in

7 Usaha Paling Sukses di Desa Ini Patut Untuk Anda Coba

Usaha Paling Sukses di Desa

Usaha paling sukses di desa – Di era digital seperti sekarang ini, memulai usaha sudah bisa dilakukan dimana saja. Baik itu di daerah perkotaan atau pun pedesaan. Bahkan dari beberapa info yang kami rangkum. Ternyata terdapat usaha jangka panjang yang menguntungkan di desa.

Secara geografis wilayah pedesaan merupakan wilayah yang padat penduduk dengan sumber daya alam yang melimpah. Makanya tidak heran jika desa disebut sebagai hinterland atau pemasok kebutuhan kota. Karena semua kebutuhan pokok di kota tersedia di desa.

Maka akan salah tentunya jika Anda beranggapan bahwa sulit mencari keuntungan dari usaha yang dijalankan di desa. Karena di desa sendiri banyak sekali peluang usaha yang bisa dijalankan, bahkan yang langka tapi menguntungkan pun juga ada.

Dari itu, pada kesempatan kali buatanda.com akan berbagi informasi tentang usaha paling sukses di desa dan tentunya akan memberikan keuntungan yang besar jika Anda menjalankannya dengan baik dan benar.

7 Usaha Paling Sukses di Desa

Setiap orang tentunya ingin memiliki usaha yang menguntungkan. Tapi sayangnya tidak semua orang tahu dan menyadari bahwa terdapat beberapa usaha paling sukses di desa yang bisa mereka lakukan.

Kebanyakan orang dalam menjalankan usaha berkiblat kepada kesuksesan orang lain. Padahal belum tentu kesuksesan yang orang dapatkan juga bisa mereka rasakan. Karena itu, tidak salah jika ada pepatah yang mengatakan “usaha boleh dicopy, tapi rejeki tidak bisa dipaste”.

Untuk itu, bagi Anda yang tinggal di desa tidak perlu bingung harus memulai usaha apa. Karena di desa banyak sekali peluang usaha yang potensial dan bisa Anda jalankan. Adapun beberapa usaha tersebut diantaranya sebagai berikut:

1. Membuka toko pertanian

Hampir 80% penduduk desa memiliki profesi sebagai petani. Artinya, pekerjaan yang mendominasi masyarakat pedesaan adalah pertanian yang notabene berperan penting dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Nah kondisi tersebut bisa Anda manfaatkan dengan membuka toko pertanian di desa yang menyediakan semua kebutuhan pertanian seperti pupuk, alat-alat pertanian, dan beberapa kebutuhan lainnya yang diperlukan oleh petani untuk mengolah lahan pertaniannya.

Dengan membuka toko pertanian tentunya Anda bukan hanya akan mendapatkan keuntungan yang besar. Melainkan juga bisa membantu para petani dalam mengakomodir semua kebutuhan pertaniannya dengan mudah.

2. Membuka usaha peternakan

Luasnya ketersediaan lahan juga menjadikan desa sebagai tempat usaha yang potensial. Pasalnya, dengan ketersediaan lahan Anda bisa memulai usaha peternakan. Baik itu peternakan ayam, ikan, sapi, kambing, dan lain sebagainya.

Usaha peternakan ini merupakan satu dari sekian usaha yang menjanjikan keuntungan yang lumayan besar. Mengingat hasil dari peternakan sendiri merupakan produk konsumtif yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat.

Maka dari itu, akan jadi sebuah keuntungan bagi Anda jika Anda menjalankan salah satu dari jenis peternakan di atas sebagai alternatif usaha di desa.

3. Usaha persewaan alat pertanian

Meskipun sebagian besar masyarakat desa berprofesi sebagai petani. Namun tidak semua dari mereka memiliki alat-alat pendukung untuk mengolah lahan pertanian mereka.

Kondisi yang demikian ini bisa Anda manfaatkan menjadi peluang usaha yang menguntungkan di desa. Anda bisa membuka persewaan alat-alat pertanian untuk membantu petani mengolah lahan pertanian mereka.

Adapun alat-alat yang bisa Anda sewakan seperti mesin traktor sawah, mesin penanam, mesin pemanen hasil pertanian, mesin irigasi, mesin penebar pupuk, dan alat-alat lainnya yang dibutuhkan oleh para petani.

Jadi dari usaha ini, tentunya kedua belah pihak sama-sama diuntungkan. Anda diuntungkan dengan memiliki usaha yang bukan musiman, petani pun juga terbantu dalam mengolah lahan pertanian meskipun mereka tidak memiliki infrastruktur untuk mengolah lahan mereka.

