in ,

Cara Agar Tidak Mudah Marah Dan Menjadi Orang Yang Penyebar

Cara Agar Tidak Mudah Marah

Cara agar tidak mudah marah – Setiap manusia tentu memiliki sifat emosional, namun tingkatannya berbeda-beda. Ada yang emosionalnya tinggi, sedang, dan ada pula yang emosionalnya rendah dan tidak gampang marah atau penyabar.

Perbedaan emosional pada semua orang bisa disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor lingkungan dan kedua genetik. Dari kedua faktor tersebut diketahui yang lebih dominan adalah faktor lingkungan.

Lingkungan sangat berperan penuh dalam pembentukan emosional dan perilaku seseorang karena lingkungan bisa menjadi model bagi setiap individu. Misal seseorang yang tinggal di lingkungan yang keras, maka kemungkinan besar dia akan tumbuh menjadi pribadi yang keras pula. Begitu juga sebaliknya.

Lantas bagaimana cara agar tidak mudah marah dan menjadi orang yang penyabar? Caranya akan kami bahas selengkapnya pada pembahasan kali ini.

Cara Agar Tidak Mudah Marah  

Sebagaimana yang kami sampaikan di atas bahwa perilaku seseorang banyak dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya. Maka dari itu bisa kita simpulkan bahwa setiap perilaku yang dibangun oleh lingkungan sejatinya masih bisa kita rubah dengan beberapa cara agar tidak mudah marah, sebagaimana yang tersebut di bawah ini:

1. Open minded

Bersikap terbuka atas semua informasi dan pendapat orang lain merupakan salah satu perilaku berfikir terbuka. Dan memproses semua informasi yang terserap secara matang agar apa yang akan kita ucapkan selanjutnya bisa terkontrol dengan baik.

2. Belajar rendah hati

Belajarlah untuk bersikap rendah hati dalam kondisi dan situasi apapun. Sikap rendah hati diartikan sebagai perilaku tidak angkuh dan tidak sombong. Kebanyakan dari mereka yang memiliki sikap rendah hati cenderung bersikap tenang dalam menghadapi setiap masalah. Jadi jika Anda ingin jadi orang yang penyabar dan tidak mudah marah, maka sebaiknya belajar untuk selalu rendah hati dalam kondisi dan situasi apapun dalam hidup Anda.

3. Biasakan berkata sopan

Membiasakan diri untuk terus berkata sopan akan menjadi perilaku yang permanent. Orang yang selalu berkata sopan kecenderungannya memiliki pembawaan yang tenang, dan selalu berhati-hati dalam berucap. Nah sikap kehati-hatian ini bisa menjadi salah satu cara agar kita tidak mudah marah dan mampu bersikap tenang dalam menghadapi setiap permasalahan.

4. Bersikap Bodo amat

Cara lainnya agar tidak mudah marah adalah dengan cara bersikap bodo amat. Bodo amat terhadap hal-hal yang tidak baik atau tidak bermanfaat dipercaya dapat membuat hidup jauh lebih tenang. Oleh karena itu, pada saat Anda ingin marah, yakinkan pada diri Anda bahwa hal-hal yang membuat Anda marah tersebut sejatinya bukanlah sesuatu yang penting. Jadi cukup masuk kuping kanan, keluar kuping kiri.

5. Perbanyak interaksi sosial

Dari beberapa penilitian menyebutkan bahwa seseorang yang memiliki interaksi sosial yang baik cenderung memiliki kecerdasan emosional yang baik. Selain itu, interaksi sosial juga dipercaya dapat menjadi self healing pada saat dalam kondisi emosi. Maka dari itu, bagi Anda yang ingin agar tidak mudah marah, cara salah satunya adalah dengan memperbanyak interaksi sosial dengan individu lainnya. 

6. Perbanyak senyum

Dalam agama Islam, senyum dianggap sebagai ibadah karena dengan senyum kita sudah menebar kebaikan dan kebahagian kepada orang lain. Seperti yang kita ketahui bahwa, setiap tindakan apapun yang kita lakukan tentu akan kembali pada diri kita. Begitu juga dengan kebaikan dan kebahagian yang kita tebar, tentu juga akan kembali pada diri kita. Jadi, agar tidak mudah marah sebaiknya kita menghindari hal-hal yang dapat memancing emosi.

Penutup

Pada dasarnya, menjadi temperamental atau tidak itu tergantung pada kesiapan kita dalam mengontrol emosi. Dari beberapa cara agar tidak mudah marah di atas mungkin bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari, agar Anda tidak mudah marah dalam kondisi apapun dan lebih sabar dalam menghadapi setiap masalah yang ada.

Demikianlah informasi tentang beberapa cara mengontrol emosi yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda menjadi orang yang penyabar dalam situasi dan kondisi apapun. Jangan lupa bantu share artikel ini agar orang lain juga mendapatkan manfaatnya. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ketahui Bahaya Akibat Sering Begadang Berikut Penyebabnya

Jenis-jenis Perselisihan Dalam Hubungan Industrial Berikut Cara Penyelesaiannya