in

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Konveksi, Pemula Wajib Tahu!

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Konveksi

Kelebihan dan kekurangan usaha konveksi – Setiap bidang usaha tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Demikian pula dengan usaha konveksi yang juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus Anda ketahui sebelum memulainya.

Usaha konveksi memang merupakan satu dari sekian peluang usaha yang cukup menjanjikan. Karena produk yang dihasilkannya merupakan salah satu kebutuhan primer yang harus terpenuhi. Sehingga tidak sedikit dari pelaku usaha yang mulai tertarik untuk menjalankan usaha yang satu ini.

Adapun produk yang dihasilkan dari usaha konveksi ini cukup beragam. Ada produk kaos, baju, seragam, jilbab, dan beberapa produk lainnya yang juga dibutuhkan oleh masyarakat.

Dan bagi Anda yang ingin menjalankan usaha konveksi baik itu kaos, baju, jilbab dan lain-lain. Sebaiknya terlebih dahulu yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari usaha tersebut, agar Anda lebih mudah untuk menjalankan usaha konveksi tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Konveksi

Seperti yang kami sampaikan di atas bahwa setiap sektor usaha tentunya memiliki keuntungan dan resikonya masing-masing, termasuk juga dengan usaha konveksi. Dimana kelebihan dan kekurangan usaha konveksi bisa menjadi keuntungan dan resiko yang akan dihadapi oleh pelaku usaha tersebut.

Untuk itu, dengan tujuan membantu pelaku usaha konveksi untuk dapat mengelola keuntungan serta meminimalisir resiko yang dimaksud. Kami akan membagikan informasi terkait apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari usaha tersebut.

Adapun kelebihan dan kekurangan yang wajib Anda ketahui adalah sebagai berikut:

Kelebihan Usaha Konveksi

Pada dasarnya terdapat banyak sekali kelebihan dari usaha konveksi ini. Dimana kelebihan-kelebihan tersebut bisa menjadi keuntungan yang cukup besar jika dikelola dengan benar. Makanya tidak heran jika usaha yang satu ini masih tetap eksis sampai sekarang. Nah berikut ini kelebihan dari usaha konveksi:

1. Modal lebih sedikit

Bicara tentang usaha tentunya ada modal yang harus dipersiapkan untuk menjalankan usaha tersebut. Demikian pula dengan usaha konveksi yang harus dipersiapkan terlebih dahulu adalah modal.

Namun Anda tidak perlu hawatir tentang berapa modal yang dibutuhkan usaha konveksi ini. Karena pasalnya modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, yaitu berkisar diantara 5 juta sampai 20 juta tergantung jenis konveksi apa yang ingin Anda jalankan.

2. Pangsa pasar yang luas

Kelebihan yang kedua dari usaha konveksi adalah memiliki pangsa pasar yang luas. Pasalnya produk dari usaha konveksi merupakan kebutuhan primer yang dibutuhkan oleh masyarakat banyak.

Dengan demikian bagi Anda yang masih pemula dalam usaha konveksi tidak perlu bingung kemana Anda harus memasarkan produk dari konveksi Anda. Karena jangkauan pasar dari usaha ini sudah cukup luas sehingga memudahkan Anda untuk melakukan market share.

3. Keuntungan yang besar

Kelebihan ketiga dari usaha konveksi adalah berpotensi memberikan keuntungan yang besar. Dimana hal tersebut tidak terlepas dari luasnya jangkauan pasar usaha itu sendiri.

Selain itu, permintaan pasar akan produk konveksi sampai dengan saat ini masih terbilang tinggi sehingga memungkinkan bagi Anda untuk menambah jumlah produk dan mendapatkan hasil yang lebih besar lagi.

4. Biaya operasional relatif murah

Selain beberapa kelebihan yang tersebut di atas. Ada pula kelebihannya lain dari usaha konveksi, yaitu biaya operasional yang cenderung murah. Umumnya, biaya operasional yang harus dikeluarkan dari usaha ini berkisar diantara biaya listrik, transportasi, dan gaji karyawan.

5. Omset yang besar

Informasi yang kami peroleh dari beberapa pelaku usaha konveksi menyebutkan bahwa omset yang bisa mereka dapatkan dari usaha konveksi lumayan besar.

Anda pun juga bisa mendapatkan omset yang serupa dari usaha konveksi yang akan Anda jalani selama tekun dalam menjalan usaha tersebut.

Selain beberapa keuntungan sebagaimana yang tersebut di atas. Perlu diketahui pula bahwa usaha konveksi juga memiliki kekurangan yang dapat memnjadi resiko dari usaha itu sendiri. Dimana beberapa kekurangan tersebut diantara seperti yang tersebut di bawah ini.

