in

Ketahui Peluang Usaha Pertanian Di Desa Yang Menguntungkan

Peluang Usaha Pertanian Di Desa

Peluang usaha pertanian di desa – Desa merupakan tempat dimana lahan pertanian terhampar luas dan menjadi tempat penghasil produk kebutuhan dasar manusia seperti beras dan beberapa produk pertanian lainnya.

Produk pertanian yang dihasilkan dari desa-desa merupakan peluang usaha yang memiliki potensi yang cukup besar. Hal itu dikarenakan produk pertanian selain karena dibutuhkan oleh banyak orang, juga merupakan peluang usaha yang tahan lama.

Namun sayangnya, dunia pertanian saat ini tidak banyak dilirik oleh mayoritas kalangan muda yang notabene belum sepenuhnya mengetahui potensi besar yang ada pada pertanian itu sendiri.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini buatanda.com akan berbagi informasi tentang peluang usaha pertanian di desa, dengan tujuan membangun minat kalangan muda untuk terjun dan mengelola secara langsung usaha pertanian dengan baik.

Peluang Usaha Pertanian Di Desa

Salah satu potensi desa yang cukup besar adalah di bidang pertanian. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa desa memiliki tekstur tanah yang subur yang notabene cocok dijadikan sebagai lahan pertanian untuk menghasilkan produk yang dibutuhkan oleh banyak orang. Sehingga bisa menjadi peluang usaha pertanian di desa yang sangat menguntungkan.

Dilansir dari beberapa informasi bahwasanya terdapat beberapa peluang usaha yang bisa dijalankan di desa khususnya di bidang pertanian. Dimana usaha-usaha tersebut bisa meliputi hasil pertanian dan juga peralatan penopang proses pertanian itu sendiri, seperti yang tersebut di bawah ini:

1. Usaha jualan produk pertanian organik

Dewasa ini kebutuhan akan kesehatan sudah menjadi perhatian masyarakat banyak. Sehingga tidak sedikit dari mereka yang memilih mengkonsumsi produk pertanian yang tidak banyak mengandung bahan kimia seperti pestisida dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, menjual sayuran dan kebutuhan pokok seperti beras yang bebas dari bahan kimia tentu menjadi peluang usaha pertanian di desa yang sangat menguntungkan. Karena target pasarnya pun beragam mulai dari yang menengah ke bawah sampai ke atas.

Namun bagi Anda pelaku bisnis harus bisa melihat peluang agar bisa mendapatkan untung yang lebih besar dari usaha pertanian ini. Misalnya, karena kebutuhan produk organik sangat dibutuhkan mulai dari ingin hidup sehat sampai perusahaan pangan seperti hypermart dan sejenisnya. Maka Anda harus mengkemasnya secara higinis dan semenarik mungkin untuk menaikkan harga jualnya.

Meskipun potensi keuntungan dari usaha ini cukup besar. Usaha jualan produk organik juga memiliki kelemahan, yaitu usaha ekstra dan modal awal yang tidak sedikit.

2. Usaha jualan alat pertanian

Untuk mendapatkan komoditi suatu produk pertanian tentunya membutuhkan proses pengelolaan yang juga melibatkan beberapa alat-alat pertanian. Nah untuk itu, peluang usaha pertanian di desa yang juga bisa Anda jalankan adalah usaha jualan alat pertanian.

Apakah usaha ini membutuhkan modal yang besar? Jawabannya adalah tentu tidak. Caranya dengan menjadi reseller dari suatu produk alat pertanian.

Langkah awal yang perlu Anda lakukan untuk menjadi reseller adalah dengan mengetahui jenis alat pertanian yang banyak dibutuhkan oleh petani. Setelah itu, barulah Anda mencari toko offline atau pun online yang menjual alat pertanian dan menawarkan diri untuk menjadi reseller freelance.

Mengingat terdapat keterbatasan pengetahuan dari sumber daya manusianya, maka metode penjualan yang perlu Anda adalah dengan cara jualan offline atau menawarkan langsung kepada petani alat pertanian yang Anda jual.

[Baca Juga: Usaha Modal 1 Juta Di Kampung]

3. Usaha jual bibit

Dan bagi Anda yang memiliki basik pertanian, Anda juga mencoba peluang usaha di pertanian dengan cara menjual bibit tanaman seperti bibit padi, jagung, sayuran, dan komoditi pertanian lainnya.

