in

Kelemahan Usaha Warung Kopi yang Wajib Diketahui

Kelemahan Usaha Warung Kopi

Kelemahan usaha warung kopi – Kopi merupakan salah satu minuman yang banyak diminati oleh semua kalangan di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Varietasnya yang beragam mampu menarik minat masyarakat untuk mengkonsumsi minuman tersebut baik dalam kondisi panas atau pun dingin.
Tingginya animo masyarakat dalam mengkonsumsi ekstrak biji kopi ini menjadi faktor pemicu banyaknya usaha warung kopi yang bermunculan di berbagai daerah di Indonesia.
Konsep usahanya pun beragam mulai dari yang sederhana sampai dengan konsep coffee shop modern dengan varian menu yang lebih lengkap.
Menjalankan usaha warung kopi di Indonesia berpotensi memberikan keuntungan yang lumayan besar. Pasalnya, peminat minuman kopi di Indonesia cukup signifikan sampai saat ini.
Dimana hal tersebut dibuktikan dengan adanya data dari Indonesian Coffee Cocoa Research Institute (ICCRI) yang menyebutkan rata-rata satu orang bisa mengkonsumsi kopi sampai dengan 2,3kg per tahunnya.
Namun dibalik potensi keuntungan yang besar. Terdapat pula beberapa kelemahan usaha warung kopi yang perlu sobat ketahui. Agar pada saat sobat tertarik menjalankan usaha yang satu ini, bisa melakukan antisipasi kemungkinan kerugian yang disebabkan oleh kelemahan dari usaha tersebut.

Kelemahan Usaha Warung Kopi

Memulai bisnis dengan berjualan kopi memang sangat menarik untuk dilakukan. Banyaknya peminat akan memberikan keuntungan yang lumayan besar bagi pelakunya. Namun, dibalik keuntungan tersebut ada beberapa kelemahan usaha warung kopi yang perlu diperhatikan agar tidak mengalami kerugian.
Setiap usaha tentunya memiliki resiko kelemahan yang dapat menghambat keberhasilan usaha itu sendiri. Begitu juga dengan bisnis warung kopi, hampir dari beberapa survey menyebutkan bahwa sebagian besar pembisnis warung kopi sudah merasakan beberapa kelemahan dari usaha mereka.
Dimana kelemahan-kelemahan yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Tingginya kompetitor

Semakin banyaknya pelaku usaha yang menjalankan bisnis warung kopi, sedikit banyak menambah tingginya persaingan untuk usaha yang satu ini.
Artinya, tingginya kompetitor cenderung memperkecil jumlah pelanggan yang datang. Dan tingginya kompetitor ini menjadi kelemahan pertama dari usaha warung kopi yang perlu sobat perhatikan.

2. Biaya operasional terlalu tinggi

Mungkin bagi sebagian pembisnis warung kopi tidak merasakan adanya biaya operasional yang tinggi, khususnya mereka yang memiliki lokasi jualan sendiri.
Namun beda hal jika sobat membuka warung di lokasi dengan sistem sewa, apalagi tempat tersebut cukup strategis. Tentu butuh biaya besar untuk menyewanya.

3. Ketergantung pada bahan baku

Tentunya setiap minuman kopi yang kita konsumsi memiliki cita rasa tersendiri, tergantung pada kualitas bahan baku itu sendiri. Jadi jika sobat memilih bahan baku rendah maka bisa dipastikan kualitas kopi yang sobat jual akan berkurang peminatnya dan sulit bersaing dengan warung kopi lainnya.

4. Harga bahan baku tidak stabil

Sedangkan harga bahan baku kopi di pasaran tidak pernah stabil, selalu mengalami fluktuasi yang cukup membingungkan bagi pelaku usaha.
Tidak stabilnya harga bahan baku kopi membawa dampak yang cukup signifikan bagi pelaku usaha dalam menentukan harga jual minuman kopi yang tepat.

