in

Apa Itu Brand Identity? Berikut Penjelasan dan Manfaatnya

Apa Itu Brand Identity?

Apa itu brand identity? – Sama halnya dengan identitas pada diri kita, brand identity menjadi salah satu elemen penting dalam bisnis guna mengenalkan produk dari bisnis yang kita jalankan. Selain itu, Brand identity menjadi pembeda antara produk yang kita miliki dengan produk kompetitor.

Brand identity sendiri bisa terdiri dari beberapa aspek, seperti aspek visual, verbal, dan emosional yang terbentuk dalam persepsi dan pengenalan merk oleh masyarakat. Untuk lebih jelasnya, apa itu brand identity?. Berikut ini kami berikan informasi terkait definisi berikut manfaatnya.

Apa itu Brand Identity?

Mungkin sebagian dari kita ada yang belum familiar dengan istilah brand identity ini. Sehingga tidak jarang di benak kita muncul pertanyaan tentang apa itu brand identity? Dan apa manfaatnya buat perkembangan bisnis.

Secara pengertian brand identity adalah konsep pengenalan dan pembangunan suatu merek dagang guna membedakan antara satu produk dengan produk lainnya dengan cara membentuk citra yang khas dan mudah dikenal oleh masyarakat luas.

Brand identity memiliki peran yang cukup penting dalam membangun sebuah bisnis. Pasalnya brand identity atau dikenal juga dengan identitas merek bisa menjadi pengenal bagi konsumen. Sehingga mempengaruhi persepsi konsumen untuk membeli produk tersebut.

Dalam pengimplementasian brand identiy ini mengacu pada beberapa elemen penting seperti verbal, visual, dan emosional seperti yang sudah kami sampaikan di atas. Namun untuk lebih lengkapnya tentang elemen-elemen penting tersebut, berikut ini penjelasannya:

1. Nama merek

Nama merek menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran karena dapat merepresentasikan identitas, citra, dan nilai-nilai yang ada pada produk atau perusahaan.

Nama merek yang baik dapat membantu membangun kesetiaan pelanggan. Oleh karena itu, nama merek yang baik harus mengadung unsur unik, mudah diingat, dan mengandung pesan yang jelas sehingga dapat membedakan suatu produk dengan produk lainnya di pasar.

2. Logo merek

Logo merupakan simbol dari sebuah produk yang digambarkan secara visual. Dalam pembuatan logo sendiri umumnya mengkombinasikan beberapa unsur seperti warna, bentuk, dan tipografi guna menciptakan tanda merek tertentu agar lebih mudah dikenali dan diingat oleh konsumen.

3. Pesan merek

Pesan merek merupakan bentuk komunikasi verbal dan tertulis dengan tujuan menyampaikan nilai, posisi, proposisi penjualan produk itu sendiri.

Pesan merek sendiri terdiri dari tagline, slogan, cerita merek, dan kata kunci yang beresonansi dengan konsumen sehingga informasi terkait produk bisa tersampaikan secara efektif.

4. Kepribadian merek

Elemen lain yang ada pada brand identity adalah kepribadian merek. Yang dimaksud dengan kepribadian merek sendiri adalah karatreristik atau atribut yang melekat pada suatu produk sehingga membentuk persepsi dan hubungan emosional dengan konsumen.

Kareakteristik atau atribut akan memudahkan kensumen untuk lebih mudah mengenal suatu produk. Jadi kepribadian merek ini harus memiliki ciri yang dapat menjadi aspirasi, inovasi, dapat dipercaya, dan ciri lainnya yang dimiliki oleh suatu produk.

5. Pengalaman merek

Elemen terakhir yang ada pada brand identity adalah pengalaman merek. Segala bentuk interaksi dengan merek pada suatu produk, baik itu layanan pelanggan, kemasan, tempat, dan kualitas produk bisa disebut sebagai pengalaman merek.

Pengalaman merek yang konsisten dan positif dapat membangun loyalitas konsumen, hubungan jangka panjang, dan membedakan dengan produk kompetitor. Dan sebaliknya, pengalaman merek yang kurang baik dapat merusak reputasi merek sehingga membuat konsumen beralih ke merek lain.

Jadi dari pemaparan di atas tentang apa itu brand identity?, bisa kita simpulkan bahwa brand identity merupakan suatu cara yang dilakukan guna membedakan satu merek produk dengan produk lainnya, pengenalan merek yang khas, dan membangun hubungan emosional dengan konsumen.

Jadi pada intinya, brand identity memiliki manfaat yang cukup besar dalam pengembangan suatu usaha. Pasalnya, usaha yang bagus tergantung pada ketepatan strategi pemasaran yang dilakukan. Nah brand identity ini bisa menjadi salah satu strategi pemasaran yang cukup efektif untuk dilakukan.

Manfaat Brand Identity

Brand identity memiliki berbagai macam manfaat bagi suatu usaha. Dimana selain sebagai strategi pemasaran merek usaha, juga ada manfaat lain yang notabene menguntungkan bagi perkembangan usaha. Dimana manfaat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Membedakan dari kompetitor

Brand identity yang baik dapat membantu membedakan merek produk atau bisnis Anda dari kompetitor di pasar. Dengan elemen yang unik dan khas seperti nama dan logo, Anda sudah dapat menciptakan identitas yang mudah dikenali dan berbeda dengan kompetitor.

2. Meningkatkan kesadaran merek

Manfaat yang kedua dari brand identity adalah meningkatkan kesadaran merek. Pasalnya brand identity yang konsisten dapat meningkatkan kesadaran merek di kalangan konsumen. Misal contoh, merek produk Anda sering terlihat di berabgai saluran komunikasi, maka konsumen akan lebih mudah untuk mengingat merek produk atau usaha yang sedang Anda jalankan.

3. Membangun kepercayaan konsumen

Brand identity yang terlihat profesional dan konsisten dipercaya mampu membangun kepercayaan konsumen. Konsumen akan percaya bahwa usaha Anda dapat menghasilkan produk dan layanan dengan kualitas terbaik.

4. Meningkatkan loyalitas konsumen

Seperti yang kami sampaikan di atas bahwa brand identity dapat membantu Anda membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen. Kecenderungannya, konsumen yang merasa terhubung dengan merek dan nilai-nilai dari usaha Anda, maka akan membuat mereka lebih setia dan memilih produk yang Anda tawarkan.

5. Meningkatkan nilai merek

Manfaat terakhir dari brand identity adalah dapat meningkat nilai merek secara komprehensif. Ketika merek produk atau usaha Anda dikenal dan memiliki reputasi yang baik. Maka akan berdampak pada nilai positif usaha, baik dalam harga jual, investasi, dan pertumbuhan usaha jangka panjang.

Kesimpulan

Dari beberapa informasi di atas, tentunya sudah bisa menjawab pertanyaan tentang apa itu brand identity? dan juga manfaat dari penerapannya. Brand identity sangat penting sekali untuk diterapkan guna keefektifan strategi marketing.

Pasalnya, Pengenalan identitas usaha melalui brand identity dipercaya mampu membangun trust konsumen untuk membeli produk usaha yang kita jalankan. Oleh karena itu, bagi Anda yang masih terhitung pemula dalam hal usaha, ada baiknya untuk menyiapkan brand identity sebagai pengenal untuk target konsumen Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Job Vacancies PT. King Jim Indonesia

Rekomendasi Franchise Thai Tea dengan Harga Terjangkau