Pasalnya, tidak semua petani memiliki pemahaman bagaimana cara melakukan pembibitan dengan kualitas yang bagus. Kalaupun bisa, kadang tidak sedikit dari mereka yang memilih untuk membeli bibitnya secara langsung.

Nah kondisi-kondisi seperti ini harus bisa Anda manfaatkan agar manjadi peluang usaha yang menguntungkan di desa. Selain biaya minim, target pasarnya pun jelas.

Bagi Anda yang tidak memiliki basik pertanian pun juga bisa menjalankan usaha yang satu ini, yaitu dengan cara menggali informasi tentang cara pembibitan yang baik dan atau membeli bibit langsung dari petani dan dijual lagi ke petani lainnya.

4. Usaha jualan pupuk

Selain peralatan pertanian yang banyak dibutuhkan oleh petani. Pupuk yang notabene menjadi media untuk memunuhi nutrisi yang dibutuhkan tanaman, juga sangat dibutuhkan oleh petani agar tanamannya tumbuh dengan baik dan hasilnya melimpah.

Pupuk sendiri terbagi ke dalam dua jenis, yaitu pupuk kimia dan pupuk organik. Untuk berjualan pupuk kimia Anda bisa membangun relasi dengan distributor pupuk di daerah Anda.

Namun jika Anda ingin berjualan pupuk organik Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di lingkungan sekitar Anda seperti kotoran hewan dan beberapa bahan lainnya.

Usaha pupuk ini merupakan salah satu usaha yang sangat menguntungkan. Apalagi jika Anda mampu mengolah pupuk tersebut secara mandiri, bukan hanya menguntungkan namun Anda juga bisa membantu orang lain dengan cara membuka lowongan pekerjaan.

5. Usaha budidaya tanaman hias

Tekstur tanah di desa yang subur tentunya cocok sekali untuk ditanami semua jenis tanaman, termasuk juga tanaman hias yang notabene masih banyak diminati oleh beberapa kalangan.

Dari hasil survey badan pusat statistik (BPS) di tahun 2021, komoditas tanaman hias sampai saat ini terus mengalami kenaikan. Yang mana hal tersebut bisa menjadi peluang usaha yang cukup menguntungkan di desa yang kultur tanahnya subur.

Dengan memanfaatkan sisa halaman rumah Anda sudah bisa menjalankan usaha yang satu ini. Modal yang dibutuhkannya pun tidak terlalu banyak. Anda hanya perlu membeli bibit di awal yang kemudian bisa Anda kembangkan seiring dengan berjalannya waktu.

6. Usaha penanaman rempah-rempah

Selain budidaya tanaman hias seperti yang tersebut di atas. Tekstur tanah yang subur juga cocok untuk ditanami rempah-rempah seperti bawang merah, jahe, dan sejenisnya.

Pasalnya komoditas rempah-rempah masih menjadi peluang usaha yang sangat bagus. Hal tersebut tidak terlepas dari tingginya daya minat Negara luar akan rempah-rempah Indonesia. Sehingga pasarnya cukup luas.

Penutup

Itulah informasi tentang peluang usaha pertanian di desa yang bisa Anda coba. Namun perlu kami garis bawahi, jika Anda merupakan pemula sebaiknya fokus ke satu jenis produk pertanian terlebih dahulu. Bisa itu produk pokok seperti beras, rempah-rempah, atau tanaman hias.

Lakukan branding usaha Anda terlebih dahulu agar pasar mengetahui tentang usaha yang sedang Anda bangun. Dengan begitu pasar yang akan mencari Anda untuk mendapatkan produk yang Anda jual. Memang untuk memulai usaha di desa membutuhkan waktu yang cukup panjang. Namun demikian itu akan setimpal dengan keuntungan yang Anda peroleh kedepannya.

Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat serta dapat membangun kita bersama akan pentingnya memanfaatkan sumber daya alam yang bernilai ekonomis di sekitar kita. Jangan lupa bantu share artikel ini agar orang juga mendapatkan manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ketahui Cara Menjawab Pertanyaan Gaji Untuk Fresh graduate

Cara Memulai Bisnis Coffee Shop Mini Berikut Rincian Biayanya