in

Berapa Modal Usaha Konveksi Rumahan Yang Perlu Diketahui??

Berapa Modal Usaha Konveksi Rumahan

Usaha konveksi saat ini mulai meluas sebarannya di banyak wilayah di Indonesia. Mulai dari lingkungan perkotaan sampai dengan pedesaan akan sangat mudah sekali untuk ditemui usaha konveksi rumahan ini. Namun tahukah Anda berapa modal usaha konveksi rumahan yang dibutuhkan?

Konveksi rumahan sendiri merupakan usaha yang bergerak di bidang pembuatan pakaian seperti kemeja, kaos, dan jilbab non satuan. Skala produksinya pun beragam, ada yang skala kecil dan ada pula yang skala besar tergantung kapasitas produksinya.

Tentunya, setiap usaha membutuhkan modal sebagai fasilitas penunjang usaha. Namun besarannya relatif tergantung usaha yang akan dijalankan. Demikian juga dengan usaha konveksi rumahan tentu membutuhkan modal untuk memulainya.

Berapa Modal Usaha Konveksi Rumahan?

Pada dasarnya jenis usaha konveksi ini beragam sebagaimana yang telah kami sebutkan di atas, yaitu ada konveksi kaos, konveksi baju/kemeja, dan konveksi jilbab. Lantas berapa modal usaha konveksi rumahan? Jawabannya relatif tergantung jenis usaha konveksi yang akan Anda jalankan.

Adapun modal yang dibutuhkan untuk semua jenis usaha konveksi di atas, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Modal usaha konveksi kaos rumahan

Salah satu jenis usaha konveksi yang bisa jadikan pertimbangan adalah usaha konveksi kaos. Alasan kenapa jenis konveksi ini penting untuk dijadikan pertimbangan adalah bukan hanya karena pasar bisnis yang sangat luas, melainkan juga karena modal yang dibutuhkan terbilang kecil.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha kovensi kaos rumahan ini berkisar diantara 5 juta sampai 20 juta tergantung kebutuhan fisilitas yang dibutuhkan seperti alat-alat produksi, tempat, tenaga kerja, dan keperluan pemasaran.

2. Modal usaha konveksi baju rumahan

Selain usaha konveksi kaos rumahan, Anda juga bisa menjadikan usaha konveksi baju rumahan sebagai pilihan memulai usaha. Pasalnya, produk dari usaha ini merupakan satu dari sekian kebutuhan primer yang harus dipenuhi. Sehingga permintaan pasar untuk produk usaha ini juga terbilang tinggi.

Selain itu, target pasar untuk produk dari usaha terbilang banyak. Dimana diantaranya adalah pabrik-pabrik, sekolah-sekolah, dan beberapa instansi yang notabene butuh seragam untuk beraktivitas. 

Untuk modal yang dibutuhkan tergantung kelengkapan fasilitas yang diperlukan. Dimana rincian kebutuhan yang dimaksud diantaranya sebagai berikut:

  • Mesin jahit = 2 juta
  • Mesin jahit obras = 6 juta
  • Mesin potong = 1 juta
  • Meja tempat potong kain = 500 ribu
  • Kebutuhan listrik = 500 ribu
  • Belanja kain = 5 juta
  • Gaji karyawan = 3 juta (untuk dua orang)
  • Pengeluaran tidak terduga = 2 juta

Jadi total kebutuhan modal untuk jenis usaha konveksi rumahan ini adalah sekitar 20 juta rupiah.

3. Modal usaha konveksi jilbab rumahan

Untuk jenis yang terkahir dalam usaha konveksi adalah usaha konveksi jilbab rumahan. Mayoritas penduduk Indonesia adalah beragama Islam, selain itu kebutuhan fashion kekinian perempuan muslim juga sudah menjamur. Sehingga permintaan pasar untuk produk jilbab ini juga mengalami peningkatan.

Tingginya permintaan pasar tentu akan berdampak baik bagi perkembangan usaha konveksi yang satu ini. Dan tentunya juga bagi pelaku usaha konveksi jilbab akan mendapatkan keuntungan yang lumayan tinggi.

