in

7 Cara Mengembangkan Binsis Minuman

 

Cara Mengembangkan Bisnis Minuman

BuatAnda.com – Mengembangkan bisnis kuliner baik itu makanan dan minuman tentu bukanlah hal yang mudah karena pertumbuhannya membutuhkan fokus dan perhatian lebih intens dibandingkan dengan jenis usaha lainnya.

Sebagai pelaku binis kuliner, terkadang perhatian Anda sering kali terbagi ke berbagai hal, sehingga sulit menentukan arah fokus bisnis yang tepat. Terutama di momen pasca pandemi seperti saat ini, di mana jumlah konsumen tidak dapat diandalkan karena daya beli konsumen terus menurun.

Oleh karena itu, untuk membantu Anda mengembangkan bisnis minuman, berikut kami bagikan informasi tentang 7 strategi yang dapat Anda gunakan dalam mengembangkan bisnis tersebut. Sehingga bisa meraih kesuksesan dalam bisnis kuliner. Adapun 7 strategi yang dimaksud seperti di bawah ini.

Cara Mengembangkan Bisnis Minuman

Dijaman millennial seperti sekarang ini, memang bisnis minuman menjadi salah satu bidang bisnis yang banyak diminati oleh semua kalangan. Selain itu juga bisnis minuman diperpacaya memiliki potensi keuntungan yang lumayan besar.

Namun demikian, untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis kuliner minuman dibutuhkan beberapa cara tepat agar bisa bekembang sesuai harapan. Dimana cara tersebut yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

1. Lakukan promosi story telling

Tentunya setiap bisnis kuliner baik makanan atau pun minuman memiliki kisah atau cerita yang menarik disetiap prosesnya. Nah disini Anda bisa memanfaatkan cerita tersebut sebagai metode promosi untuk usaha Anda.

Anda bisa menceritakan tentang apa yang menginspirasi Anda untuk memulai bisnis tersebut, apakah produk minuman Anda merupakan resep turun temurun? atau mungkin ada cerita lucu lainnya di balik proses membangun usaha tersebut.

Menurut tokoh Psikologi Kognitif Jerume Bruner menyebutkan bahwa orang cenderung lebih mudah mengingat cerita dari pada fakta tunggal. Itu artinya, story telling dapat membuat usaha Anda lebih menonjol dari yang lainnya sehingga lebih mudah diingat oleh konsumen.

2. Gunakan sistem elektronik / E-commerce

Sejauh ini, perubahan jaman sudah mendekati kea rah digital. Itu artinya segala aktivitas apapun termasuk juga dengan pembelian, penjualan, dan pemasaran produk bisa melalui sistem elektronik.

Penggunaan e-commerce pada usaha Anda akan memungkinkan usaha tersebut mendapatkan sumber penapatan baru. Selain itu, diversifikasi pendapatan tidak hanya membantu pertumbuhan bisnis, malainkan juga melindungi dari pembatasan produk di masa yang akan datang.

Contoh misal, dengan menggunakan e-commerce Anda bisa menjual paket minuman, merk, atau bisa juga jasa franchise. Sehingga pendapatan yang Anda terima tidak hanya sebatas pendapatan dari menjual minuman saja.

3. Ikuti tren media sosial

Cara berikutnya untuk mengembangkan bisnis minuman adalah dengan mengikuti tren media sosial. Amati setiap perubahan tren media sosial, kemudian sesuaikan tren tersebut dengan usaha Anda.

Seperti yang kita ketahui bahwa perubahan tren di media sosial setiap waktu berubah-ubah mengikuti hal apa yang viral pada saat itu. Semisal, saat ini banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan kreativitas promosi di media sosial sehingga mampu menarik minat konsumen online.

Namun demikian, Anda tidak perlu terlalu fokus pada sesuatu yang viral juga karena Anda pun bisa membuat konten promosi atau konten pengenalan merk yang berpotensi viral. Ya, bisa dibilang trendsetter media sosial. Itu jauh lebih menguntungkan usaha yang sedang Anda jalankan.

4. Bangun brand identity

Nilai-nilai merek merupakan hal penting dalam menjalankan bisinis, khususnya di jaman seperti sekarang ini. Dalam upaya membangun brand identity bisa Anda fokuskan pada isu-isu penting yang banyak menyita perhatian konsumen seperti diantaranya:

– Nama merek

– Kualitas bahan baku

– Kualitas pelayanan, dan

– Higenitas atau kebersihan

Membangun brand identity dengan isu-isu di atas bisa membuat usaha minuman Anda lebih menonjol dan membedakan dengan usaha lainnya yang sama. Karena brand identity lebih memudahkan konsumen untuk mengenal dan mengingat bisnis Anda.

5. Perbaiki cash flow

Cash flow atau yang juga dikenal dengan arus kas merupakan darah kehidupan bagi setiap bisnis, termasuk juga dengan bisnis minuman. Karena cash flow yang tidak diatur dengan baik dipercaya dapat menghabat laju pertumbuhan bisnis Anda.

Cara terbaik untuk memperbaiki cash flow adalah dengan menetapkan sistem yang tepat, seperti meninjau secara rutin pengeluaran dan memastikan bekerja sama dengan pemasok yang tepat yang tidak hanya menawarkan harga yang adil, tapi juga sistem pembayaran yang menguntungkan dan fleksible.

6. Pahami keuangan Anda

Pengetahuan akan keuangan bisnis dapat memberikan kemampuan untuk membuat keputusan terbaik dalam mengembangkan bisnis minuman yang Anda jalankan. Karena tentunya Anda tidak bisa membangun suatu bisnis dengan bermodalkan hitungan yang samar dan perkiraan semata.

Memahami setiap detail keuangan akan dapat membantu Anda mengembangkan bisnis minuman dengan lebih baik dan mengoptimalkan pertumbuhan bisnis tersebut.

7. Lakukan efisiensi operasional

Cara lain dalam mengembangkan bisnis minuman adalah dengan melakukan efisiensi operasional. Pasalnya, efisiensi operasional dipercaya mampu meningkatkan keuntungan bisnis dan memungkinkan Anda untuk berinvestasi lebih besar pada bisnis minuman Anda.

Operasional yang memakan waktu dan biaya merupakan beban bagi sumber daya sehingga memperlambat proses pertumbuhan usaha yang Anda jalani.

Oleh karena itu, agar efisiensi berjalan maksimal perlu adanya penerapan alat-alat digital agar sistem berjalan maksimal dan mendorong pertumbuhan bisnis semakin pesat.

Kesimpulan

Membangun suatu usaha, termasuk usaha kuliner bukanlah hal yang mudah. Namun dengan mengetahui cara mengembangkan bisnis minuman seperti yang tersebut di atas. Sedikit banyak dapat membantu Anda membangun bisnis menjadi lebih kuat. 

Cara-cara di atas bukan hanya mempermudah laju pengembangan usaha yang Anda jalankan. Melainkan juga dapat membantu Anda terhindar dari resiko kegagalan dan membuat pertumbuhan bisnis jauh lebih menarik dan menguntungkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Oleh Blogger Pemula