in

Cara Resign Lewat WA Ini Penting Untuk Anda Ketahui

Cara Resign Lewat WA

Cara Resign Lewat WA– Resign kerja atau dikenal juga dengan pengunduran diri dari pekerjaan merupakan salah satu tindakan formal yang banyak dilakukan oleh seseorang yang berstatus karyawan dengan tujuan berhenti dari aktivitas pekerjaan di tempat ia bekerja.

Ada dua cara yang umum dilakukan dalam pengajuan resign kerja ini, dimana diantaranya seperti penyampaian resign tertulis secara langsung dan ada pula penyampaian resign sementara melalui wa dengan menyertakan beberapa alasan tertentu.

Alasan kenapa seseorang mengajukan berhenti bekerja lewat wa adalah karena adanya halangan terntentu yang menyebabkan mereka belum bisa menghadap atasan secara langsung pada saat itu.

Namun tahukah Anda bagaimana cara resign lewat wa yang baik dan benar agar pengajuan pengunduran diri Anda dapat diterima oleh atasan?. Cara tersebut selengkapnya akan kita bahas di bawah ini.

Cara Resign Lewat WA

Bagi karyawan yang tidak bisa secara langsung menyampaikan maksud dan tujuannya berhenti bekerja, bisa sementara waktu menyampaikan hal tersebut lewat wa. Namun sebelum itu, harus terlebih dahulu mengetahui cara resign lewat wa yang baik dan benar agar tidak dicap buruk oleh perusahaan.

Berikut ini cara-cara yang perlu Anda lakukan pada saat mengajukan berhenti bekerja lewat wa agar tidak dicap buruk oleh atasan dan perusahaan:

1. Memulai dengan kata sapaan yang baik dan sopan

Langkah awal dalam mengajukan resign lewat wa adalah dengan memulai percakapan dengan kata sapaan yang baik dan sopan. Hal itu bertujuan untuk menciptakan keharmonisan dalam berkomunikasi dan orang yang diajak komunikasi cenderung merasa dihargai.

Jadi jika Anda ingin pengajuan resign Anda mendapatkan respon positif dari atasan Anda, maka sebaiknya gunakan kata sapaan yang baik dan sopan pada saat ingin mengajukan resign.

2. Sebutkan alasan yang menjadi sebab resign

Setelah Anda menuliskan kata sapaan yang baik dan sopan. Maka selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menyebutkan alasan yang menjadi sebab Anda resign.

Alasan yang umum digunakan oleh karyawan pada saat mengajukan resign kerja adalah karena keperluan keluarga, kesehatan, dan lingkungan kerja yang mulai tidak nyaman. Jadi Anda bisa juga menggunakan alasan-alasan umum tersebut pada saat resign.

3. Sampaikan kapan surat resign tertulis akan diserahkan

Mengingat pengajuan resign melalui wa ini hanya bersifat informasi. Maka untuk mematuhi ketentuan dari perunda-undangan, hal yang perlu Anda sampaikan juga adalah kapan surat pengunduran diri secara tertulis akan Anda serahkan langsung ke atasan.

4. Sampaikan kata terima kasih

Cara terakhir ini hampir sama dengan kata sapaan untuk mengawali percakapan sebagaimana yang tersebut di atas. Kata terima kasih sebagai penutup pada saat mengajukan resign lewat wa juga harus Anda sampaikan.

Kata terima kasih yang Anda sampaikan dapat membuat kesan positif antara Anda dan perusahaan. Mengingat kata terima kasih ini merupakan bentuk penghargaan atas bantuan dan kesempatan yang telah diberikan perusahaan kepada Anda selama bekerja.

Apakah Boleh Resign Lewat WA?

Sebenarnya pengajuan pengunduran diri dari tempat kerja harus mengikuti ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengetahui apakah cara resign lewat wa ini dibolehkan atau tidak secara aturan.

Secara perundang-undangan, resign hanya boleh dilakukan dengan syarat:

1. Pengajuan resign dilakukan secara tetulis paling lambat 30 hari sebelum hari pengunduran diri.

2. Tidak dalam kondisi mengalami keterikatan dinas, dan

3. Menjalankan kewajibannya sampai batas akhir waktu pengunduarn diri.

Namun demikian, ada pengecualian dari ketentuan yang tersebut di atas jika karyawan yang mengajukan resign dalam kondisi tertentu seperti:

1. Perusahaan tidak membayar upah selama 3 bulan

2. Perusahaan tidak melakukan kewajiban sebagaimana yang telah diperjanjikan

3. Pekerjaan yang diberikan berpotensi berbahaya

4. Kondisi lingkungan kerja yang sudah tidak nyaman

5. Kondisi mental terganggu akibat dari stress bekerja

6. Terdapat masalah eksternal (keluarga) yang harus segera diselesaikan

7. Dalam kondisi sakit

Jadi dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa resign lewat wa pada dasarnya boleh dilakukan dan mendapatkan pengecualian dari ketentuan pasal 36 huruf i pada PP No. 35 Tahun 2021, dengan syarat kondisi yang dialami oleh karyawan sebagaimana yang tersebut di atas.

Penutup

Pada dasarnya pengajuan resign atau pengunduran diri dilakukan secara tertulis sebagaimana ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Namun ada kondisi terntentu dimana karyawan diperbolehkan untuk menyampaikan keinginannya untuk berhenti dengan cara resign lewat wa sebelum surat tertulis tersebut diserahkan.

Tentunya pengajuan resign harus dengan cara-cara yang baik dan benar agar tidak dicap buruk oleh perusahaan. Dan cara-cara yang baik dan benar adalah sebagaimana yang sudah kami sebutkan di atas dan bisa Anda gunakan pada saat ingin mengundurkan diri pekerjaan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tips Membeli Rumah Bekas Yang Perlu Anda Perhatikan

Materi Kursus Komputer Yang Wajib Anda Pelajari