in

11 Cara Jualan Gorengan Biar Laris Manis di Pasaran

Cara Jualan Gorengan Biar Laris

Cara jualan gorengan biar laris – Gorengan merupakan salah satu cemilan yang banyak digemari oleh semua kalangan. Selain karena rasanya yang familiar, harganya pun relatif murah sesuai dengan kantong semua kalangan.

Gorengan sendiri selain jenisnya yang beragam, rasanya pun juga bervariasi. Ada pisang goreng, tahu isi, bakwan, tempe mendoan, singkong goreng, molen, cakue, tahu walik, dan beberapa jenis gorengan lainnya dengan rasa yang berbeda-beda.

Jenis dan rasa yang beragam, serta harga yang relatif murah menjadikan kuliner makanan yang satu ini digemari oleh semua kalangan. Maka dari itu, tidak heran jika pelaku usaha banyak yang melirik usaha yang satu ini.

Namun demikian, meskipun animo masyarakat terhadap jenis makanan ini terbilang tinggi. Bukan berarti menjalankan usaha gorengan bisa semulus seperti yang dibayangkan. Karena terdapat beberapa cara jualan gorengan biar laris manis yang harus diketahui oleh pemula.

Nah untuk membantu Anda agar sukses dan laris manis dalam berjualan gorengan. Maka pada kesempatan kali buatanda.com akan berbagi informasi tentang cara tepat menjual gorengan agar banyak pembeli seperti di bawah ini.

Cara Jualan Gorengan Biar Laris

Seperti yang kami sampaikan di atas bahwa menjalankan usaha gorengan tidak semudah yang kita pikirkan, walaupun animo masyarakat cukup tinggi untuk mengkonsumsinya. Jika Anda tidak tahu cara jualan gorengan biar laris manis. Sudah bisa dipastikan keuntungan yang akan diperoleh jauh lebih sedikit.

Karena itu, penting rasanya bagi Anda yang notabene masih pemula dalam dunia kuliner khususnya kuliner gorengan untuk tahu bagaimana cara yang tepat memulai dan menjual gorengan agar laku keras di pasaran.

Untuk itu, di bawah ini kami akan membagikan beberap tips atau cara yang bisa Anda terapkan pada saat Anda ingin memulai usaha gorengan ini. Adapun cara yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Lakukan analisa pasar

Cara pertama yang bisa Anda lakukan agar jualan gorengan Anda laris adalah dengan melakukan analisa pasar terlebih dahulu. Tujuan dari analisa ini agar Anda mengetahui gambaran terkait target pasar untuk gorengan Anda. Sehingga Anda dapat membuat strategi pemasaran yang tepat.

Hal-hal yang perlu dilakukan dalam analisa pasar ini diantaranya seperti:

  • Menilai kebutuhan pasar

Artinya Anda harus tahu jenis gorengan apa yang banyak dicari oleh orang-orang.

  • Menentukan segmen pasar

Membuat pengelompokan target pasar siapa. Apakah anak-anak, remaja, atau orang-orang dewasa.

  • Menilai persaingan pasar

Melihat sejauh mana tingginya persaingan pasar dan kekuatan dari kompetitor.

  • Identifikasi pasar

Untuk memastikan sasaran potensial dari pasar itu sendiri.

2. Menyiapkan kebutuhan modal

Cara yang kedua yang harus Anda lakukan biar jualan gorengan bisa laris manis adalah dengan menyiapkan kebutuhan modal. Korelasi antara modal dengan dagangan laris adalah jika persiapan modal memadai, itu artinya proses produksi akan terus berlangsung.

Proses produksi yang lancar cenderung dapat membangun trust atau kepercayaan masyarakat terhadap usaha yang kita jalankan. Sehingga usaha gorengan yang dijual bisa laris manis di pasaran.

Adapun kebutuhan modal yang perlu Anda persiapkan untuk memulai usaha gorengan adalah sebagai berikut:

Rincian Modal Usaha
Gorengan

Booth/Gerobak

Rp. 2.000.000

Alat-alat penggorengan

Rp. 500.000

Minyak goreng

Rp. 100.000

Tepung

Rp. 50.000

Bahan baku pisang dll

Rp. 400.000

Sewa lahan

Rp. 1000.000

Total Biaya

Rp. 4.050.000

Namun kebutuhan modal di atas bisa berkurang jika Anda memilih untuk jual gorengan di rumah. Namun yang pasti, rumah yang Anda tempati untuk berjualan gorengan termasuk dalam kategori lingkungan yang ramai.

3. Memilih tempat yang strategis

Pemilihan tempat yang cocok untuk jualan gorengan juga menjadi salah satu indikator dagangan tersebut laris manis di pasaran. Pasalnya, kondisi tempat yang ramai cenderung mampu menjaring konsumen lebih banyak.

Karena itu, jika Anda ingin usaha gorengan yang Anda jalankan laris manis dan mendapatkan keuntungan yang besar. Maka sebaiknya tempat yang Anda pilih untuk berjualan gorengan harus dalam kondisi ramai, seperti area sekolahan, perkantoran, kompleks perumahan, dan pasar.

4. Menggunakan bahan yang berkualitas

Penggunaan bahan baku yang berkualitas dipercaya mampu mempengaruhi rasa dari makanan, termasuk juga dengan gorengan. Karena itu, jika Anda ingin usaha gorengan Anda laris. Maka Anda perlu mempertimbangkan penggunaan bahan baku gorengan yang berkualitas.

