in

Kata-kata Mohon Pamit Dan Terima Kasih Yang Sopan

Mohon Pamit Dan Terima Kasih

Indonesia merupakan salah satu negara yang sampai dengan saat ini masih menjujung tinggi sikap kesopan santunan. Hal tersebut tidak terlepas dari kesadaran masyarakat akan pentingnya sikap sopan santun dalam kehidupan bersosial masyarakat. Maka tidak heran jika orang Indonesia selalu mengucapkan kata mohon pamit dan terima kasih dengan cara yang sopan disetiap situasi dan kondisi apapun.

Pada dasarnya, sikap sopan santun merupakan salah satu indikator penting bagi seseorang untuk dapat dihargai dan disenangi dimana pun ia berada. Oleh karena itu, menjaga kesopanan dalam hidup bersosial perlu diterapkan, guna membuat hubungan semakin harmonis antar sesama.

Salah satu bentuk kesopanan yang sering kali ditunjukkan oleh masyarakat Indonesia adalah kata-kata mohon maaf dan terima kasih dalam setiap moment apapun. Nah ini menarik sekali untuk diulas, guna mempertahankan kultur budaya kesopanan yang ada di Indonesia.

Mohon Pamit dan Terima Kasih

Dilansir dari kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) tentang mohon pamit dan terima kasih adalah kata mohon pamit merupakan kata kerja yang berarti permisi akan pergi. Sedangkan kata terima kasih adalah ucapan rasa syukur sebagai bentuk balas budi akan kebaikan yang diterima.

Umumnya, seseorang akan mengucapkan kata pamit saat hendak pergi atau berpisah, baik itu dengan saudara, kekasih, teman, dan rekan kerja pada saat resign kerja. Dan akan mengucapkan terima kasih atas kebaikan yang mereka terima.

Berikut ini contoh beberapa kata mohon pamit dan terima kasih yang umum diucapkan oleh masyarakat Indonesia pada saat pergi atau pun mendapatkan sesuatu yang menyenangkan.

1. Kata-kata Mohon Pamit

1.1. Mohon pamit dari group WA kantor

Kata-kata mohon pamit pertama yang sering kita temui di era digitalisasi seperit sekarang ini adalah mohon pamit dari group WA. WA atau Whatsapp merupakan produk digital yang digunakan oleh banyak orang untuk melakukan komunikasi jarak jauh.

Di WA sendiri ada fitur yang digunakan untuk membuat room atau group yang kita kenal dengan group WA. Nah kebiasaan orang Indonesia jika ingin keluar dari group tersebut, mereka biasa mengucapkan mohon pamit sebelum mereka keluar, seperti contoh mohon pamit dari group WA kantor seperti di bawah ini:

“Sebelumnya saya sampaikan terima kasih telah memberikan kesempatan kepada saya untuk bergabung ke dalam group WA ini sehingga bisa bersinergi dengan rekan-rekan semua yang ada di group ini. Namun, mengingat hari ini adalah hari terakhir saya bekerja. Maka ijinkan saya menyampaikan mohon pamit kepada rekan-rekan semua, khususnya kepada Bapak Pimpinan yang selama ini telah banyak mengajarkan saya tentang banyak ilmu”

1.2. Mohon pamit yang berkesan

Tidak sedikit dari kita tentu menginginkan sebuah perpisahan yang memiliki kesan yang mendalam. Apalagi keharmonisan hubungan sosial antar sesama sudah terjalin dari lama. Tentu mohon pamit yang kita ucapkan akan berkesan baik untuk kita atau pun orang lain, seperti contoh di bawah ini:

“Manusia hanya bisa berusaha, untuk akhir Tuhan yang menentukan. Sekuat apapun kita mempertahankan keharmonisan hubungan sosial ini. Tentu yang datang akan pergi juga jika sudah tiba waktunya. Oleh karena itu, saya ingin menyampaikan mohon pamit kepada rekan-rekan semua. Semoga dikemudian hari kita bisa bersua dan bersinergi kembali seperti waktu-waktu sebelumnya”

