in

Alasan Resign yang Baik Saat Ditanyakan Oleh Atasan

Alasan Resign Yang Baik

Alasan Resign Yang Baik – Dalam dunia kerja, turnover atau aktivitas penggantian karyawan sering terjadi di beberapa perusahaan. Hal tersebut bisa dikarenakan adanya masalah internal perusahaan, baik itu pengusaha dengan karyawan, atau personal karyawan itu sendiri.

Jika penggantian karyawan tersebut disebabkan oleh personal karyawan itu sendiri, tentu harus melalui prosedur yang sudah ditentukan. Dan umumnya, karyawan yang akan keluar atau berhenti bekerja dari tempat dimana dia bekerja, harus mengajukan surat resign terlebih dahulu dan tentunya dengan alasan yang tepat agar pengajuan resignnya disetujui.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini buatanda.com akan berbagi informasi terkait alasan-alasan resign yang tepat agar bisa Anda gunakan pada saat ingin keluar dari tempat dimana Anda bekerja saat ini. Karena etika pindah kerja yang baik akan menentukan karir Anda kedepannya.

Alasan Resign yang Baik 

Upaya-upaya yang perlu dilakukan pada saat mengajukan resign seharusnya dilakukan dengan cara-cara yang tepat. Salah satunya adalah dengan memberikan alasan resign yang baik agar tidak dicap buruk oleh atasan atau perusahaan.

Adapun beberapa alasan resign yang bisa Anda gunakan pada saat ingin berhenti dari tempat dimana Anda bekerja saat ini, adalah sebagai berikut:

1. Alasan mendapatkan tawaran kerja di tempat lain

Karyawan yang memiliki keahlian yang potensial tentu menjadi incaran banyak perusahaan. Jadi jika Anda termasuk dari salah satu karyawan tersebut dan mendapatkan tawaran pekerjaan di tempat lain, sebaiknya Anda sampaikan secara jujur kepada pimpinan Anda.

Bagi tenaga kerja professional mendapatkan tawaran pekerjaan lain tentu sangat mudah. Mengingat tidak sedikit perusahaan yang menginginkan tenaga professional untuk bergabung dan membantu mengembangkan bisnis usahanya.

Jadi alasan mendapatkan tawaran kerja di tempat lain juga bisa Anda gunakan sebagai alasan resign saat ditanyakan oleh pimpinan Anda.

2. Alasan pindah domisili atau rumah

Alasan resign kedua yang bisa Anda gunakan adalah pindah domisili atau rumah. Alasan ini cukup relevan karena tentunya dengan pindah rumah, jarak tempuh ke tempat kerja memakan waktu yang cukup lama.

Alasan yang satu ini berlaku bagi karyawan yang mendapatkan fasilitas transportasi, mengingat jarak yang jauh bisa memicu beragam resiko di perjalanan.

Namun demikian, sebelum memutuskan untuk resign sebaiknya pastikan terlebih dahulu apakah tawaran dari tempat kerja yang baru lebih baik dari tempat kerja saat ini.

3. Alasan pekerjaan tidak sesuai dengan potensi diri

Dari sudut pandang psikologi, seseorang yang melakukan aktivitas pekerjaan tidak sesuai dengan potensi dirinya, cenderung mudah merasa bosan dan mengalami penurunan motivasi.

Jadi bagi  karyawan yang menerima tugas pekerjaan tidak sesuai dengan potensi dirinya, maka akan mudah sekali mengalami perasaan jenuh dan memilih untuk resign dari pekerjaan.

Jadi bagi Anda yang saat ini merasakan seperti yang tersebut di atas tidak ada salahnya untuk mengajukan resign dengan alasan tugas yang diberikan tidak sesuai dengan potensi diri Anda. Jika hal tersebut dipaksakan maka hasil pekerjaan tidak akan sesuai dengan yang diharapkan oleh perusahaan.

4. Ada karir yang ingin diraih

Pasalnya, alasan seseorang pindah kerja bukan hanya karena faktor gaji saja, melainkan ada faktor lain seperti lingkungan kerja dan kepastian karir. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan alasan tersebut untuk keperluan pengajuan resign Anda.

Sampaikan kepada pimpinan Anda bahwa tujuan karir yang Anda inginkan akan sulit Anda diraih di tempat kerja saat ini, maka resign dari pekerjaan menjadi pilihan yang tepat pada situasi dan konsidi seperti ini.

5. Ingin mencoba tantangan baru

Alasan resing yang baik terakhir yang bisa Anda gunakan pada saat mengajukan resign dari pekerjaan adalah ingin mencoba tantangan baru. Mungkin alasan resign yang satu ini cukup sering kita dengar dan cenderung klise.

Namun sampai dengan saat ini alasan ingin mecoba tantangan baru masih bisa dipahami dan diterima oleh seorang pimpinan.

Tidak sedikit tentunya karyawan yang memiliki pemikiran dinamis dengan ide kreatif dan inovatif yang bagus, namun belum bisa merealisasikannya karena faktor-faktor tertentu.

Maka untuk bisa mewujudkan hal tersebut, resign dari pekerjaan dan mencari tempat kerja yang baru adalah keputusan yang tepat. Karena setiap orang punya kesempatan untuk meng-upgrate potensi yang dimiliki dengan tantangan yang baru.

Penutup

Demikianlah informasi tentang alasan resign yang baik yang bisa Anda gunakan pada saat ditanyakan oleh atasan. Karena dari beberapa alasan di atas, masih cukup rasional untuk Anda gunakan sebagai alasan pada saat memutuskan untuk keluar atau berhenti dari pekerjanaan Anda saat ini.

Terkadang resign dari pekerjaan yang lama dan pindah ke tempat kerja yang baru tidak selalu menjadi solusi yang tepat bagi permasalahan yang Anda hadapi saat ini. Namun, jika tempat dimana Anda bekerja tidak memberikan peluang untuk bisa mengembangkan potensi dan karir Anda, maka resign adalah keputusan yang tepat untuk progress masa depan Anda.

Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat dan wawasan buat Anda agar pengajuan resign yang Anda ajukan kepimpinan bisa diterima. Sehingga Anda bisa mengembangkan potensi dan karir Anda di tempat yang baru. Jangan lupa share dan commentnya, karena berbagi itu indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Penyebab Mutasi Karyawan yang Wajib Kamu Ketahui