in

Ketahui Contoh Rekrutmen dan Seleksi Pada Perusahaan

Contoh Rekrutmen dan Seleksi

Contoh rekrutmen dan seleksi – Mungkin sebagian dari kita sudah paham tentang perbedaan antara rekrutmen dan seleksi tenaga kerja. Namun, ada juga sebagian lain yang belum memahami perbedaan dari keduanya.

Rekrutmen dan seleksi memiliki perbedaan yang cukup signifikan, akan tetapi salah satu dari keduanya tidak bisa dihilangkan dalam aktivitas manajemen SDM untuk mencari dan mendapatkan karyawan yang diinginkan.

Perbedaan antara seleksi dan rekrutmen dapat dilihat dari tujuan, pendekatan yang digunakan, urutan pelaksaan, proses dan waktu yang dibutuhkan oleh keduanya.

Secara pelaksanaan, rekrutmen umumnya dilakukan sebelum dilakukannya proses seleksi. Artinya, rekrutmen memiliki tujuan untuk mengundang dan mendapatkan kandidat sebanyak-banyaknya yang selanjutnya akan diseleksi sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

Contoh Rekrutmen dan Seleksi

Agar lebih memahami tentang perbedaan rekrutmen dan seleksi, maka pada kesempatan ini penulis akan memberikan contoh rekrtumen dan seleksi yang biasa dilakukan oleh banyak perusahaan, seperti di bawah ini.

Contoh rekrutmen

Job Vacancy

PT Teknovatus Solusi Sejahtera

PT Teknovatus Solusi Sejahtera merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengamanan data independen dan penyedia cloud (Hive Cloud), yang didirikan pada tahun 2012 dan berlokasi di Tanggerang.

PT. Teknovatus Solusi Sejahtera sediri merupakan private data vault pertama di Indonesia dengan pengisian berbasis listrik fleksibel. Dan menjadi yang pertama untuk Host SAP on Cloud di Indonesia.

PT. Teknovatus memiliki orang-orang terbaik untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada kosumennya. Dan untuk terus memberikan pelayanan terbaiknya, saat ini PT. Teknovatus Solusi Sejahtera sedang membuaka lowongan kerja bagi tenaga professional untuk menempat posisi yang telah disediakan.

Sales

Job Description:

• Menacapai dan mengelola target penjualan non group segment,

• Membuat sales plant

• Mencari leads dan melakukan reporting

• Bekerjasama dengan vendor dan partners untuk merabah pasar dengan solusi inovatif yang dibutuhkan oleh customer dan relevan dengan core business perusahaan

• Mencari peluang pasar baik melalui render terbuka maupun langsung ke customer

Kualifikasi:

• Maksimal usia 32 tahun

• Minimal 3-4 tahun pengalaman di bidang corporate sales

• Minimal pendidikan S1

• Penempatan di Tanggerang

Jika Anda merasa memiliki kualifikasi dan tertarik untuk dengan pekerjaan seperti yang tersebut di atas. Silahkan kirimkan surat lamaran dan CV terbaru Anda ke alamat email di bawah ini:

[email protected] 

Dengan subjek Sales_(nama).

Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat, khususnya bagi yang sedang membutuhkan informasi lowongan pekerjaan. Dan perlu diketahui bahwa lowongan kerja ini tidak dipungut biaya apapun. Terima kasih

 

Contoh format lowongan seperti di atas selanjutnya akan di diposting melalui beberapa platform penyelia lowongan kerja seperti jobstreet, buatinfo, jobId, dll. Jadi langkah ini yang disebut dengan proses rekrutmen, yaitu upaya memancing dan mendapatkan kandidat sebanyak-banyaknya melalui postingan lowongan kerja.

Contoh Seleksi

Sebagaimana yang telah kami sampaikan di atas bahwa proses seleksi akan dilaksanakan setelah proses rekrutmen selesai dan telah didapati beberapa kandidat yang terjaring. Kandidat-kandidat tersebut selanjutnya akan mengikuti tahapan seleksi.

Dimana tahapan seleksi tersebut diantaranya sebagai berikut:

1. Tahapan Seleksi Administrasi

Pada tahapan ini, kandidat akan diseleksi melalui berkas atau dokumen yang dikirimkan. HRD akan menyeleksi berkas-berkas yang masuk seperti surat lamaran, CV, Ijazah, sertifikat keahlian, KTP, NPWP, SKCK, surat kesehatan, dan sertifikat pendukung lainnya.

Bagi kandidat yang dinyatakan lolos dalam seleksi administrasi dan sesuai dengan yang dibutuhkan, maka akan diteruskan ke tahapan berikutnya, yaitu tahapan seleksi tertulis. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara lolos seleksi administrasi terlebih dahulu.

1. Tahapan seleksi tertulis

Untuk pelamar yang dinyatakan lolos pada tahapan seleksi administrasi akan diseleksi kembali dengan cara mengikuti tes tulis atau psikotes untuk mengetahui intelegensi, etos kerja, serta kepribadian pelamar itu sendiri. Adapun rangkaian psikotes yang biasa digunakan dalam proses seleksi tertulis adalah sebagai berikut:

– Tes Intelegensi

– Tes Personality atau kepribadian

– Tes bakat dan minat

– Tes prestasi

2. Tahapan seleksi tidak tertulis

Bagi kandidat yang telah dinyatakan lolos pada tahapan seleksi tertulis. Maka selanjutnya mereka akan mengikuti seleksi tidak tertulis. Seleksi tidak tertulis merupakan kegiatan yang dilakukan oleh manajemen HRD untuk menggali lebih jauh lagi tentang diri dan potensi kandidat.

Metode yang digunakan biasanya seperti interview, study case, dan atau tambahan tulis lainnya yang berkaitan dengan Job Description posisi yang dilamar.

3. Tahapan pemeriksaan kesehatan

Untuk tahapan yang terakhir dari proses seleksi karyawan adalah test kesehatan atau pemeriksaan kesehatan calon karyawan yang berhasil melewati tahapan seleksi sebelumnya. Dan pelaksanaannya hampir sama dengan pemeriksaan kesehatan pada umumnya, seperti: Tekanan darah, tes urine, kesehatan mata, gigi, dan paru.

4. Tahapan perjanjian kerja

Setelah karyawan dinyatakan sehat untuk bekerja, maka selanjutnya akan mengikuti tahapan perjanjian kerja. Dalam perjanjian ini akan ditulis tentang posisi kerja, gaji yang akan diterima, status pekerjaan (kontrak atau probation), dan beberapa ketentuan-ketentuan guna menjaga produktivitas kerja untuk kedepannya.

Kesimpulan

Rekrutmen dan seleksi merupakan aktivitas yang dilakukan oleh manajemen HRD guna mendapatkan kandidat sesuai dengan yang dibutuhkan. Kedua proses ini bisa menjadi gerbang awal perusahaan menuju keberhasilan. Mengingat rekrutmen dan seleksi dapat memastikan investasi SDM perusahaan sesuai dengan yang diharapkan.

Demikianlah informasi tentang contoh proses rekrutmen dan seleksi karyawan buat anda ketahui. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat serta dapat menambah pemahaman Anda tentang apa itu proses rekrutmen dan seleksi. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini aga orang juga bisa mendapatkan manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rekomendasi Franchise Thai Tea dengan Harga Terjangkau

Jenis-jenis Usaha Konveksi