 60 menit. Jadi jika dalam satu hari ada dua kali pertemuan maka lama waktu yang dibutuhkan dalam satu kali pertemuan adalah 120 menit.

Kategori tingkat dasar

Kategori tingkat dasar umumnya diperuntukkan bagi mereka yang ingin mendalami program perkantoran seperti Microsoft Office baik itu word, excel, dan powerpoint yang notabene banyak digunakan dalam dunia kerja.

Untuk kebutuhan waktu pembelajaran program perkantoran ini idealnya adalah 3 jam dalam satu kali pertemuan. Dan jumlah pertemuan dalam satu kali praktek biasanya sekitar 9 – 10 pertemuan.

Jadi jika kebutuhan waktu pembelajaran adalah 3 jam dengan jumlah pertemuan 10 kali, maka lamanya waktu kursus dalam satu kali praktek adalah 1800 menit.

Kategori tingkat lanjutan

Nah untuk kategori yang terakhir adalah kategori tingkat lanjutan. Yang dimaksud dengan tingkat lanjutan disini adalah materi yang diberikan tidak lagi berkutat pada informasi-informasi saja, melainkan juga diimbangi dengan materi praktek untuk menguji tingkatan keahlian komputer yang telah dipelajari, baik itu materi dasar sampai pada pengoperasian perangkat lunak.

Adapun materi yang diberikan pada kelas tingkat lanjutan ini adalah pembuatan dan pengembangan website, design grafis, multimedia video editing, web programming, dan masih banyak lainnya.

Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tingkat lanjutan ini bervariatif dan lebih lama dibandingkan kategori yang di atas, namun yang umum berkisar dari 3-4 jam untuk 10 – 15 kali pertemuan. Jadi total kebutuhan waktunya adalah 3600 menit.

Jadi, untuk menjawab pertanyaan tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengikuti kursus komputer. Maka jawabannya adalah dengan menjumlahkan semua total kebutuhan waktu kursus yang tersebut di atas, mulai dari kelas pemula sampai dengan tingkat lanjutan. Memang cukup lama, namun waktu tersebut tentu akan terbayar dengan manfaat yang akan Anda terima.

 

Manfaat Yang Diperoleh Dari Kursus Komputer

Setelah Anda mengetahui jawaban dari pertanyaan tentang kursus komputer berapa lama?. Maka selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah manfaat dari mengikuti kelas komputer itu sendiri.

Dari informasi beberapa pengalaman diketahui bahwa ada banyak sekali manfaat yang diterima setelah mengikuti kursus komputer. Dimana manfaat-manfaat tersebut diantaranya sebagai berikut:

Semakin percaya diri

Kita sadar bahwa tidak semua orang memiliki kemampuan teknologi yang memadai untuk menghadapi setiap perubahan di era digital. Namun tidak demikian dengan Anda, justru akan lebih siap menyonsong setiap perubahan yang ada setelah Anda selesai mengikuti program kursus komputer. Dengan begitu rasa percaya diri Anda akan semakin tinggi dan siap bersaing di era digitalisasi.

Menambah wawasan

Dengan mengikuti beragam kursus atau pelatihan, termasuk juga di bidang komputer tentu akan menambah wawasan Anda. Dari hasil penelitian menyebutkan bahwa orang dengan wawasan yang lebih cenderung memiliki kemapuan berfikir analisis yang baik. Dengan begitu Anda akan lebih mudah membaca setiap peluang usaha yang ada di sekitar Anda.

Lebih mudah mendapatkan pekerjaan

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa untuk mesuk ke dalam lingkup dunia kerja, kita harus memiliki kualifikasi sebagaimana yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dan salah satu kualifikasi yang umum dibutuhkan oleh perusahaan adalah keahlian komputer mulai dari mampu mengoperasikan MS Office sampai dengan mengatasi masalah perangkat keras dan lunak. Jadi tidak perlu hawatir dan bingung jika ada pertanyaan kursus komputer bisa kerja apa?

Lebih banyak mendapatkan peluang usaha

Kebutuhan pangsa pasar akan bidang teknologi semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan jasa ketik, pembuatan website, sampai dengan develop program yang membutuhkan kemampuan coding. Nah disini memanfaatkan ilmu yang telah Anda peroleh dari kelas kursus komputer yang sudah Anda ikuti sebelumnya.

Bisa mendapatkan sertifikat

Manfaat yang terakhir yang bisa Anda rasakan dari mengikuti kelas komputer adalah bisa mendapatkan sertifikat komputer yang notabene bisa Anda gunakan pada saat melamar kerja. Mengingat saat ini persaingan dalam dunia kerja cukup ketat, jadi dengan memiliki sertifikat komputer maka kemungkinan Anda diterimanya akan lebih besar.

Penutup

Dari penjelasan di atas bisa kita ketahui kebutuhan waktu untuk kursus komputer berapa lama, mulai dari kelas pemula sampai dengan tingkat lanjutan. Namun yang perlu dipahami bahwa setiap Lembaga kursus memiliki alokasi waktu yang bervariatif tergantung modul yang digunakan oleh masing-masing Lembaga.

Pada dasarnya lama dan tidaknya waktu kursus bukan menjadi masalah karena ada banyak manfaat yang nantinya akan Anda terima setelah selesai mengikuti kelas kursus komputer. Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas.

Dari beberapa penjelasan di atas baik itu lamanya waktu yang dibutuhkan dan manfaat yang bisa diterima dari mempelajari ilmu komputer, semoga dapat memberikan manfaat serta dapat memotivasi kita semua untuk lebih semangat lagi mendalami ilmu komputer guna menghadapi kemajuan zaman di masa yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pengertian Rekrutmen dan Seleksi Karyawan Menurut Ahli

Contoh Rekrutmen Internal dan Eksternal Pada Perusahaan