in

Kumpulan Contoh Ide Bisnis Kreatif Mahasiswa

Kumpulan Ide Bisnis Kreatif Mahasiswa

Contoh ide bisnis kreatif mahasiswa – Menjadi seorang mahasiswa tentu harus bisa berfikir kreatif dan dinamis dalam segala hal, termasuk juga dalam menghadapi dinamika bisnis saat ini.

Mahasiswa memang tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan aktivitas lainnya. Namun demikian bukan berarti mahasiswa tidak bisa membangun bisnisnya sendiri disela-sela padatnya jadwal kulyah.

Tentunya ada banyak contoh ide bisnis kreatif yang bisa diimplementasikan oleh mahasiswa di sela-sela kesibukannya dalam dunia akademis. Yang mana ide bisnis tersebut tidak hanya bisa menjadi lahan penghasilan bagi mahasiswa, melainkan juga bisa menjadi tempat pembelajaran untuk menghadapi dinamika bisnis setelah mereka lulus nanti.

Dan pada kesempatan kali ini, penulis akan berbagi informasi tentang kumpulan contoh ide bisnis kreatif untuk mahasiswa, yang bisa mereka jalankan sambi kulyah. Apa saja ide bisnis kreatif tersebut, selangkapnya akan kita bahas di bawah ini.

Contoh Ide Bisnis Kreatif Untuk Mahasiswa

Seperti yang kami sampaikan di atas bahwa dari beberapa contoh ide bisnis kreatif ini bisa dijalankan oleh mahasiswa tanpa harus mengganggu aktivitas belajarnya di bangku perkulyahan.

Dengan menjalankan ide bisnis kreatif ini, mahasiswa bisa menambah penghasilan mereka tanpa harus meninggalkan aktivitas akademisnya. Adapun contoh ide bisnis kreatif tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Ide bisnis online shop

Untuk ide bisnis kreatif pertama yang bisa dijalankan oleh mahasiswa adalah bisnis online shop. Bisnis yang satu ini memang sudah banyak yang menjalankan, dan tentu kompetitornya pun bersaing. Namun demikian, anime masyarakat yang saat ini lebih banyak melakukan aktivitasnya melalui internet, menjadi peluang besar bagi pelaku bisnis online shop ini.

Metode pemasarannya pun cukup mudah, hanya dengan mengandalkan sosial media seperti Face Book, Instagram, Twitter atau sosial media lainnya Anda sudah bisa menjaring konsumen sebanyak-banyaknya untuk membeli produk yang Anda pasarkan.

Untuk produk yang bisa Anda pasarkan di online shop Anda seperti produk kesehatan, produk kecantikan, perlengkapan bayi, peralatan rumah tangga, fashion, dan HP.

2. Ide bisnis jasa pengetikan

Ide bisnis kreatif yang kedua adalah jasa pengetikan. Untuk ide bisnis yang satu ini tentu tidak jauh dari aktivitas akademis mahasiswa itu sendiri. Mengingat untuk memenuhi kebutuhan menyelesaikan tugas-tugas kulyah, jasa pengetikan banyak dicari oleh mahasiswa yang tidak banyak cukup waktu untuk mengetik sendiri tugas-tugasnya.

Dengan memanfaatkan peluang seperti di atas, Anda sudah bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Modal yang harus disiapkan pun cukup sedikit hanya dengan satu unit computer atau laptop dan keahlian mengetik, Anda sudah bisa menjalankan ide bisnis kreatif ini.

3. Ide bisnis les privat

Ide bisnis les privat ini hampir sama dengan ide bisnis di atas, yaitu tidak jauh-jauh dari dunia akademis. Caranya adalah dengan memanfaatkan keilmuan yang mereka miliki, seperti misal ilmu IPA, Matematika, IPS, computer dan ilmu pengetahuan lainnya.

Metode untuk menjalankan bisni ini pun cukup mudah yaitu dengan datang langsung dari rumah ke rumah atau menyewa tempat sendiri untuk dijadikan lokasi les privat tersebut. Untuk target pasarnya bisa menargetkan siswa atau siswa SMP atau SMA.

4. Ide bisnis jasa design grafis

Bagi mahasiswa jurusan design grafis atau yang memiliki keahlian di design grafis, ide bisnis kreatif yang satu ini cukup menjanjikan. Kebutuhan pasar untuk jasa design grafis saat ini cukup tinggi, sehingga sangat menarik dijalankan. Beberapa kebutuhan pasar untuk bisnis ini seperti pembuatan design kaos, wesite, dan tugas kulyah.

Dan untuk menjalankan bisnis ini tidak membutuhkan biaya yang cukup banyak. Hanya dengan kemampuan design grafis yang dimiliki, sudah bisa menjalankan ide bisnis yang menguntungkan ini.

