in

Ketahui 9 Alasan Promosi Jabatan Berikut Manfaatnya

Alasan Promosi Jabatan

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa promosi jabatan merupakan hal yang wajar terjadi di lingkungan kerja. Dimana hal tersebut merupakan apreasiasi perusahaan atas kinerja baik karyawannya selama bekerja.

Promosi jabatan biasanya didasari atas pengajuan Surat Promosi Jabatan oleh pimpinan terkait. Contoh, manager keuangan yang mengajukan promosi jabatan untuk staff keuangan karena kinerja yang baik. Maka manager keuangan tersebut akan mengajukan surat promosi jabatan ke pimpinan yang lebih tinggi di atasnya.

Terdapat beberapa alasan kenapa promosi jabatan tersebut penting untuk dilakukan. Dimana beberapa alasan yang dimaksud akan kita bahas selengkapnya pada artikel kali ini. Oleh karena itu, baca terus artikel ini sampai dengan selesai.

Alasan Promosi Jabatan

Setiap tindakan atau kebijakan yang dikeluarkan oleh perusahaan tentu ada dasar atau alasannya. Begitu juga dengan promosi jabatan, terdapat beberapa alasan yang membuat hal tersebut penting untuk dilakukan. Dimana alasan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Adanya lowongan jabatan

Alasan yang pertama dilakukan promosi jabatan adalah karena adanya lowongan jabatan dalam perusahaan. Lowongan jabatan tersebut bisa terjadi karena karyawan sebelumnya resign, PHK, atau meninggal dunia. (Moekijat, 1995:32)

2. Evaluasi jabatan lama

Pasalnya, kenaikan jabatan bisa juga disebabkan oleh perubahan tugas dan tanggung jawab jabatan itu sendiri. Oleh karenanya, perusahaan akan melakukan evaluasi dan diadakan penggolongan kembali. Perubahan pada tugas dan tanggung jawab biasanya terjadi karena kinerja karyawan yang baik atau karena terdapat tambahan fungsi yang baru (Moekijat, 1995:32)

3. Berdirinya perusahaan/organisasi baru

Bagi perusahaan besar biasanya ada plan untuk melebarkan sayap bisnisnya dengan membuat cabang perusahaan. Dan hal itu bisa menjadi salah satu alasan dilakukannya promosi jabatan. Karena tentunya di cabang perusahaan yang tersebut akan membutuhkan tenaga untuk mengisi jabatan-jabatan yang telah ditentukan.

4. Perluasan kegiatan dalam perusahaan/organisasi

Selain beberapa alasan yang tersebut di atas. Adanya perluasan kegiatan dalam perusahaan juga menjadi salah satu alasan terjadinya promosi jabatan. Misal, perusahaan menganggap perlu adanya penambahan devisi dalam perusahaan.

5. Adanya pekerjaan-pekerjaan baru

Hampir sama dengan alasan di atas. Dimana penambahan tugas dan tanggung jawab merupakan satu dari sekian alasan terjadinya promosi jabatan.

6. Karyawan pindah kerja ke perusahaan lain

Karyawan lama yang memilih untuk pindah ke perusahaan lain tentu akan menyisakan satu jabatan yang kosong. Nah kekosongan tersebutlah yang juga menjadi alasan perusahaan untuk menganggap perlu dilakukan promosi jabatan.

7. Karyawan resign / PHK

Begitu juga dengan kasus karyawan resign atau PHK. Tentunya posisi jabatan yang ditinggalkan juga akan kosong. Sehingga untuk mengisi kekosongan tersebut perusahaan akan melakukan kebijakan promosi jabatan agar fungsi dan tugas dari jabatan tetap berjalan sebagaimana mestinya.

8. Karyawan pensiun

Pasalnya, usia kerja produktif dibatasi dengan sampai dengan usia tertentu. Oleh karenanya, setiap karyawan tentu akan sampai pada masa dimana mereka berhenti bekerja dan menjalani hidup tenang di rumahnya. Bagi karyawan yang sudah sampai pada masa pensiunnya, tentu akan menyebabkan kekosongan jabatan sehingga perlu dilakukan promosi jabatan.

9. Karyawan meninggal dunia

Hampir sama dengan beberapa alasan yang tersebut di atas. Bagi karyawan yang meninggal dunia juga akan meninggalkan kekosongan fungsi dan tugas pada jabatan tertentu. Agar roda perusahaan terus berjalan, maka diperlukanlah yang namanya promosi jabatan.

Dari beberapa alasan di atas bisa disimpulkan bahwa promosi jabatan bisa dilakukan atas dasar adanya kinerja yang bagus dari karyawan dan adanya kebutuhan pemenuhan tenaga kerja di dalam perusahaan itu sendiri.

Manfaat Promosi Jabatan

Terdapat beberapa manfaat yang bisa dirasakan baik oleh perusahaan atau pun karyawan. Dimana keuntungan tersebut diantara, seperti:

1. Manfaat Promosi Jabatan Bagi Perusahaan

– Mengurangi cost rekrutmen

– Mendapatkan karyawan yang tepat

– Perusahaan tetap berjalan sebagaimana mestinya

– Semangat kerja karyawan akan lebih meningkat

– Terisinya jabatan yang kosong sesegera mungkin

– Dll

2. Manfaat Promosi Jabatan Bagi Karyawan

– Adanya kesempatan berkarir

– Terdapat perubahan gaji sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang baru

– Mendapatkan kepercayaan dari pimpinan dan perusahaan

– Kepuasan kerja terpenuhi

– Dapat menambah pengetahuan perihal tugas dan fungsi jabatan yang baru

– Dll

Nah itulah informasi tentang alasan promosi jabatan berikut manfaatnya yang penting buat anda ketahui. Promosi jabatan sendiri pada dasarnya bersifat positif karena adanya perpindahan posisi atau jabatan ke posisi yang lebih tinggi. Bagi Anda yang ingin mendapatkan promosi jabatan di tempat dimana Anda bekerja, sebaiknya perhatikan beberapa alasan yang tersebut di atas, agar pimpinan Anda terpacu membuat surat promosi jabatan atas kinerja baik Anda selama ini.

Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat serta dapat menambah wawasan kita bersama. Jangan lupa bantu share artikel ini agar orang lain juga dapat membaca artikel ini dan mendapatkan manfaatnya. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 Larangan Yang Wajib Diketahui Ayah Saat Mendidik Anak

Lowongan Kerja EdenFarm Yogyakarta Jawa Tengah