in

12 Peralatan Yang Dibutuhkan Untuk Usaha Thai Tea, Wajib Diketahui!!

Peralatan Yang Dibutuhkan Untuk Usaha Thai Tea

Peralatan yang dibutuhkan untuk usaha thai tea – thai tea merupakan salah minuman kekinian yang berasal dari Negara Thailan dan dikenal dengan sebutan “chan yen” atau teh hitam. Thai tea sendiri exis dan dikenal oleh warga Thailan sejak tahun 1980, hingga sekarang.

Dan sejak tahun 2012, Thai tea sudah mulai banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia dan diakui sebagai minuman kekinian yang disukai oleh semua kalangan. Baik itu oleh anak-anak atau pun oleh orang dewasa.

Berangkat dari itu semua. Tidak sedikit dari masyarakat Indonesia yang mulai tertarik untuk menekuni usaha minuman thai tea yang lagi tren di kalangan masyarakat Indonesia. Bukan hanya karena peminatnya banyak, tapi juga keuntungan yang dijanjikan dari usaha tersebut lumayan besar.

Dan bagi Anda yang juga tertarik untuk menekuni usaha kuliner minuman thai tea ini. Langkah awal yang harus Anda ketahui adalah berapa persiapan modal yang dibutuhkan dan peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk usaha thai tea itu sendiri.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami buatanda.com akan berbagi informasi tentang beberapa peralatan yang harus disiapkan guna menjalankan usaha thai tea yang banyak digandrungi oleh kalangan muda saat ini.

12 Peralatan Yang Dibutuhkan Untuk Usaha Thai Tea

Seperti yang kita ketahui bahwa peralatan merupakan modal investasi awal yang harus disiapkan pada saat ingin memulai suatu usaha. Termasuk juga dengan usaha thai tea, terdapat beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk usaha thai tea ini.

Peralatan-peralatan yang dimaksud harus ada guna melancarkan proses jalannya usaha itu sendiri. Maka dari itu, kami akan memberikan informasi beberapa peralatan yang harus Anda siapkan guna memulai usaha thai tea yang Anda inginkan.

Berikut ini beberapa perlengkapan yang Anda butuhkan untuk memudahkan Anda menjalankan usaha minuman thai tea berikut juga dengan harganya:

1. Booth atau gerobak etalase

Peralatan pertama yang Anda butuhkan pada saat ingin memulai usaha minuman thai tea adalah booth atau gerobak etalase.

Peralatan yang satu ini merupakan sarana yang Anda butuhkan guna sebagai tempat dimana Anda melayani konsumen untuk membeli produk minuman yang Anda jual.

Anda pun bisa memilih peralatan yang dibutuhkan untuk usaha thai tea dari keduanya, bisa booth atau pun gerobak etalase sesuai dengan ketersediaan modal yang Anda miliki.

Namun jika Anda ingin memiliki usaha minuman dengan konsep kekinian, maka Anda perlu menggunakan booth sebagai mini stage dengan kelengkapan aksesorisnya.

Adapun harga dari booth pada umumnya adalah berkisar di antara Rp. 2 juta sampai dengan Rp. 6 juta sesuai dengan kelengkapan aksesorisnya. Namun jika modal yang Anda miliki terbatas, Anda bisa menggunakan gerobak etalase sebagai alternatif dengan harga RP. 2 juta sampai Rp. 4 juta.

2. Peralatan mesin sealer cup

Peralatan kedua yang dibutuhkan untuk memulai usaha minuman thai tea adalah mesin sealer. Mesin sealer atau disebut juga mesin sealing keberadaannya sangat dibutuhkan oleh pelaku usaha minuman cup kekinian karena memiliki fungsi menyegel kemesan cup plastik sebagai wadah minuman itu sendiri.

Adapun harga dari mesin sealer ini bervariasi tergantung dari jenis mesin itu sendiri. Namun untuk kisaran harganya mulai dari Rp. 500.000 sampai dengan Rp. 700.000 rupiah per satu unitnya.

3. Peralatan lid sealer cup

Peralatan yang ketiga yang harus Anda miliki untuk memulai usaha minuman thai tea adalah lid sealer cup. Lid sealer cup adalah tutup gelas yang terbuat dari lembaran plastik yang berbentuk gulungan untuk menjaga minuman agar tidak tumpah.

Lembaran plastik tersebut akan dipasang di mesin sealer cup lalu kemudian dilakukan penyegelan. Selain untuk menjaga minuman, lis sealer juga berfungsi untuk memperindah tampilan kemasan cup dengan memberikan degradasi warna atau gambar.

Untuk harga lid sealer sendiri berkisar diantara Rp. 35.000 sampai dengan Rp. 50.000 sesudai dengan jenis dan degradasi warnanya.

4. Kemasan cup plastik

Kemasan cup plastik atau gelas cup merupakan peralatan yang juga dibutuhkan sebagai wadah minuman pengganti gelas kaca. Penggunaan kemasan cup plastik sendiri dipilih karena selain efisien, harganya juga relatif murah, yaitu berkisar diantara Rp. 10.000 sampai dengan Rp. 20.000 tergantung jenis dan ukurannya.

5. Peralatan blender atau shaker

Peralatan berikutnya yang dibutuhkan adalah blender atau shaker. Fungsi dari alat ini adalah untuk mencampur semua bahan yang dibutuhkan untuk membuat thai tea itu sendiri. Mengingat bahan-bahan thai tea terdiri dari teh hitam, susu kental manis, dan susu evaporis.

Dimana proses pengolahannya semua bahan tersebut dicampur menjadi satu dengan bantuan alat blender atau shaker. Karena itu, alat yang satu wajib Anda miliki pada saat ingin memulai usaha minuman thai tea.