Lantas berapakah modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha konveksi jilbab rumahan? Rinciannya adalah sebagai berikut:

  • Mesin jahit high-speed = 2 juta
  • Mesin jahit neci = 2.5 juta
  • Mesin jahit wolsum = 3.5 juta
  • Meja tempat potong kain = 500 ribu
  • Mesin potong kain = 500 ribu
  • Kebutuhan listrik = 500 ribu
  • Belanja kain = 5 juta
  • Gaji karyawan = 3 (untuk dua orang)
  • Dana pengeluaran tidak terduga = 2 juta

Jadi total kebutuhan modal untuk usaha konveksi jilbab rumahan ini kurang lebih 20 juta. Namun harga di atas merupakan harga yang paling rendah di pasaran. Maka jika Anda memilih mesin jahit yang bagus untuk usaha konveksi di atas harga yang tersebut di atas, bisa dipastikan kebutuhan modal akan lebih tinggi.

Keuntungan Usaha Konveksi Rumahan

Setelah Anda mengetahui berapa modal usaha konveksi rumahan yang harus Anda siapkan guna menjalankan usaha tersebut. Maka selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah keuntungan yang bakal Anda terima dari usaha ini.

Setiap usaha yang dijalankan tentu akan mengalami keuntungan, begitu juga dengan usaha konveksi rumahan ini. Dimana beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari menjalankan usaha konveksi rumahan adalah sebagai berikut:

1. Lebih hemat biaya bahan baku

Seperti yang kita ketahui bahwa bahan baku yang dibutuhkan untuk usaha konveksi rumahan kebanyakan jenisnya sama. Sehingga pada saat belanja bahan baku seperti kain, maka akan ada potongan harga sehingga dapat menghemat pengeluaran.

2. Pangsa pasar lebih luas

Sebagaimana yang kami sebutkan di atas bahwa produk dari usaha konveksi ini masuk dalam kategori kebutuhan primer yang harus terpenuhi. Sehingga permintaan pasar untuk produk konveksi seperti kaos, baju, dan lain-lain cukup tinggi dan tersebar luas.

3. Minim resiko

Tingginya permintaan pasar ikut andil dalam lancarnya proses produksi. Itu artinya usaha konveksi ini tidak pernah sepi order sehingga omset terus meningkat dan kerugian menurun. Selain itu resiko dari usaha konveksi ini terbilang kecil, mengingat produk yang dihasilkan tidak ada kadaluarsanya.

4. Pemakaian modal relatif kecil

Kebutuhan modal yang digunakan dalam usaha konveksi rumahan ini tidak terlalu besar. Pasalnya skala produksi dari usaha ini masih masuk dalam kategori usaha kecil, sehingga modal pun juga relatif kecil.

5. Omset terbilang tinggi

Pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia, sehingga permintaan pasar akan terus bertambah seiring dengan pertambahan penduduk yang semakin pesat. Target pasarnya pun luas selain pasar umum, produk konveksi ini juga menyentuh pasar perusahaan, sekolah-sekolah, dan yang lainnya yang notabene menggunakan seragam khas.

Dengan taget pasar yang cukup luas, maka omset yang akan diterima dari usaha konveksi rumahan ini terbilang tinggi. Jadi bagi Anda yang ingin menjalankan usaha konveksi rumahan tidak perlu hawatir mengalami kerugian.

Penutup

Usaha konveksi rumahan merupakan salah satu usaha yang mana produk yang dihasilkan merupakan pakaian seperti baju, kaos, jilbab, celana, dan sejenisnya. Usaha ini juga terbilang minim resiko dengan kebutuhan modal yang tidak terlalu besar sebagaimana yang telah kami sebutkan pada penjelasan tentang berapa modal usaha konveksi rumahan seperti yang tersebut di atas.

Jadi bagi Anda yang saat ini sedang bingung mencari ide usaha yang sedikit modal tapi untung besar, maka usaha konveksi rumahan ini bisa menjadi salah satu alternatif usaha yang bisa Anda jalankan.

Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat serta dapat membantu Anda untuk menemukan ide usaha yang Anda inginkan selama ini. Jangan lupa bantu share artikel ini agar orang lain juga dapat merasakan manfaatnya. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mesin Jahit Yang Bagus Untuk Usaha Konveksi Berikut Harganya

Database Gaji Karyawan Dengan MySQL Untuk Mempermudah Pekerjaan