in

Kenali Tempat Usaha Yang Strategis Berikut Jenis Usahanya

Tempat Usaha Yang Strategis

Pemilihan tempat usaha yang strategis menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan pada saat ingin memulai usaha yang diinginkan. Pasalnya lokasi yang strategis berpotensi mendatangkan keuntungan yang lumayan besar bagi pelaku usaha itu sendiri.

Alasan utama kenapa lokasi sangat berpengaruh terhadap keberhasilan suatu usaha adalah karena lokasi usaha yang tepat dan strategis menjadikan suatu usaha lebih semakin dikenal oleh masyarakat luas. Artinya, lokasi juga menjadi instrument promosi yang cukup efektif dalam memasarkan produk usaha kita.

Maka dari itu, untuk memberikan gambaran kepada Anda yang notabene masih terbilang pemula dalam hal bisnis. Maka pada kesempatan kali ini buatanda.com akan berbagi informasi tentang beberapa tempat usaha yang strategis berikut dengan ide bisnis yang bisa Anda jalankan.

Tempat Usaha Yang Strategis

Seperti yang kami sampaikan di ata bahwa kali ini kami akan memberikan informasi tentang tempat usaha yang strategis dan bisa Anda jadikan referensi pada saat ingin memulai usaha. Agar usaha yang Anda jalankan bisa memberikan keuntungan yang besar.

Terdapat ciri-ciri tempat usaha yang strategis yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu, yaitu seperti adanya ramai penduduk, daya beli masyarakat sekitar tinggi, memiliki lahan yang cukup luas, serta banyaknya usaha yang mendukung tempat tersebut.

Selain ciri-ciri seperti yang tersebut di atas. Adapula faktor penting yang perlu Anda ketahui dalam memilih tempat usaha yang strategis. Menurut Tjiptono (2000), pemilihan tempat yang strategis harus memperhatikan 7 faktor penting, yaitu aksesibilitas, visibilitas, tempat parkir, ekspansi, lingkungan, kompetitor dan peraturan pemerintah.

Sedangkan menurut Harding (1978), faktor yang mempengaruhi proses pemilihan lokasi usaha adalah lingkungan masyarakat, sumber daya alam, tenaga kerja, kedekatan dengan pasar, fasilitas dan biaya transportasi, tanah untuk ekspansi, dan sumber tenaga listrik.

Dari beberapa ciri beserta faktor yang juga menjadi penentu dalam pemilihan tempat usaha yang strategis di atas. Maka kami simpulkan terdapat beberapa lokasi yang cocok untuk Anda jadikan tempat untuk beberapa usaha yang cukup menjanjikan. Dimana lokasi dan usaha tersebut diantaranya adalah:

1. Tempat usaha di dekat sekolah

Tempat usaha yang cukup strategis pertama adalah tempat yang dekat dengan sekolah. Pasalnya, lokasi yang dekat dengan area sekolahan memungkinkan Anda untuk menjaring pembeli lebih banyak.

Namun demikian usaha yang Anda jalankan harus relevan dengan longkasi yang dimaksud. Adapun jenis usaha yang cocok untuk dijalankan di dekat sekolahan diantaranya seperti yang tersebut di bawah ini:

  • Usaha jasa fotocopy
  • Usaha jasa print out
  • Usaha jasa penjilidan
  • Usaha perlengkapan alat tulis
  • Usaha perlengkapan anak sekolah

2. Tempat usaha di dekat perkantoran

Tempat strategis lainnya untuk memulai usaha agar untung besar adalah lokasi yang dekat dengan area perkantoran. Tentunya area perkantoran ini banyak dipenuhi oleh orang-orang yang melakukan aktifitas pekerjaan sehari-hari.

Itu artinya, usaha yang Anda jalankan di area perkantoran memiliki target pasar yang jelas, yaitu para pekerja yang ada di area perkantoran. Agar usaha tersebut banyak diminati oleh target pasar Anda, maka sebaiknya usaha yang Anda jalankan adalah sebagai berikut:

  • Usaha warung es
  • Usaha warmindo
  • Usaha warung kelontong
  • Usaha angkringan
  • Usaha cemilan

3. Tempat usaha di dekat sekolah PAUD/TK

Untuk tempat usaha yang strategis ketiga adalah lokasi yang berdekatan dengan sekola PAUD/TK. Di lokasi ini target pasar Anda adalah anak-anak kecil yang notabene lebih banyak menghabiskan waktunya dengan bermain.

Oleh karena itu, di lokasi usaha yang cocok untuk Anda jalankan adalah sebagai berikut:

  • Usaha jualan mainan anak-anak
  • Usaha jualan perlengkapan praktek tugas sekolah

4. Tempat usaha di rumah sakit bersalin

Alasan seseorang memilih rumah sakit bersalin sebagai tempat untuk melahirkan salah satunya adalah karena fasilitas terpenuhi. Namun demikian, masih ada beberapa perlengkapan yang dibutuhkan oleh ibu melahirkan, yang kemungkinan tidak tersedia di rumah sakit tersebut.

Selain itu, keluarga yang mendapingi umumnya ikut bermalam di ruma sakit. Sehingga tentunya membutuhkan makanan atau minuman selama mendampingi pasien.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan perlengkapan pasca melahirkan serta kebutuhan lainnya. Ada baiknya jika Anda membangun satu dari beberapa usaha seperti di bawah ini:

5. Tempat usaha di dekat tempat gym

Tempat terakhir yang cukup strategis untuk Anda jadikan sebagai lokasi usaha adalah area sekitar tempat gym.

Tempat gym adalah tempat dimana orang-orang menghabiskan waktunya untuk melatih otot tubuh atau sekedar menjalankan budaya hidup sehat. Nah, rata-rata dari mereka biasanya membutuhkan asupan makanan atau minuman yang tinggi akan protein.

Oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Anda bisa mencoba memulai beberapa usaha seperti yang tersebut di bawah ini: 

  • Usaha jualan makanan/minuman tinggi protein
  • Usaha jualan makanan sehat
  • Usaha jualan cemilan sehat

Penutup

Dari beberapa pilihan tempat usaha yang strategis di atas. Anda bisa memilih satu dari beberapa tempat yang segmentasinya sesuai minat Anda dan usaha yang dijalankan sesuai dengan passion Anda. Karena, memulai usaha yang sesuai dengan passion itu kemungkinan berhasilnya lebih besar.

Selain itu, satu hal yang perlu Anda inget adalah usaha apapun yang Anda jalankan, sebaiknya dilakukan secara konsisten, pantang menyerah, dan teruslah belajar untuk menambah pengetahuan Anda tentang kewirausahaan

Demikianlah informasi seputar tempat dan jenis usaha yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua, khususnya untuk mereka yang saat ini sedang membutuhkan informasi tentang kewirausahaan. Jangan lupa bantu share artikel ini agar yang lain juga dapat merasakan manfaatnya. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Konveksi, Pemula Wajib Tahu!

Peluang Bisnis Minuman Kemasan Cup Yang Menguntungkan