in

7 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Oleh Blogger Pemula

Kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula

Kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula – Dunia blogging saat ini sudah menjamah kesemua kalangan dan usia. Berapapun usia dan apapun profesinya, hampir semua dari mereka sudah mengenal bahkan mencoba menyelami platform online yang satu ini.

Blog sendiri sebanarnya merupakan singkatan dari kata Webblog, yaitu salah satu portal online yang dibangun dalam bentuk catatan atau tulisan dengan tujuan berbagi informasi kepada orang lain.

Umumnya blog dikelola oleh satu orang atau lebih untuk menyampaikan informasi, pengalaman, opini, dan informasi lainnya kepada khalayak umum lewat media online.

Sairing dengan berjalannya waktu. Tidak sedikit orang yang tahu bahwa malakukan aktifitas online dengan berbagi informasi di WebBlog atau Blog bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Makanya tidak heran jika sampai saat ini aktifitas tersebut semakin berkembang dan banyak peminatnya.

Berangkat dari hal tersebut di atas. Blogger-blogger pemula dengan keterbatasan pengetahuan yang ingin mencoba keberuntungannya lewat dunia blogging mulai bermunculan. Namun, tidak sedikit pula dari mereka yang harus menyerah di tengah jalan karena beberapa kesalahan yang sering mereka lakukan.

Nah dengan tujuan untuk membantu sesama blogger, khususnya mereka yang masih terbilang pemula, karena memang semua blogger itu berangkatnya dari pemula. Maka dikesempatan kali ini kami akan berbagi informasi tentang beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula.

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Blogger Pemula

Pada dasarnya hampir semua blogger berangkat dari keterbatasan pengetahuan sehingga wajar jika banyak kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula dalam membangun platform blog yang mereka miliki.

Kesalahan-kesalahan tersebut tentunya beragam, mulai dari yang ringan bahkan yang berakibat fatal seperti terkena penalty Google. Oleh karenanya, penting sekali bagi blogger pemula untuk menghindari beberapa kesalahan seperti diantaranya sebagai berikut :

1. Membuat konten yang tidak relevan

Hampir sebagian dari blogger pemula tidak memperhatikan konten yang mereka buat. Sehingga konten tersebut tidak relevan dengan topik blongnya. Contoh misal, topik blognya adalah pendidikan, tapi konten yang mereka tulis tentang wisata. Tentu hal tersebut sangatlah tidak relevan.

Sebaiknya dalam membangun blog pertama kali yang harus diperhatikan adalah pembuatan konten karena konten sendiri tak ubahnya rajanya dalam dunia blogging. Pastikan konten yang dibuat sesuai dengan tema atau topik blog agar menarik minat pembaca.

2. Konten kurang berkualitas

Kelanjutan dari masalah di atas. Kesalahan kedua yang sering dilakukan oleh blogger pemula adalah kurang memperhatikan kualitas konten yang dibuat.

Biasanya yang seperti ini dikarenakan mindset mereka yang menganggap semakin banyak postingan konten, maka akan semakin menaikkan jumlah visitor blog.

Padahal, banyaknya konten yang diposting tidak akan berpengaruh besar jika konten tersebut tidak memiliki kualitas. Justru hanya akan berdampak buruk buat kesehatan blog karena dianggap konten kurang bernilai oleh Google.

Jadi jika ingin Blognya bagus dan sehat, usahakan untuk tidak membuat konten hanya karena hasrat pemenuhan kouta saja. Lebih baik sedikit konten tapi bermanfaat dibandingkan banyak konten yang minim kualitas.

3. Tidak konsisten

Di bidang apapun, kunci kesuksesan itu adalah konsistensi. Nah ini yang sedikit kurang diperhatikan oleh blogger pemula. Robots google akan mengcrawl blog jika selalu ada aktifitas di dalamnya seperti update konten atau sekedar perbaikan konten.

Selain itu, kurangnya konsistensi juga akan menurunkan minat visitor untuk kembali mengunjungi blog. Jadi, sebaiknya blogger pemula menyiapkan jadwal posting agar update kontennya bisa dilakukan secara konsisten.

4. Tidak menerapkan SEO

Search engine optimization atau yang lebih dikenal dengan SEO memiliki peran penting dalam pembuatan konten. Pasalnya penerapan SEO yang benar dapat membantu suatu konten atau blog muncul di pencarian Google.

Maka dari itu, bagi blogger pemula sebaiknya terlebih dahulu mempelajari dasar-dasar SEO seperti penggunaan kata kunci / key word, pemilihan judul, dan meta description yang menarik. Agar blog atau konten yang dibuat mampu bersaing di pencarian Google.

5. Salah memilih template

Hampir semua blogger pemula kurang memperhatikan tampilan visual. Sehingga tampilan blog mereka cenderung kurang menarik dan membuat pengunjung tidak mau datang lagi.

Agar blog selalu ramai pengunjung sebaiknya pemilihan template harus diperhatikan. Pilihlah template yang mobile friendly dengan tata letak dan navigasi yang mudah agar pengunjung betah berlama-lama menikmati konten yang disajikan.

6. Minim promosi

Tujuan promosi adalah untuk memperkenalkan sesuatu kepada khalayak umum. Begitu juga dengan konten, memerlukan aktifitas promosi guna mengenalkan blog kepada khalayak umum. Nah aktifitas promosi ini yang sering dilewati oleh blogger pemula karena mereka beranggapan bahwa dengan hanya publikasi konten sudah cukup mengenal blog yang mereka miliki.

Padahal tanpa promosi potensi jangkauan konten atau blog akan terbatas. Oleh karena itu, jika ingin blog selalu ramai. Usahakan untuk melakukan promosi konten ke berbagai media sosial, group online atau lintas circle Anda.

Namun demikian, hal yang perlu diperhatikan pada saat melakukan promosi ke sosial media. Usahakan konten yang Anda share sesuai dengan kebutuhan pengunjung agar promosinya berjalan dengan maksimal.

7. Mudah putus asa

Nah kesalahan terakhir yang sering dilakukan oleh blogger pemula adalah mudah putus asa. Padahal untuk mendapatkan penghasilan dari aktifitas ngeblog dibutuhkan proses yang tidak sebentar. Sehingga butuh kerja keras dan konsistensi yang tinggi agar sampai pada titik yang diinginkan.

Penutup

Itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula dalam membangun blog yang mereka miliki. Namun perlu diingat bahwa setiap kesalahan merupakan kesempatan untuk tumbuh menjadi lebih baik.

Oleh karenanya jangan pernah ragu untuk mencoba hal-hal baru dan terus berinovasi agar sukses di dunia blogging seperti yang diharapkan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat sehingga dapat memotivasi kita bersama untuk terus berjuang mendapatkan hasil yang baik dari dunia blogging.

Ingatlah bahwa setiap kesalahan adalah peluang untuk tumbuh dan memperbaiki diri. Jangan ragu untuk mencoba hal baru dan terus berinovasi dalam perjalanan blogging Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jenis-jenis Usaha Konveksi

7 Cara Mengembangkan Binsis Minuman