1.3. Mohon pamit yang singkat

Meskipun sebagian dari kita senang melakukan pengunduran diri yang berkesan. Namun ada sebagian lain yang lebih senang mengucapkan salam perpisahan dengan kata-kata mohon pamit yang singkat seperti contoh di bawah ini:

“Teman baik begitu sulit untuk ditemukan, gampang terpisahkan oleh takdir, namun mustahil untuk dilupakan. Semoga kita bisa bertemu lagi dengan rasa yang sama di waktu yang berbeda”

1.4. Mohon pamit saat perpisahan sekolah

Hubungan pertemanan dan ikatan emosional yang kuat pada saat di bangku sekolah tentu membuat kita akan sulit untuk mengucapkan kata-kata pisah. Namun tidak perlu hawatir, berikut ini beberapa contoh mohon pamit saat perpisahan sekolah yang bisa digunakan:

“Dalam perjalanan waktu yang kita lalui. Dimana setiap detik penuh makna, setiap menit terukir canda tawa. Namun saat ini kita dipisahkan juga oleh waktu. Semoga persahabatan yang telah terukir lama tetap selalu terjaga tanpa batasan waktu”

“Tidak semua orang memiliki kenangan yang indah di masa SMA, namun semua orang akan mendapatkan pengalaman berharga di masa itu. Perpisahan ini mungkin akhir dari sebuah cerita, tapi awal dari terbentuknya sebuah kenangan”

1.5. Mohon pamit mengundurkan diri dari tempat kerja

Moment perpisahan bisa dibilang moment yang kurang menyenangkan. Karena kita harus terpisah dengan orang yang kita sayangi, terlebih dengan rekan kerja yang sudah banyak membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan. Berikut ini contoh permohonan pamit saat mengundurkan diri dari tempat kerja.

“Seiring dengan berakhirnya masa kerja saya di PT (sebutkan nama perusahaan). Maka dengan ini perkenan saya mengucapkan mohon pamit kepada rekan-rekan semua, khususnya Bapak pimpinan yang telah berkenan mengajarkan saya tentang banyak hal. Semoga selepas saya pergi, perusahaan ini bisa tambah lebih berjaya lagi dari sebelumnya”

2. Kata-kata Terima kasih

2.1. Ucapan terima kasih penuh makna

– “Dari rumitnya permasalahan yang saya hadapi, hanya Anda yang bersedia menemani sampai semuanya selesai. Terima kasih atas kebaikan Anda selama ini”

– “Anda tidak pernah gagal membuat saya bahagia, terima kasih atas bantuan Anda selama ini”

– “Terima kasih telah menjadi istri sekaligus teman hidup yang selalu ada dalam situasi dan kondisi apapun”

– “Terima kasih telah menjadi motivator hidup saya sampai dengan saat ini”

– “Anda adalah sahabat yang selalu ada dengan penuh cinta, kebaikan, support sehingga saya mampu bertahan hingga saat ini”

– “Terima kasih bapak dan ibu yang telah membesarkan dan mendidik kami hingga kami tumbuh dewasa seperti sekarang ini. Jasa kalian tak bisa tergantikan oleh intan dan berlian semahal apapun”

2.2. Ucapan terima kasih menyentuh hati

– “Teruntuk istriku tercinta. Terima kasih telah menemaniku sampai detik ini. Ketidak stabilan amarahku tak mampu menyurutkan niatmu untuk terus menemaniku menjalani bahtera hidup ini”

– “Teman, terima kasih telah menjadi pelindung sampai dengan saat ini. Bahkan kejelekanku taka da artinya dihadapanmu”

– “Keberhasilan yang saya rasakan saat ini tidak terlepas dari dukungan dan kesabaran orang tua. Berkat beliau-beliau saya mampu berdiri tegak sampai dengan saat ini”

– “Salam hormat untuk guruku. Berkat jasa dan keikhlasan bapak dan ibu dalam mendidik kami, telah mampu membawa kami ke gerbang kesuksesan saat ini. Terima kasih atas jasa-jasa kalian selama ini”

– “Terima kasih saya sampaikan buat rekan-rekan semua. Berkat dedikasi kalian, perusahaan semakin berkembang dari waktu ke waktu”

