in

Hal Penting Dalam Membuat CV Yang Perlu Diperhatikan

Hal Penting Dalam Membuat CV

Hal penting dalam membuat CV – Curriculum vitae atau daftar riwayat hidup atau yang biasa juga disebut dengan CV merupakan satu dari sekian berkas yang harus dilengkapi pada saat melamar pekerjaan.

CV merupakan dokumen yang digunakan sebagai representasi tentang diri pelamar. Mengingat CV memuat semua informasi tentang data diri seperti identitas diri, pendidikan, personalitas, keterampilan, pengalaman kerja, dan data lainnya tentang diri pelamar yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Banyak metode yang digunakan dalam membuat CV, dimana diantaranya seperti metode tulis tangan dan metode ketik. Salah satu dari kedua metode tersebut bisa Anda gunakan dalam membuat CV pada saat ingin melamar pekerjaan yang Anda inginkan.

Namun metode apapun yang Anda gunakan, ada hal penting dalam membuat CV yang harus Anda perhatikan. Dimana beberapa hal tersebut akan kita bahas selengkapnya pada artikel kali ini.

Hal Penting Dalam Membuat CV

Dalam membuat CV yang baik dan benar Anda disarankan untuk memperhatikan beberapa hal penting dalam membuat CV. Dimana tujuannya adalah agar CV yang Anda buat dapat menarik minat HRD dan memberikan kesempatan kepada Anda untuk lanjut ke tahap berikutnya. Adapun hal penting yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pemilihan template

Pemilihan template merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan pada saat membuat CV. Pasalnya, template yang digunakan bisa menjadi salah satu daya tarik bagi HRD untuk melihat dan membaca data diri Anda.

Oleh karena itu, pemilihan template yang sederhana namun detail sangat dirasankan pada saat membuat CV. Karena template yang sederhana namun detail lebih terlihat professional dibandingkan dengan template yang warna warni.

Untuk mendapatkan template sederhana namun menarik, Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi membuat CV seperti canva dan aplikasi lainnya.

2. Penulisan data diri yang lengkap

Hal penting kedua yang perlu diperhatikan pada saat membuat CV adalah penulisan data diri. Usahakan pada saat menuliskan data diri, jangan sampai ada informasi yang terlewati. Karena hal tersebut dapat mengurangi informasi yang dibutuhkan oleh HRD.

Adapun data diri yang perlu Anda tuliskan di CV adalah data diri sesuai dengan KTP, seperti diantaranya nama lengkap, alamat, tempat tanggal lahir, status menikah/tidak, pendidikan, dan lain sebagainya.

Dan jangan lupa juga untuk mencantumkan alamat email, nomer telephone yang bisa dihubungi, dan informasi sosial media seperti LinkedIn, Facebook, dan beberapa sosial media lainnya.

3. Pengalaman dan pencapaian kerja

Pengalaman dan pencapaian kerja juga perlu Anda cantumkan pada saat membuat CV. Mengingat pengalaman dan pencapaian kerja juga menjadi salah satu hal penting dalam membuat CV yang perlu diperhatikan.

Misalnya, Anda memiliki pengalaman kerja sebagai Supervisor Produksi. Selama masa jabatan Anda sebagai Supervisor Produksi, Anda telah membantu karyawan dalam hal pengembangan skill sehingga dapat mencapai target produksi yang telah ditentukan.

4. Penggunaan bahasa

Selain dari beberapa hal penting di atas. Yang perlu Anda perhatikan juga dalam membuat CV adalah penggunaan bahasa. Penggunaan bahasa yang baik akan menjadi nilai plus buat Anda, karena HRD akan lebih mudah memahami isi dari CV yang Anda buat.

Lebih menariknya lagi jika CV yang Anda buat menggunakan bahasa asing. Pasalnya, CV dengan menggunakan bahasa Inggris akan lebih menarik perhatian HRD. Mengingat sebagian perusahaan juga mencantumkan kemampuan bahasa asing ke dalam kualifikasi lowongan.

