in

Bisnis Bubur Bayi Rumahan Yang Bisa Anda Coba

Bisnis Bubur Bayi Rumahan

Bisnis bubur bayi rumahan – Usaha bubur bayi merupakan salah satu peluang usaha yang bisa Anda coba untuk menambah pendapatan harian Anda. Pasalnya, saat ini kebutuhan akan bubur bayi di kalangan masyarakat cukup tinggi. Sehingga bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan.

Saat ini bisnis bubur bayi umumnya megunakan metode franchise atau waralaba dengan harga yang cukup kompetitif. Namun demikian, Anda pun juga bisa menjajal peluang usaha bubur bayi ini dengan cara perorangan, yaitu dengan membuat bubur bayi rumahan sendiri.

Pada kesempatan kali ini buatanda.com akan berbagi informasi tentang bisnis bubur bayi rumahan berikut dengan cara membuatnya. Dengan tujuan agar pelaku usaha dengan modal yang minim juga bisa menjalankan bisnis ini secara mandiri.

Bisnis Bubur Bayi Rumahan

Bisnis bubur bayi rumahan dijaman seperti sekarang ini menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Seperti yang kita ketahui bahwa ketertarikan masyarakat akan makanan siap saji cukup tinggi di jaman seperti sekarang ini. Hal tersebut dikarenakan meningkatnya aktivitas masyarakat dalam kehidupan sehari-hari yang notabene banyak menyita waktu.

Nah bagi mereka yang memiliki momongan atau anak kecil tentu menghadapi kondisi seperti yang tersebut di atas cukup kewalahan. Oleh karenanya, tidak sedikit dari mereka yang akhirnya memilih untuk mencari bubur bayi siap saji namun menyehatkan sebagai solusi tepat bagi mereka yang tidak memiliki banyak waktu lebih.

Selain hal tersebut di atas yang menjadi sebab bisnis bubur bayi rumahan ini patut dicoba. Tingginya angka kelahiran setiap tahunnya juga menjadi alasan kenapa bisnis bubur bayi ini memiliki prospek yang cukup bagus untuk kedepannya.

Berdasarkan laporan laju pertumbuhan penduduk (LPP) dari badan pusat statistic (BPS) memperkirakan pertumbuhan penduduk mencapai 1.17% setiap tahunnya. Artinya hampir sekitar 275.77 juta angka pertumbuhan di tahun 2022 ini.

Dengan memanfaatkan kondisi yang tersebut di atas, Anda bisa mengambil peluang usaha dengan membuat bubur bayi rumahan yang menyehatkan. Karena jenis usaha yang satu ini cukup banyak peminatnya dan tidak dipengaruhi musim dan cuaca.

Dalam hal membuat bubur bayi dengan gizi yang seimbang dan menyehatkan Anda harus selektif dalam memilih bahan baku pembuatan bubur yang aman tanpa efek samping. Serta sudah terdaftar BPOM dan mendapatkan sertifikat halal dari MUI.

Oleh karena itu, sesuai dengan yang kami sebutkan di atas. Kami akan memberikan informasi tentang cara membuat bubur bayi rumahan yang menyehatkan dan tidak ada efek samping jika dikonsumsi oleh anak-anak atau pun bayi. Jadi, baca terus artikel ini sampai dengan selesai agar bisa dipahami secara seksama.

Cara Membuat Bubur Bayi Rumahan

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara membuat bubur bayi rumahan. Ada baiknya terlebih dahulu Anda mengetahui apa saja bahan yang diperlukan untuk membuat bubur bayi organik yang aman bagi anak atau bayi, dan tentunya juga menyehatkan.

Bahan-bahan yang Anda perlukan untuk membuat bubur bayi rumahan organik diantaranya adalah beras organik, wortel, kacang merah, buncis, dada ayam, mentega dari susu sapi, daun seledri, dan kaldu ayam sebagai perasa.

Dan cara membuatnya adalah sebagai berikut:

1. Mencuci bahan

Agar heginis, Anda perlu malakukan pencucian beberapa bahan seperti beras merah, wortel, dan beberapa sayuran lainnya, agar bersih dan aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak dan bayi.

Setelah dicuci bersih, maka langkah selanjutnya adalah dengan memotong beberapa bahan yang sudah dicuci seperti buncis dan wortel agar lebih mudah untuk dihancurkan.

2. Perebusan

Cara yang kedua yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan perebusan bahan seperti dada ayam. Tujuannya dari perebusan selain untuk membuat bahan matang, juga untuk mempermudah Anda mencincang dada ayam tersebut.

3. Penghalusan bahan

Cara berikutnya dalam membuat bubur bayi rumahan adalah penghalusan bahan. Dalam upaya menghaluskan bahan, Anda bisa menggunakan blender agar proses penghalusannya bisa maksimal.

4. Pemasakan

Setelah semua bahan sudah dihaluskan maka langkah berikutnya untuk membuat bubur bayi organik adalah dengan memasukkan semua bahan ke dalam rice cooker untuk proses pemasakan.