Selain bahan baku, penggunaan minyak goreng juga perlu Anda perhatikan. Karena minyak goreng yang sudah digunakan berkali-kali bukan hanya dapat merusak tampilan gorengan saja, melainkan juga dapat mempengaruhi rasa dari gorengan yang akan Anda jual.

5. Kandungan minyak jangan berlebih

Memang tidak bisa dipungkiri bahwasanya setiap jenis gorengan akan mengandung minyak. Mengingat prosesnya menggunakan minyak goreng. Namun yang perlu diketahui bahwa gorengan yang kadar minyaknya berlebih tidak begitu disukai oleh masyarakat.

Oleh karena itu, pastikan gorengan yang akan Anda jual tidak mengadung minyak berlebih agar usaha gorengan Anda laris manis dan diserbu oleh banyak pelanggan.

6. Buat strategi promosi yang menarik

Salah satu upaya untuk melakukan penjaringan pelanggan adalah dengan melakukan promosi. Nah disini Anda dituntut untuk lebih kreatif dalam membuat strategi promosi yang menarik agar pelanggan mau datang dan membeli gorengan yang Anda jual.

Salah satu contoh strategi promosi yang menarik adalah dengan by 1 get 1. Artinya, Anda bisa membuat promosi penjualan seperti jika konsumen membeli 10 potong gorengan maka akan mendapatkan free 1 potong. Dan begitu seterusnya sampai kelipatan 10.

Dengan begitu memungkinkan Anda untuk menjaring pembeli sebanyak yang Anda inginkan. Karena psikologis, kata “free” cenderung efektif untuk menarik minat seseorang untuk membeli.

7. Membuat branding

Branding juga salah satu strategi promosi yang cukup efektif. Namun usahakan merek yang Anda sematkan pada produk gorengan Anda harus unik dan menarik.

Alasan kenapa harus membuat branding adalah selain untuk menarik minat pembeli, juga dapat membedakan produk Anda dengan produk lain dari kompetitor. Dengan begitu usaha gorengan Anda akan lebih mudah dikenal oleh masyarakat banyak.

8. Gunakan kemasan yang menarik

Di era millennial seperti sekarang ini, kemasan untuk makanan menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Pasalnya, kemasan yang menarik dan unik mampu menarik minat pembeli khususnya kalangan muda.

Oleh karena itu, cara tepat lainnya untuk jualan gorengan biar laris manis adalah dengan menggunakan kemasan yang menarik dan unik. Dan biasanya untuk kemasan gorengan menggunakan kertas untuk makanan berminyak yang bentuk dan jenisnya beragam.

9. Berikan layanan maksimal

Pada dasarnya selain dari tampilan produk, nama, dan jenis promosinya. Pemberian layanan yang baik juga menjadi salah satu tolak ukur masyarakat tertarik untuk membeli dagangan Anda. Jadi jika Anda ingin jualan gorengan Anda laris dibeli masyarakat. Maka berikan layanan yang maksimal.

Salah satu cara untuk memberikan layanan yang maksimal kepada konsumen adalah dengan bersikap ramah saat mereka datang.

Selain itu juga berikan layanan kemudahan seperti delivery atau pesan antar. Karena dari hasil survey menyebutkan bahwa konsumen lebih tertarik untuk membeli karena ada layanan pesan antarnya.

10. Buat menu bervariasi

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan agar usaha jualan gorengan Anda laris adalah dengan membuat atau menawarkan menu gorengan yang variatif. Tentunya minat masyarakat satu dengan yang lainnya berbeda. Ada yang suka pisang goreng ada pula yang tidak.

Nah untuk memenuhi kebutuhan dari perbedaan minat konsumen tersebut, penting bagi Anda untuk membuat menu gorengan yang bervariasi agar konsumen bisa memilih sesuai dengan apa yang mereka sukai.

11. Belajar dari kesuksesan orang lain

Untuk cara yang terakhir dan tidak kalah pentingnya dengan beberapa cara di atas adalah perlunya belajar dari kesuksesan orang lain. Bukan kesuksesan namanya jika diraih dengan cara instan karena semua kesuksesan ada alur prosesnya.

Untuk itu, belajarlah dari kesuksesan orang lain agar Anda tahu dan paham tentang alur proses untuk mencapai sebuah kesuksesan dalam berwirausaha, khususnya di sektor kuliner gorengan.

Selain itu juga, dengan melihat dan belajar dari kesuksesan orang lain akan memotivasi Anda untuk terus berusaha mencapai kesuksesan yang Anda inginkan. Serta dapat mengevaluasi kesalahan-kesalahan dalam berwiurasaha yang mungkin Anda lakukan di kemudian hari.

Penutup

Jadi pada intinya beberapa cara jualan gorengan biar laris di pasaran seperti yang tersebut di atas merupakan langkah yang harus Anda ambil untuk mencapai kesuksesan dalam berwirausaha. Karena sekali lagi, tidak ada kesuksesan yang bisa dicapai dengan cara instan. Butuh proses dan cara untuk menggapainya.

Semoga informasi di atas dapat membantu Anda untuk mengembangkan usaha gorengan yang saat ini Anda jalankan. Dan perlu diketahui juga bahwa apapun usahanya, yang terpenting itu adalah komitmen dan semangat yang tinggi karena dalam berwirausaha ada yang namanya pasang surut.

Jangan lupa bantu share artikel ini agar pengusaha gorengan lainnya atau orang yang ingin memulai usaha tersebut juga bisa merasakan manfaat dari artikel ini. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 Usaha Paling Sukses di Desa Ini Patut Untuk Anda Coba

Ketahui Cara Memindahkan Data Fingerprint Ke Komputer