5. Memiliki resiko tinggi

Sama halnya dengan bisnis yang lain, usaha warung kopi juga memiliki resiko yang cukup tinggi jika melihat dari beberapa kelemahan di atas. Selain itu, rentang juga terjadinya kebakaran yang dapat berakibat fatal baik bagi usaha atau pun bagi pemilik usaha itu sendiri.
Berangkat dari beberapa kelemahan yang tersebut di atas. Dalam upaya menjalankan usaha warung kopi, sobat harus bisa melakukan prefentif resiko-resiko yang di sebabkan oleh kelemahan usaha tersebut. Agar dalam proses perjalannya, sobat mendapatkan keuntungan yang besar tanpa ada hambatan sedikitpun.
Nah agar sobat tidak kesulitan dalam memulai usaha jualan kopi ini. Berikut kita berikan juga tips atau cara menjalankan usaha kedai kopi yang dapat memberikan keuntungan besar seperti di bawah ini.

Cara Memulai Usaha Warung Kopi

Memiliki usaha kuliner khususnya di sektor minuman tentu akan memberikan keuntungan yang lumayan besar. Pasalnya, bahan baku lain yang digunakan untuk membuat minuman adalah air yang notabene bisa diperoleh secara gratis.
Namun demikian, untuk mendapatkan keuntungan yang besar tentunya pelaku usaha harus memperhatikan beberapa hal seperti perencanaan secara cermat agar hasil yang diperoleh bisa maksimal.
Untuk itu, berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan oleh sobat yang ingin memiliki usaha warung kopi dengan keuntungan yang besar:

1. Buat perencanaan bisnis

Membuat perencanaan bisnis di awal akan memudahkan langkah sobat dalam membangun usaha yang sobat inginkan.
Mengingat perencanaan yang matang dapat membantu sobat dalam menentukan segmentasi pasar, mengidentifikasi kekuatan kompetitor, serta mudah membangun strategi pemasaran dan keuangan sobat semua.

2. Pilih lokasi yang strategis

Pemilihan lokasi yang tepat dan strategis tentunya dapat menjadi metode promosi yang cukup efisien. Carilah lokasi yang memiliki akses yang mudah dan terlihat oleh banyak orang. Selain itu, usahakan pula lokasi tersebut dapat menampung pelanggan dalam jumlah yang banyak.

3. Lengkapi peralatan yang dibutuhkan

Demi kelancaran suatu usaha kedai kopi, tentunya peralatan operasional harus lengkap. Dimana peralatan yang wajib ada di kedai kopi tersebut diantaranya seperti kompor, teko air, gelas, mesin kopi dan beberapa peralatan lainnya yang dibutuhkan.

4. Lakukan promosi offline dan online

Promosi merupakan metode paling ampuh dalam mendatangkan pelanggan ke kedai kopi sobat. Adapun metode promosi yang bisa sobat lakukan ada dua cara, yaitu dengan cara offline dan online.
Metode promosi online umumnya memanfaatkan media sosial sebagai wadah pemasaran. Sedangkan metode offline lebih banyak memanfaatkan partisipasi masyarakat lewat informasi mulut ke mulut, dan banner.
 

5. Berikan layanan ekstra

Cara yang terakhir yang bisa sobat terapkan di toko kopi sobat adalah dengan memberikan layanan ekstra kepada semua pelanggan. Misalnya, suasanan ngopi yang nyaman, pelayanan ramah, wifi, makanan ringan, dan memberikan kualitas kopi yang bagus.
Dengan menerapkan beberapa cara di atas dalam memulai dan membangun usaha kedai kopi. Memungkin sobat untuk meraup keuntungan yang lumayan besar dan terbebas dari kemungkinan terburuk untuk usaha sobat semuanya.

Penutup

Itulah sedikit ringkasan informasi tentang kelemahan usaha warung kopi berikut cara memulainya. Cara memulai di atas diyakini dapat dijadikan sebagai langkah prefentif untuk mencegaj kemungkinan kerugian yang timbul akibat dari kelemahan usaha itu sendiri.
Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat serta membantu sobat semua dalam membangun usaha kedai kopi yang sobat idam-idamkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kelebihan dan Kekurangan Baja Ringan Untuk Atap Rumah

Cara Memulai Bisnis Baju Modal 1 Juta Dengan Keuntungan Yang Besar