in ,

Ketahui Cara Memindahkan Data Fingerprint Ke Komputer

Cara Memindahkan Data Fingerprint Ke Komputer

Cara memindahkan data fingerprint ke komputer – Seperti yang kita ketahui bahwa mesin fingerprint merupakan salah satu infrastruktur yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Mengingat mesin tersebut dapat memudahkan perusahaan dalam melakukan kontrol kehadiran setiap karyawan.

Penggunaan sidik jari sebagai identitas unik memungkinkan perusahaan mengidentifikasi kevalidan dari sebuah data kehadiran. Karena sidik jari tidak bisa dipalsukan atau dipindahkan ke orang lain. Beda hal jika perusahaan masih menggunaan absen amano yang notabene masih rentan terjadi kecurangan.

Tapi sayangnya, walaupun hampir semua perusahaan memanfaatkan mesin fingerprint sebagai sarana untuk mengontrol kehadiran karyawan, masih tidak sedikit dari kita yang belum paham betul cara memindahkan data fingerprint ke komputer.

Karena itu, pada kesempatan kali ini buatanda.com akan berbagi informasi tentang bagaimana cara yang mudah untuk memindahkan data ke komputer ataupun mengambil data fingerprint dengan flashdisk.

Cara Memindahkan Data Fingerprint Ke Komputer

Secara mekanisme terdapat dua cara memindahkan data fingerprint ke komputer. Yang mana kedua cara tersebut cukup efektif untuk menghindari permasalahan data fingerprint tidak terbaca.

Mengingat tidak jarang pada saat penarikan data dilakukan, terdapat beberapa data fingerprint yang loss atau tidak terbaca. Sehingga mempersulit pelaksanaan pengontrolan kehadiran karyawan.

Selain itu, dampak dari data yang tidak terbaca juga bisa mempengaruhi sistem penggajian karyawan karena data yang diambil selain untuk kebutuhan kontrol kehadiran, juga digunakan untuk keperluan payroll.

Untuk itu, berikut ini dua cara yang bisa dilakukan guna menghindari kehilangan data atau data tidak terbaca:

1. Koneksi fingerprint ke komputer dengan kabel lan

Upaya pengoneksian mesin fingerprint ke komputer menggunakan kabel lan ini umumnya dilakukan oleh beberapa perusahaan yang berskala besar dengan jumlah karyawan yang cukup banyak.

Alasan penggunaan kabel lan untuk koneksi fingerprint ke komputer adalah guna memudahkan penarikan data secara automasi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital saat ini.

Dan bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara mengoperasikannya. Berikut ini kami berikut langkah-langkah yang bisa Anda praktekan.

  • Siapkan komputer atau laptop yang sudah terpasang software driver lan
  • Gunakan kabel lan dengan jenis RJ45 yang panjang pendeknya menyesuaikan kebutuhan
  • Pastikan kabel lan yang Anda pasang sudah tersambung ke mesin fingerprint
  • Jika sudah tersambung, maka langkah selanjutnya adalah melakukan setting IP Address komputer atau laptop Anda di driver lan
  • Setelah selesai melakukan setting IP Address, langkah berikutnya adalah mengatur menu setting pada mesin fingerprint agar dapat terhubung dengan baik tanpa kendala.

Langkah-langkah seperti yang tersebut di atas akan memudahkan Anda untuk melakukan penarikan data finger tanpa harus bolak balik ke mesin fingerprint untuk mengambil data secara manual.

Adapun cara untuk mengambil data fingerprint melalui koneksi kabel lan adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi fingerprint
  • Set periodik tanggal yang ingin ditarik
  • Upload log dan update untuk memanggil data
  • Jika sudah muncul data in outnya, maka teruskan dengan klik export to excel dan pilih folder untuk penyimpanan data tersebut

2. Cara mengambil data fingerprint dengan flashdisk

Cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk memindahkan data finger karyawan adalah dengan memanfaatkan flashdisk. Mungkin cara yang satu ini sedikit rumit karena Anda harus bolak balik ke mesin fingerprint untuk mengambil data.

Namun demikian keuntungan dari cara pengambilan data lewat flashdisk memungkinkan Anda untuk melakukan penyimpanan data secara aman karena data tersebut bisa tersimpan di flashdisk dan komputer.

Adapun cara memindahkan data hampir sama dengan cara sebelumnya, yaitu menggunakan kabel lan. Dimana cara tersebut diantaranya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi fingerprint
  • Lakukan download data presensi, dan tunggu hingga selesai
  • Setelah proses download selesai silahkan lakukan export data dengan cara klik kanan pada daftar presensi yang sudah didownload sebelumnya
  • Selanjutnya pilih folder penyimpanan dan berikan nama untuk file data tersebut
  • Pada saat ingin menyimpan data usahakan pilih format penyimpanan CSV file atau excel agar lebih mudah saat membuka dan mengolah datanya.
  • Setelah semua langkah di atas selesai. Maka cara berikutnya sekaligus yang terakhir adalah klik menu export dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Secara teknis sebenarnya lebih mudah melakukan pemindahan data dengan menggunakan kabel lan dari pada cara yang kedua, yaitu pemindahan data menggunakan flashdisk.

Karena jika Anda melakukan pemindahan data menggunakan flashdisk, Anda perlu memindahkan kembali data tersebut ke komputer milik Anda agar bisa di proses menjadi laporan. Artinya, Anda harus kerja dua kali.

Lantas bagaimana cara memindahkan data yang dari flashdisk ke komputer? Caranya cukup mudah. Anda hanya tinggal membuka folder penyimpanan yang di flashdisk kemudian dicopy ke folder komputer atau laptop Anda.

Selanjutnya tinggal proses data tersebut sesuai dengan kebutuhan laporan yang Anda inginkan. Namun perlu Anda ingat, jika ingin merubah file CSV ke Excel yang perlu Anda lakukan adalah memilih menu save as dan pilih format excel untuk menyimpannya.

Bagaimana, cukup mudah bukan cara memindahkan data fingerprint lewat flashdisk dengan beberapa langkah di atas? Sekarang kembali pada pilihan Anda, lebih nyaman dengan cara yang pertama atau yang kedua dalam hal memindahkan data fingerprint ke komputer.

Penutup

Cara memindahkan data fingerprint ke komputer sebagaimana yang tersebut di atas merupakan upaya yang bisa Anda lakukan agar terhindari dari masalah tidak terbacanya data setelah melakukan penarikan dari mesin finger.

Anda bisa menggunakan cara yang pertama atau yang kedua dalam upaya penarikan data. Namun jika jumlah karyawan di tempat Anda terbilang banyak. Maka sebaiknya gunakan cara yang pertama, yaitu menggunakan kabel lan dengan pertimbangan lebih mudah dan prosesnya cepat.

Semoga informasi yang kami sampaikan di atas dapat memberikan manfaat serta masukan kepada Anda dalam hal penarikan data absensi karyawan dari mesin fingerprint. Jangan lupa bantu share artikel ini agar orang lain juga merasakan manfaatnya. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 Cara Jualan Gorengan Biar Laris Manis di Pasaran

Kelemahan Usaha Ayam Geprek Yang Wajib Diketahui Pemula