in ,

Ketahui Bahaya Akibat Sering Begadang Berikut Penyebabnya

Akibat Sering Begadang

Bahaya akibat sering begadang – Aktivitas tidur merupakan kebutuhan dasar manusia dalam menjalani hidup. Pasalnya, dengan beristirahat atau tidur, seseorang bisa mengembalikan stamina tubuh untuk melakukan aktivitas keesokan harinya.

Jadi bisa dibayangkan bagaimana jika kebutuhan tidur ini tidak dilakukan secara maksimal di malam hari. Tentu stamina tubuh akan menurun dan sulit untuk menyelesaikan semua aktivitas di keesokan harinya.

Ada beberapa alasan orang memilih untuk begadang sampai larut malam atau bahkan sampai pagi. Dimana alasan yang umum seperti kebutuhan untuk menyelesaikan pekerjaan yang harus diselesaikan, menonton film, berkumpul bersama teman-teman, main game, atau bahkan sekedar untuk main game.

Pola hidup sering begadang, ternyata tidak baik untuk kesehatan kita, karena Kurang tidur atau sering begadang bukan hanya bisa merusak sel otak, melainkan juga memicu banyaknya masalah kesehatan. Oleh karena itu penting bagi kita untuk menghindari beberapa sebab yang menjadi pemicunya.

Bahaya Akibat Sering Begadang

Menurut beberapa ahli menyebutkan bahwa terdapat banyak sekali bahaya akibat sering begadang yang dapat mengancam kesehatan Anda. Dimana diataranya seperti yang tersebut di bawah ini:

1. Lemas tidak ada semangat

Efek negatif pertama dari sering begadang adalah lemas dan menurunya semangat untuk melakukan aktivitas. Karena terlalu sering begadang dan kurang istirahat,maka energy tubuh akan terkuras. Akibatnya anda akan merasa lemas dan kurang semangat untuk beraktivitas di keesokan harinya.

2. Gampang masuk angin

Akibat lainnya dari sering begadang bagi kesehatan adalah gampang masuk angin. Tubuh yang seharusnya istirahat tapi masih dipaksa untuk tetap aktif, ditambah lagi biasanya saat begadang orang akan mengkonsumsi cemilan yang tidak sehat dan minum kopi. Inilah yang membuat perut kembung dan gampang sekali masuk angin.

3. Menurunnya daya ingat

Dari beberapa hasil penilitian yang pernah dilakukan di Perancis dan Amerika, diketahui bahwa “sharp wave ripples” atau peristiwa otak bertanggung jawab dalam menguatkan memori otak, dan mentransfer data yang ada dari hipokampus menuju ke neokorteks yang ada di otak, dimana semua kenangan jangka panjang tersimpan. Sharp wave ripples tersebut pada umumnya terjadi disaat tidur. Itu sebabnya, mereka yang seringkali tidur larut malam cenderung gampang mengalami penurunan daya ingat karena karena kerja otak tidak maksimal.

4. Kerusakan pada kulit

Selain dari beberapa gangguan kesehatan yang tersebut di atas. Keseringan begadang sampai tengah malam juga dapat mengakibatkan kerusakan pada kulit. Umumnya, orang yang kurang tidur akan terlihat pucat, kulit terlihat lebih kusam, dan munculnya garis-garis halus pada kulit wajah. Kerusakan tersebut disebabkan oleh kurangnya waktu istirahat, sehingga tubuh akan lebih banyak melepaskan hormon kortisol atau hormon stress. Pasalnya pelepasan hormon kortisol dalam jumlah yang berlebihan dapat memecahkan kolagen kulit, sementara fungsi dari kolagen itu sendiri untuk menjaga kehalusan kulit dan untuk membuat kulit tetap elastis.

5. Melemahkan sistem imun

Dengan terjaga sampai larut malam, tubuh akan menghancurkan sel-sel darah putih atau leukosit yang berguna sebagai sistem kekebalan tubuh. Dengan berkurangnya leukosit dalam darah, tubuh pun akan rentan terhadap gejala penyakit dan infeksi.