Masak semua bahan mulai dari beras merah, wortel, buncis, dada ayam, dan bahan lainnya selama 3 jam agar matangnya bisa maksimal. Setelah itu masukkan mentega dari susu sapi diaduk rata dan diamkan sampai uapnya hilang.

5. Penyajian

Cara yang terakhir adalah penyajian. Ini penting Anda ketahui, jadi sebelum Anda memasarkan bubur bayi rumahan yang Anda buat. Sebaiknya Anda mencobanya terlebih dahulu karena kualitas juga menjadi salah satu penetu lancarnya bisnis bubur bayi rumahan yang akan Anda jalani.

Namun jika Anda ingin membuat bubur bayi dengan varian rasa. Anda bisa mencobanya dengan mengganti beberapa bahan seperti dada ayam diganti dengan hati ayam atau yang lainnya. Mengingat tidak ada ketentuan baku mengenai bahan pembuatan bubur ayam bayi ini.

Tapi yang pasti semua bahan harus diperhatikan terkait kandungan gizi, heginitas, dan keamanannya. Karena bubur yang dibuat akan dikonsumsi oleh bayi atau balita.

Perhitungan Modal dan Keuntungan Bisnis Bubur Bayi

Lantas berapa modal yang harus dipersiapkan untuk memulai bisnis bubur bayi rumahan ini? Tentunya karena ini merupakan bisnis rumahan, maka modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar karena tidak perlu sewa tempat untuk jualan.

Namun demikian, meskipun modal tidak terlalu besar bukan berarti hasil atau keuntungan juga sedikit. Keuntungan yang bisa Anda peroleh dari bisnis bubur bayi ini cukup besar dan sangat menjanjikan.

Berikut ini perhitungan modal dan keuntungan yang harus Anda ketahui untuk memulai bisnis bubur bayi rumahan ini:

1. Perhitungan modal

Menjalankan bisnis dengan skala rumahan tentu tidak membutuhkan banyak biaya atau modal. Karena pelaku usaha bisa menghemat biaya dengan tidak menyewa tempat atau lokasi jualan.

Berikut ini rincian modal yang harus dipersiapkan untuk memulai bisnis di bidang kuliner, khususnya bubur bayi rumahan:

Rincian Modal
Bisnis Bubur Bayi Rumahan

Biaya bahan

Rp. 500.000

Biaya operasional

Rp. 500.000

Biaya peralatan

Rp. 700.000

Listrik

RP. 200.000

Biaya lain-lain

Rp. 300.000

Total Biaya

Rp. 2.200.000

Rincian modal di atas adalah asumsi dimana proses produksi dilakukan di rumah. Sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk sewa tempat.

2. Perhitungan keuntungan

Dengan total biaya modal sebagaimana yang tersebut di atas. Anda bisa membuat kurang lebih sekitar 50 porsi. Dimana harga perporsinya Rp. 10.000 dengan rata-rata penjualan sehari sebanyak 50 porsi. Sehingga total satu bulan sebanyak 1.500 porsi.

Dengan skema perhitungan per porsi Rp. 10.000 x 50 porsi, maka omzet yang bisa diperoleh mencapai Rp. 500.000 dalam sehari. Jika dikalikan 7 hari maka yang bisa Anda peroleh bisa mencapai Rp. 3.500.000.

Jika hasil keseluruhan selama 7 hari menjual bubur bayi mencapai RP. 3.500.000, dikurangi modal awal sebesar Rp. 2.200.000. Maka keuntungan bersih selama seminggu yang bisa Anda kantongi adalah Rp. 1.300.000.

Dengan skema perhitungan seperti di atas, itu artinya dalam satu minggu Anda sudah bisa balik modal dan bisa diputar kembali sisa keuntungan dengan membelikan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat 50 porsi bubur bayi berikutnya.

Bagaimana, cukup menguntungkan bukan bisnis bubur bayi rumahan ini? Jika Anda tertarik, Anda bisa langsung mencobanya di rumah Anda dan menawarkan produk Anda ke tetangga sekitar rumah Anda. Bisa dengan metode door to door atau via online.

Penutup

Nah itulah informasi seputar bisnis bubur bayi rumahan berikut dengan perhitungan modal dan keuntungan yang bisa diperoleh. Namun perlu Anda ketahui bahwa dalam memulai bisnis apapun Anda perlu melakukan analisa pasar agar target marketnya jelas dan usaha yang Anda jalankan bisa berjalan dengan maksimal.

Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat serta dapat membantu Anda menemukan jenis usaha yang menguntungkan untuk Anda jalani. Jangan lupa bantu share artikel ini agar orang yang membutuhkan juga mendapatkan manfaatnya. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Usaha Warung Kopi Sachet, Modal Sedikit Keuntungan Selangit

7 Kelemahan Usaha Bubble Drink Yang Wajib Diketahui Pemula