– “Terima kasih telah memberikan janji walau akhirnya tak terpenuhi”

2.3. Ucapan terima kasih islami

– “Terima kasih atas kebaikan Anda selama ini. Semoga Allah melimpahkan balasan kebaikan buat anda dan keluarga”

– “Mungkin kata-kata tak akan mampu mengungkapkan rasa syukur saya atas bantuan yang Anda berikan untuk saya. Jazakallahu khoiron atas semua kebaikan Anda selama ini”

– “Saya sungguh sangat bersyukur dipertemukan dengan orang baik seperti Anda. Terima kasih banyak teman. Semoga Allah melimpahkan rahmatnya untuk Anda dan keluarga”

– “Anda adalah sosok yang murah hati. Terima kasih atas semua bantuan yang Anda berikan”

– “Saya sangat menghargai dukungan yang Anda berikan. Saya yakin Allah menyayangi orang seperti Anda. Terima kasih banyak”

2.4. Ucapan terima kasih kepada teman / sahabat

– “Terima kasih atas kepercayaan yang Anda berikan kepada saya untuk menjadi teman dan sahabat Anda sampai detik ini”

– “Anda merupakan sosok sahabat terbaik yang pernah saya kenal. Terima kasih sudah mau manjadi sahabat terbaik tanpa melihat keburukan yang ada pada diri saya”

– “Saran dan masukan kebaikan yang terus Anda berikan kepada saya telah menyelamatkan saya dari hal buruk di luar sana. Terima kasih teman atas nasehatnya”

– “Mungkin kita sering berbeda pendapat. Namun hal itu tidak menyurutkan niat Anda untuk merangkul saya sebagai sahabat Anda. Terima kasih banyak atas kesabarannya selama ini”

– “Lamanya waktu yang kita lalui penuh canda tawa, mengantarkan sampai hari ini di mana dirimu akan memiliki tanggung jawab baru. Terima kasih karena selalu menjadi sosok yang selalu ada”

– “Anda adalah sosok sahabat yang setia melewati badai bersama saya. Bukan hanya berdiri di belakang saya, tapi Anda merangkul dan meyakinkan saya bahwa kita bisa melewati ini semua. Terima kasih banyak sahabat atas supportnya selama ini”

2.5. Ucapan terima kasih kepada orang tua

– “Saya sungguh sangat bahagia telah dilahirkan dan dibesarkan oleh orang tua yang penyabar dan baik hati. Tidak ada yang bisa menggantikan posisi bapak dan ibu di hati saya. Terima kasih banyak bapak dan ibu”

– “Kesuksesan yang saya raih saat ini tidak akan ada artinya tanpa support dan do’a dari kedua orang tua saya. Terima kasih banyak atas kasih sayang yang kalian berikan kepada saya”

– “Terima kasih Bapak dan Ibu karena selalu terlihat tangguh di depan anak-anakmu. Kalian tak pernah memperlihatkan betapa besar kesulitan yang kalian rasakan selama membesarkan kami”

– “Terima kasih atas do’a yang setiap waktu mengiringi langkah kami hingga sampai pada pencapaian kesuksesan seperti sekarang ini”

– “Kedua orang tua saya merupakan anugerah terindah dalam hidup saya. Tiada pengorbanan yang seikhlas mereka”

– “9 bulan menahan rasa sakit saat mengadungku, tak pernah engkau ungkit di hadapanku. Terima kasih banyak Ibu, meski tak kan mampu bagi diriku untuk membalas kebaikanmu. Tapi aku akan berusaha untuk membuatmu bahagia”

Penutup

Itulah informasi tentang kata-kata mohon pamit dan terima kasih yang umum diucapkan oleh masyarakat Indonesia yang notabene masih kental budaya kesopanan dalam hidup bersosial.

Anda pun juga bisa menggunakan beberapa contoh di atas untuk keperluan mengundurkan diri dan berterima kasih atas suatu kebaikan yang Anda dapatkan dari orang lain. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat. Jangan lupa bantu share artikel ini agar orang juga merasakan manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ketahui Cara Menjadi Karyawan Yang Baik Di Tempat Kerja

Usaha Gorengan Kekinian Yang Menguntungkan