5. Ide bisnis jasa fotografi

Bisa dibilang bisnis fotografi sampai dengan saat ini masih dibutuhkan oleh banyak orang. Terutama bagi mereka yang ingin moment-moment spesialnya diabadikan lewat bingkai.

Nah bisnis yang satu ini cocok sekali dijalankan oleh mahasiswa yang tergabung dalam komunitas fotografer atau ekstrakulir kampus, karena tentunya sudah memiliki keahlian dalam hal fotografi.

Dengan memanfaatkan kebutuhan seperti yang tersebut di atas, mahasiswa dapat menawarkan jasanya lewat informasi mulut ke mulut ata melalui sosial media dengan memposting hasil karyanya untuk menarik minat orang banyak.

Dengan begitu, mahasiswa sudah bisa menghasilkan pendapatan dari keahlian yang dimiliki.

6. Ide bisnis jasa penerjemah

Ide bisnis lainnya yang patut dicoba oleh mahasiswa adalah bisnis jasa penerjemah. Bagi mahasiswa jurusan bahasa, baik itu bahasa inggris atau jepang. Ide bisnis ini memiliki prospek yang cukup tinggi. Mengingat target pasarnya bukan hanya perorangan, melainkan instansi atau perusahaan.

Bisa dibayangkan bukan berapa pendapatannya jika jasa penerjemahnya dikontrak oleh salah satu perusahaan baik itu swasta maupun BUMN.

7. Ide bisnis conten writer

Conten writer atau jasa penulis konten online bayak dibutuhkan di zaman digitalisasi seperti sekarang ini. Mengingat di era digital ini banyak sekali bermunculan publisher google adsense yang memonetisasi situs blog yang mereka miliki.

Nah, untuk terus eksis menjadi seorang blogger dan tetap mendapatkan penghasilan dari aktivitas ngeblognya, tentu mereka membutuhkan artikel yang harus mereka posting setiap harinya.

Dengan memanfaatkan hal tersebut, mahasiswa yang hobby menulis bisa menjadikan ide bisnis yang satu ini sebagai bahan pertimbangan untuk mendapatkan penghasilan di sela-sela aktivitas kulyah yang padat.

8. Ide bisnis jual makanan ringan

Makanan ringan dalah teman terfavorit saat lagi santai. Semua orang suka mengkonsumsi makanan ringan ini, terutama waktu menonton film kesukaan atau sekedar santai di depan rumah.

Nah, teman-teman mahasiswa bisa memanfaatkan kondisi ini dengan cara menjual makanan ringan baik dengan cara online atau pun offline.

Untuk berjualan offline, teman-teman mahasiswa bisa membawa makanan ringan yang mereka jual ke kampus dan menawarkannya ke teman-teman kampus, dosen, atau lingkungan kampus lainnya.

9. Ide bisnis jual beli buku bekas

Untuk ide bisnis kreatif terakhir yang bisa dijalankan oleh mahasiswa adalah bisnis jual beli buku bekas. Untuk menunjang kegiatan akademisnya, tentu semua mahasiswa membutuhkan buku-buku ilmiah.

Namun jika membelinya di toko buku, mereka harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Nah kondisi tersebut bisa teman-teman mahasiswa manfaatkan dengan cara menawarkan buku-buku bekas yang layak dipakai ke teman mahasiswa lain yang membutuhkan.

Bisnis yang satu ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan dan responya pasti tinggi. Karena untuk menyiasati mahalnya harga buku yang baru, sehingga konsumen akan lebih memilih buku bekas yang masih layak pakai, sebagai alternatif upaya menghemat pengeluaran.

Kesimpulan

Jadi, padatnya aktivitas kulyah tidak lagi menjadi alasan bagi mahasiswa untuk melakukan aktivitas lain yang menghasilkan. Karena di jaman serba mudah seperti sekarang ini, mahasiswa bisa memanfaatkan kondisi dan situasi tertentu untuk mendapatkan tambahan uang saku dari hasil usaha mereka sendiri.

Contoh usahanya pun beragam sebagaimana yang telah penulis sebutkan di atas. Jadi kembali pada diri mahasiswa lebih tertarik menjalan ide bisnis kreatif yang sesuai dengan kemapuan dan potensi dirinya.

Semoga informasi tentang contoh ide bisnis kreatif mahasiswa di atas dapat memberikan manfaat serta pemahaman kepada teman-teman mahasiswa bahwa disela-sela padatnya aktivitas akademis, mereka masih bisa mendapatkan penghasilan untuk tambahan uang saku. Jangan lupa bantu share artikel ini agar yang lain juga dapat merasakan manfaatnya. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ketahui cara Memperbaiki Mental Anak yang Sering Dimarahi

Mengenal Tugas dan Tanggung Jawab HRD Di Perusahaan