5. Informasi soft skill

Hal penting yang terakhir dalam membuat CV adalah informasi soft skill. Disarankan pada saat membuat CV untuk mencantumkan informasi soft skill yang Anda miliki. Seperti misalnya kemampuan berfikir kreatif, kemampuan negosiasi, kemampuan komunikasi persuasif, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya kemampuan soft skill juga menjadi nilai tambah selain hard skill yang Anda miliki. Karena diketahui bahwa soft skill yang Anda miliki dapat meperlihatkan kemampuan Anda dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menuliskan soft skill pada saat membuat CV.

Hal Yang Tidak Perlu Dicantumkan Dalam CV

Dari beberapa hal penting dalam membuat cv seperti yang tersebut di atas. Terdapat pula beberapa hal yang tidak perlu dicantumkan pada saat membuat CV yang perlu Anda ketahui. Dimana diantaranya seperti:

1. Nilai IPK

Dilansir dari the balance careers disebutkan bahwa mencantumkan nilai IPK di CV tidak perlu untuk dilakukan. Walaupun nilai tersebut dapat membantu Anda untuk bisa lanjut ke tahapan seleksi karyawan berikutnya.

2. Menuliskan riwayat pendidikan

Kebanyakan CV yang dibuat oleh sebagian pelamar ada yang mencantumkan riwayat pendidikan mulai dari SD sampai dengan tingkat sarjana. Padahal penulisan riwayat pendidikan yang demikian ini tidak perlu untuk dilakukan. Karena mencantumkan pendidikan formal terakhir  sudah cukup memberikan informasi ke pada HRD tentang background pendidikan Anda.

3. Hindari penulisan pengalaman kerja yang tidak relevan

Penulisan CV yang detail memang merupakan hal penting dalam membuat CV yang perlu Anda lakukan. Namun bukan berarti bebas mencantumkan semua pengalaman kerja yang Anda miliki. Cukup cantumkan saja pengalaman kerja yang relevan dengan posisi pekerjaan yang akan Anda lamar.

Mencantumkan beberapa pengalaman yang tidak sesuai dengan posisi yang dilamar hanya akan membuat CV Anda terlihat kurang baik, sehingga kurang menarik minat HRD karena tidak memberikan informasi yang dibutuhkan. 

4. Hindari penggunaan CV yang sama

Pada saat Anda ingin melamar pekerjaan ke beberapa perusahaan. Sebaiknya hindari penggunaan CV yang sama. Alasan kenapa perlu membuat CV yang berbeda adalah untuk menghindari kesalahan penulisan nama perusahaan dan alamat perusahaan yang akan Anda lamar.

Disadari atau tidak, mungkin Anda pernah membuat CV untuk melamar pekerjaan ke beberapa perusahaan yang berbeda. Namun penulisan nama perusahaan pada CV yang Anda buat sama. Nah yang demikian dapat membuat Anda terlihat tidak professional sehingga kemungkinan untuk lenjut ke tahap berikut akan sangat kecil.

5. Menuliskan minat dan hobi yang berlebihan

Minat dan hobi memang dipercaya dapat memberikan sedikit gambaran tentang seperti apa personalitas diri Anda. Namun, menuliskan banyak minat dan hobi ke dalam CV tidak perlu Anda lakukan karena. Apalagi minat dan hobi yang Anda tulis tidak menambah kualifikasi Anda terhadap pekerjaan yang Anda lamar.

Penutup

Dalam membuat CV yang baik dan benar, Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting dalam membuat CV seperti yang tersebut di atas. Agar CV yang Anda buat dan Anda kirimkan terlihat professional dan menarik minat HRD sehingga akan mudah buat Anda untuk lanjut ke tahap berikutnya.

Selain beberapa hal penting di atas yang perlu Anda perhatikan. Terdapat pula beberapa hal yang seharusnya tidak perlu Anda cantumka ke dalam CV. Apalagi beberapa hal tersebut tidak menambah nilai kualifikasi Anda.

Semoga informasi di atas dapat membantu Anda dalam membuat CV yang baik dan benar sehingga dapat menarik minat HRD untuk memberikan kesempatan kepada Anda untuk lanjut ke tahap seleksi berikutnya. Jika informasi ini bermanfaat menurut Anda, silahkan share artikel ini agar orang lain juga merasakan manfaatnya. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 Cara Menyampaikan Pengunduran diri Secara Lisan Yang Baik Dan Benar

Cara Memulai Usaha Konveksi Kaos Agar Untung Besar Bagi Pemula