Kekurangan Usaha Konveksi

Memang tidak bisa dipungkiri bahwasanya dibalik kelebihan yang terdapat pada usaha konveksi, terdapat pula kekurangan yang notabene dapat menjadi resiko ancaman kerugian dari usaha tersebut.

Oleh karenanya penting bagi pemula untuk memahami apa saja kekurangan yang terdapat pada usaha konveksi. Agar dapat meminimalisir kemungkinan resiko usaha konveksi di kemudian hari.

Berikut ini beberapa kekurangan usaha konveksi yang harus diketahui oleh pelaku usaha pemula:

1. Kompetitor

Seperti yang kami sampaikan di atas bahwa usaha konveksi merupakan usaha yang tidak matinya dan menjanjikan keuntungan yang lumayan besar. Makanya tidak heran jika banyak pelaku usaha konveksi yang bermunculan.

Kemunculan pelaku usaha konveksi tentunya akan menjadi kompetitor Anda dalam bidang usaha tersebut. Sehingga memungkinkan terjadinya persaingan pasar yang semakin ketat.

Maka dari itu, penting bagi pemula untuk melakukan analisa pasar dan produk guna menghadapi persaingan yang ketat dikemudian hari.

2. Kenaikan harga bahan baku

Kekurangan lainnya dari usaha konveksi yang harus diperhatikan oleh pemula adalah kemungkinan naiknya harga bahan baku seperti kain, benang, dan bahan lainnya.

Kenaikan harga bahan baku tersebut tentunya juga akan berdampak pada kenaikan harga produk konveksi Anda. Masalahnya, kenaikan harga produk konveksi tersebut seimbang dengan daya beli masyarakat atau tidak? Jika tidak maka yang perlu Anda lakukan adalah mencari supplier bahan baku lainnya yang lebih kompetitif.

3. Minimnya ketersediaan sumber daya manusia

Seperti yang kita ketahui bahwa kepercayaan konsumen menjadi fokus utama dari usaha konveksi ini. Oleh karena itu, mempertahankan kualitas produk dengan jahitan yang rapi tentu akan menjaga kepercayaan konsumen.

Namun sayangnya, jumlah sumber daya manusia dengan keahlian menjahit yang bagus masih terbilang sedikit. Sehingga hal ini juga menjadi kekurangan yang harus dihadapi oleh semua pelaku usaha konveksi saat ini.

4. Perubahan tren fashion

Seperti yang kita ketahui pula bahwa trens fashion setiap tahunnya mengalami perubahan menyesuaikan jamannya. Setiap decade selalu menampilkan tren fashion yang unik dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Nah perubahan tren ini juga menjadi salah satu kekurangan dari usaha konveksi karena pelaku usaha tersebut dituntut untuk berinovasi dan kreatif sebagai bentuk tindakan solutif dalam menghadapi perubahan tren tersebut.

5. Kelangkaan bahan baku

Kekurangan terakhir yang sering dirasakan oleh peku usaha konveksi adalah kelangkaan bahan baku. Dimana kelangkaan bahan baku tersebut juga pernah dirasakan oleh sejumlah pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di kota Bandung.

Salah satu pelaku IKM sektor konveksi yang berlokasi di Bandung sempat merasakan adanya kelangkaan jenis bahan baku yang dibutuhkan untuk produksi seperti kain spandex, aty way, ity crepe, cerutty babydol, lady zara, dan sakila twill.

Oleh karena itu, bagi Anda yang masih terbilang pemula dalam menjalani usaha di sektor konveksi. Ada baiknya Anda mencari 2 sampai 3 supplier kain yang bisa dan siap mengirimkan bahan baku untuk usaha konveksi Anda. Agar produksinya terus berjalan tanpa mengalami hambatan.

Penutup

Dari penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan usaha konveksi seperti yang tersebut di atas. Bisa kita simpulkan bahwa usaha konveksi merupakan usaha yang bisa dijalankan dengan modal yang minim. Selain itu usaha ini juga bisa dijalankan dimana saja, termasuk di rumah.

Namun demikian, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan oleh pelaku usaha konveksi, agar terhindar dari beberapa resiko yang bisa muncul akibat dari kelemahan yang ada pada usaha konveksi itu sendiri, sebagaimana yang sudah kami sebutkan di atas.

Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat serta pemahaman bagi kita semua, khususnya bagi pemula yang saat ini ingin menjalankan usaha konveksi. Jangan lupa bantu share artikel ini agar orang lain juga merasakan manfaatnya. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Belajar Artificial Intelligence Untuk Pemula Terbaik Disini!

Kenali Tempat Usaha Yang Strategis Berikut Jenis Usahanya