4. Usaha warung kopi

Seperti yang kita ketahui bahwa kopi merupakan minuman yang banyak digemari oleh semua kalangan, termasuk juga oleh para petani. Umumnya, sebagian besar petani sebelum melakukan aktivitasnya di sawah mereka akan mencari kopi dan beberapa makanan kecil seperti gorengan untuk mengisi perut mereka.

Nah Anda bisa mengambil peluang tersebut dengan membuka usaha warung kopi di desa dekat lahan persawahan. Walaupun usaha tersebut di daerah sepi, namun segmentasi pasarnya jelas, peminatnya banyak, dan tentunya menguntungkan.

Dan keuntungan lainnya membuka usaha warung kopi sederhana di area persawahan adalah modal yang dibutuhkan relatif kecil dan belum ada pesaing. Sehingga bisa dipastikan usaha tersebut akan bertahan dalam jangka waktu yang panjang.

5. Menjadi pengepul hasil pertanian

Keterbatasan informasi dan pengetahuan menjadikan sebagian besar petani kebingungan untuk menjual hasil pertanian mereka.

Sehingga tidak sedikit dari para petani yang akhirnya mengalami kerugian karena hasil panennya tidak bisa terjual secara maksimal dengan harga yang sesuai.

Karena itu, bagi Anda yang melek digital bisa mengambil peluang dari kondisi yang tersebut di atas. Artinya, Anda bisa menjadi pengepul hasil pertanian dengan memanfaatkan kemampuan digital Anda untuk mencari informasi penjualan ke luar kota, atau ke luar negeri (ekspor).

Pasalnya, harga hasil pertanian akan jauh lebih mahal jika menjualnya ke daerah perkotaan atau ke luar negeri. Jadi, selain bisa menguntungkan diri Anda, juga bisa menguntungkan para petani karena hasil panennya dibeli dengan harga yang sesuai pasaran di desa tersebut.

6. Bisnis jualan pulsa

Usaha paling sukses di desa lainnya yang bisa Anda jalankan di desa adalah bisnis jualan pulsa. Usaha yang satu ini bisa Anda jalankan di kampung dengan hanya modal 2 juta saja.

Seperti yang kita ketahui bahwa kemajuan digital sudah banyak merambah ke daerah-daerah pedesaan. Itu artinya tidak sedikit tentunya orang yang memiliki HP atau smartphone yang notabene merupakan produk digital.

Agar HP atau smartphone mereka dapat berfungsi sesuai kebutuhan, maka mau tidak mau mereka harus membeli pulsa. Nah Anda bisa berjualan pulsa untuk mengakomodir kebutuhan mereka tersebut.

Selain jualan pulsa HP atau smartphone, Anda pun juga bisa berjualan pulsa listrik. Mengingat sebagian besar penggunaan listrik saat ini sudah beralih ke listrik token.

7. Usaha jasa potong rambut

Usaha paling sukses di desa yang terakhir adalah jasa potong rambut. Jenis usaha yang satu ini termasuk dalam kategori usaha jasa. Mengingat usaha ini tidak memproduksi atau menjual barang, melainkan menawarkan jasa pangkas atau potong rambut.

Usaha jasa potong rambut merupakan contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing. Jadi Anda bisa memanfaatkan kondisi ini untuk memulai usaha yang menguntungkan di desa Anda.

Untuk memulai usaha potong rambut di kampung modal 2 juta pun sudah bisa Anda jalankan. Karena kebutuhan alat untuk usaha yang satu tidak terlalu banyak, cukup menyiapkan gunting, sisir, cermin, botol sprai, dan beberapa alat kecil lainnya.

[Baca Juga: Usaha Modal 1 Juta di Kampung]

Penutup

Pada dasarnya, usaha apapun bisa kita jalankan dimana saja, termasuk juga dengan 7 jenis usaha paling sukses di desa seperti yang tersebut di atas. Selama kita bisa melihat peluang dan konsisten menjalankannya tentu, keuntungan yang berlipat bisa kita dapatkan.

Semoga informasi di atas dapat menjadi inspirasi bagi Anda untuk memulai usaha di tempat Anda tinggal saat ini. Baik itu di perkotaan atau pun di pedesaan. Jangan lupa bantu share artikel ini agar orang lain yang membutuhkan informasi tentang ide usaha bisa mendapatkan manfaatnya. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 Franchise Bubur Bayi Murah dan Menguntungkan Disini!

11 Cara Jualan Gorengan Biar Laris Manis di Pasaran