in ,

3 Larangan Yang Wajib Diketahui Ayah Saat Mendidik Anak

3 Larangan Yang Wajib Diketahui Ayah Saat Mendidik Anak

Anak merupakan amanah yang dititipkan Tuhan kepada kita. Oleh karena itu menjaga dan mendidik anak sudah menjadi tugas dan kewajiban kita sebagai orang tua, teruma Ayah yang notabene merupakan figur penting dalam rumah tangga.

Mendidik anak memanglah tidak mudah karena butuh kesabaran yang ekstra dalam menjalankannya, apalagi pada situasi dimana anak sulit sekali untuk diarahkan. Namun demikian, kita sebagai orang tua harus terus berusaha untuk memberikan didikan yang terbaik kepada anak dengan tanpa menggunakan emosi.

Pada kesempatan kali ini buatanda.com akan berbagi informasi tentang 3 larangan yang wajib diketahui oleh Ayah pada saat mendidik anak. Tentunya informasi ini penting untuk diketahui, mengingat ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat mendidik anak, karena kesalahan yang mungkin kita lakukan pada saat mendidik anak akan berdampak buruk bagi perkembangan mental mereka. Lantas apa saja larangan yang dimaksud? Simak selengkapnya di bawah ini.

3 Larangan Saat Mendidik Anak

1. Jangan kasar

Setiap bentuk perlakuan kasar kepada anak tentunya dilarang oleh Agama. Sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 159 “…Sekiranya kamu bersikap keras lagi kasar, niscaya mereka akan kabur dari sekitarmu…”. Artinya, dalam mendidik anak kita sebagai orang tua jangan sampai mengunakan kata-kata atau tindakan yang kasar. Karena yang demikian itu hanya akan berdampak negative baik bagi anak maupun orang tua.

Anak yang sering mendapatkan perlakuan kasar baik verbal atau pun tidakan cenderung akan memilih untuk menjauhi orang tuanya. Sehingga mereka akan mencari figur lain yang bisa memberikan kenyamanan dan keamanan bagi diri mereka. Jika sudah demikian, tentu hal ini menjadi kerugian besar bagi orang tua yang akan dirasakan di kemudian hari.

2. Jangan cuek

Larangan yang kedua pada saat mendidik anak yang wajib Ayah ketahui adalah jangan cuek terhadap anak. Selain perilaku kasar, sikap mengabaikan yang dimunculkan oleh orang tua juga tidak disukai oleh anak. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk selalu memperhatikan setiap kali anak berbicara. Balas ajakan komunikasi mereka dengan memperhatikan atau bahkan memberikan apresiasi untuk hal baru yang anak lakukan.

3. Jangan pelit

Yang terkahir larang bagi seorang Ayah pada saat mendidik anak adalah jangan pelit. Pasalnya, sikap pelit yang dimunculkan oleh seorang Ayah dapat membangun image negatif pada dirinya. Anak akan menganggap orang tuanya egois dan memilih untuk menjauh.

Salah satu petunjuk Rasulullah SAW “…Sering-seringlah memberi hadiah kepada anak. Niscaya anak akan tumbuh rasa cintanya karena hadiah dari Ayah…”. Namun begitu perlu diperhatikan juga bahwa dalam memberi hadiah harus ada batasannya, agar tidak berlebihan dan menyebabkan ketergantungan hingga usia dewasa.

Seperti yang kami sampaikan di atas bahwa orang tua, khususnya Ayah merupakan figur penting dalam rumah tangga. Sehingga sudah sepantasnya dalam mendidik anak harus dengan cara-cara yang baik agar anak tidak kehilangan sosok yang mereka kagumi, yang mereka jadikan tempat berlindung, dan yang mereka jadikan panutan hingga kelak mereka dewasa.

Itulah informasi tentang 3 larangan yang wajib diketahui Ayah pada saat mendidik anak. Semoga informasi di atas dapat menjadi pengingat bagi kita semua untuk terus memberikan yang terbaik kepada anak-anak kita karena mereka merupakan titipan rejeki yang Allah titipkan kepada kita saat ini. Jangan lupa bantu share artikel ini agar para orang tua lainnya juga mendapatkan manfaatnya. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lowongan Kerja PT. Pelayaran Nasional Wibowo Jakarta

Ketahui 9 Alasan Promosi Jabatan Berikut Manfaatnya