Penyebab Anda Sering Bergadang

Kebiasaan seseorang begadang sampai tengah malam tentunya tidak terlepas dari beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. Dimana beberapa penyebab yang umum diantaranya seperti: 

1. Kandungan kafein pada kopi

Kandungan kafein yang ada pada kopi dipercaya dapat menghilangkan rasa kantuk baik siang atau pun di malam hari. Jadi agar tidak begadang sampai larut malam usahakan untuk menghindari mengkonsumsi kopi di sore atau pun di malam hari agar kebutuhan tubuh untuk beristirahat dapat terpenuhi.

2. Penyakit Maag dan asam lambung

Kedua penyakit ini juga dipercaya menjadi salah satu penyebab anda sulit tidur. Dilansir oleh National Sleep Foundation (NSF) bahwa maag dan asam lambung dapat memicu kesulitan tidur bagi seseorang dengan rentang usia sekitar 45 – 64 tahun.

3. Gangguan stress

Penyebab ketiga yang dapat membuat Anda kesulitan tidur adalah gangguan stress yang berlebih. Stres ini bisa dipicu oleh beberapa masalah yang menumpuk di pikiran. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk bersikap bodo amat agar dapat meminilisir tingkat stress pada diri Anda.

4. Tidur siang terlalu lama

Tidur siang pada dasarnya bagus buat me-recovery tubuh kita. Namun aktivitas tidur siang itu bisa menjadi tidak baik jika berlebihan. Pasalnya, orang yang tidur siang terlalu lama akan merasa kesulitan tidur di malam hari ini. Oleh karena itu, sebaiknya tidur siang secukupnya saja. Sebagaimana yang pernah dilansir oleh Sleep Foundation bahwa tidur siang yang sehat dikisaran jam 12:00 s/d 14:00, yaitu cukup hanya dengan dua jam saja.

5. Asik nonton bola

Nah bagi penggila bola, nonton pertandingan club favoritnya tentu sangat menyenangkan walaupun harus sampai larut malam. Tapi tahu kah Anda bahwa kebiasaan menonton bola juga bisa menjadi penyebab susah tidur atau insomnia. Pasalnya, orang yang menonton bola cenderung keasyikan sehingga lupa waktu istirahat.

6. Ketagihan bermain game

Penyebab yang satu ini hampir sama dengan salah satu penyebab yang tersebut di atas. Baik keasyikan nonton bola atau main game sama-sama membuat seseorang lupa waktu istirahat, sehingga mereka akan melek sampai permainan gamenya selesai.

7. Pekerjaan menumpuk

Disinilah pentingnya manajemen waktu, mengingat orang yang tidak memiliki manajemen waktu akan kehilangan waktu sia-sia dan menjadi masalah di kemudian hari. Salah satu resiko tidak memiliki manajemen waktu adalah menumpuknya pekerjaan sehingga memakan waktu istirahat untuk menyelesaikannya.

8. Penyakit komplikasi

Penyebab terakhir kesulitan tidur pada seseorang adalah penyakit komplikasi seperti diabetes, stroke, jantung, kelainan syaraf, dan aneurisma.

Tips Agar Tidak Sering Begadang

Dari beberapa penjelasan di atas, baik akibat dan penyebab dari sering begadang, tentu kita mulai berfikir bagaimana caranya agar bisa terhindar dari kebiasaan begadang yang notabene tidak baik bagi kesehatan. Normalnya waktu tidur yang dibutuhkan oleh tubuh adalah 8 jam. Agar kebutuhan istirahat yang cukup tersebut bisa terpenuhi, maka perlu menerapkan beberapa tips di bawah ini: 

  • Dalam mengkonsumsi kafein jangan berlebihan
  • Lakukan olahraga rutin setiap pagi atau sore
  • Hindari makan terlalu banyak, khususnya pada saat mau tidur
  • Usahakan waktu istirahat siang maksimal 2 jam saja
  • Perbanyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat di sore hari

Penutup

Demikianlah informasi tentang bahaya akibat sering begadang bagi kesehatan kita. Semoga informasi di atas dapat menyadarkan akan pentingnya menjaga gaya hidup demi kesehatan fisik dan mental kita. jangan lupa bantu share artikel ini, agar lain juga mendapatkan manfaatnya. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ketahui Alasan Kenapa Bersikap Bodo Amat Itu Perlu

Cara Agar Tidak Mudah Marah Dan Menjadi Orang Yang Penyebar