Adapun harga dari alat ini bervariasi sebagai berikut:

Alat shaker manual

Rp. 120.000 s/d Rp. 340.000

Alat shaker automatic

Rp. 800.000 s/d Rp. 1.200.000

Mesin blender

Rp. 160.000 s/d Rp. 600.000

6. Timbangan

Keberadaan alat takar bahan seperti timbangan bagi pelaku usaha minuman thai tea sangatlah tinggi. Karena timbangan sendiri berfungsi untuk menakar bahan baku pembuatan thai tea seperti air dan bahan baku lainnya.

Timbangan sendiri terdapat dua jenis, ada timbangan manual dan ada timbangan digital. Namun umumnya untuk keperluan usaha thai tea, orang biasa menggunakan timbangan digital untuk menakar bahan baku yang dibutuhkan.

Adapun harga dari timbangan digital atau elektrik ini biasanya berkisar diantara RP. 30.000 sampai dengan Rp. 300.000, tergantung kapasitas timbangannya.

7. Saringan

Peralatan berikutnya yang dibutuhkan untuk usaha thai tea adalah saringan. Kegunaan saringan sendiri adalah untuk menyaring bahan tertentu seperti teh hitam dan yang lainnya. Umumnya jenis saringan yang digunakan adalah saringan kain teko dengan diameter 11cm dan panjang 24cm.

Adapun harga dari saringan ini di pasaran berkisar diantara harga Rp. 11.000 sampai dengan Rp. 50.000, tergantung diameter dan panjang saringan itu sendiri.

8. Toples

Peralatan lengkap lainnya adalah toples. Fungsi toples sendiri adalah sebagai tempat penyimpanan bahan-bahan baku seperti teh hitam dan serbuk thai tea.

Harga dari toples sendiri sebenarnya beragam, tergantung jenis toples yang ingin Anda gunakan. Namun umumnya toples yang dipakai oleh pelaku usaha thai tea adalah toples dengan bahan plastik. Selain karena bahan tidak mudah pecah, harganya relatif murah yaitu Rp. 3.000 s/d Rp. 10.000.

9. Peralatan cool box

Thai tea sendiri mengusung konsep minuman segar kekinian. Jadi sajiannya tentu harus dingin dan menyegarkan. Oleh karena itu, peralatan lain yang juga sangat dibutuhkan adalah cool box.

Cool box merupakan kota pendingin yang biasa untuk menyimpan es agar tidak mudah mencair. Bentuknya pun lebih praktis karena bisa dibawa kemana saja.

Untuk harga cool box sendiri di pasaran bervariasi, yaitu berkisar diantara Rp. 170.000 sampai dengan Rp. 900.000, tergantung kapasitas liternya.

10. Peralatan teko takar thai tea

Dalam penyajian minuman thai tea harus dengan takaran yang pas. Agar keuntungan yang diperoleh jelas. Karena itu, agar takarannya pas, maka perlengkapan yang Anda butuhkan adalah teko takar thai tea.

Di pasaran teko takar thai tea ini harganya juga bervariasi tergantung ukuran yang Anda butuhkan. Namun yang umum harga per setnya dikisaran Rp. 60.000, sudah termasuk 2 pcs teko ukuran 24 cm, mug ukuran 9cm, jigger, hand mixer, gelas takar. Cukup murah bukan?.

 

11. Sedotan

Sebagai alat pelengkap lainnya sedotan juga sangat dibutuhkan oleh pelaku usaha minuman thai tea. Alasannya adalah karena thai tea sendiri menggunakan kemasan cup yang bisa dibawa kemana saja. Selain itu, penggunakan sedotan lebih praktis untuk menikmati thai tea.

Untuk harga sedotan khusus minuman thai tea yang terbuat dari plastik, Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp. 9.000 sampai Rp. 15.000 per 100 pcs dengan ukuran sedotan 12mm sesuai keperuntukannya.

12. Kantong plastik

Nah peralatan yang dibutuhkan untuk usaha thai tea yang terakhir adalah kantong plastik. Kenapa harus kantong plastik? Karena tidak semua orang ingin menikmati thai tea di lokasi dimana Anda berjualan.

Ada juga dari beberapa konsumen yang menginginkan menikmati thai tea di rumah atau lokasi lainnya. Karena itu, penting buat Anda untuk menyiapkan kantong plastik ini. Agar konsumen bisa membawa pulang thai tea yang mereka beli.

Untuk harga kantong plastik sendiri relatif murah tergantung ukuran dan ketebalannya. Namun untuk pembukus minuman kekinian Anda cukup menyediakan kantong plastik ukuran 24×40 dengan harga Rp. 6.100/50 pcs.

Penutup

Jadi pada intinya, semua peralatan yang dibutuhkan untuk usaha thai tea sebagaimana yang tersebut di atas merupakan modal awal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Agar usaha yang dijalankan bisa berjalan dengan lancar tanpa ada kendala apapun.

Pasalnya, fungsi dari peralatan tersebut selain untuk mempermudah proses produksi, juga bisa menarik minat pembeli untuk kembali. Karena pelayanan yang cepat merupakan aspek penting dalam strategi promosi.

Demikianlah informasi tentang beberapa alat-alat yang dibutuhkan untuk memulai usaha thai tea. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua, khususnya bagi mereka yang masih terbilang pemula dalam usaha thai tea.

Jangan lupa bantu share artikel ini agar orang lain yang membutuhkan juga mendapatkan manfaatnya. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 Kelemahan Usaha Bubble Drink Yang Wajib Diketahui Pemula

Pentingnya Analisis Usaha Thai Tea Bagi Pemula